Lompat Jauh: Pengertian dan Teknik Dasarnya

Dalam olahraga lompat jauh, seorang atlet dituntut mengkombinasikan kekuatan, kecepatan, dan kelincahan untuk mencapai lompatan sejauh mungkin.

lompat jauh

Lompat jauh – Olahraga long jump atau lompatan jauh menjadi salah satu jenis cabang atletik dasar pastinya sudah Anda ketahui disamping lompat tinggi atau lompat harimau. Jenis gerakan ini juga umum dilakukan di bangku sekolah dan menjadi salah satu syarat tes atau kelulusan atletik. Dalam olahraga ini seorang atlet dituntut mengkombinasikan kekuatan, kecepatan, dan kelincahan untuk mencapai lompatan sejauh mungkin.

Saat melakukan Long Jump seorang atlet juga harus mampu mendarat dengan sempurna di bak lompat atau area pendaratannya. Oleh karena itu meskipun terlihat sederhana, tetapi gerakan ini membutuhkan penguasaan teknik yang baik agar mampu melompat lebih jauh dan menghindari risiko cedera.

Pengertian Lompat Jauh

Menurut KBBI, lompat jauh adalah melompat ke depan dengan bertolak pada satu kaki untuk mencapai suatu kejauhan yang dapat dijangkau, jarak loncatan diukur mulai dari titik tumpuan loncatan sampai dengan jejak pertama di kotak pasir sesudah melompat. Gerakan melompat dengan jarak yang jauh ini dikenal dengan istilah Long Jump dan sudah ada sejak tahun 708 Masehi di Yunani. Long Jump termasuk dalam cabang olahraga lompatan dan resmi diadakan di olimpiade tahun 1896.

Sebagai salah satu cabang olahraga olimpiade yang resmi, tentu saja lompatan jauh tidak boleh dilakukan sembarangan. Ada teknik dan syarat yang harus dipenuhi ketika atlet mau melakukan lompatan jauh ini.

Meski terlihat simpel, pada kenyataannya Long Jump tidak semudah yang dibayangkan. Ada beberapa teknik dasar yang perlu Anda kuasai sebelum benar-benar bisa melompat sejauh mungkin dan mendarat dengan sempurna.

Baca juga  Inilah Olahraga Yang Baik Untuk Menurunkan Berat Badan

Teknik Dasar Lompat Jauh

Beberapa teknik dalam melakukan Long Jump ialah:

Teknik Awalan

teknik awalan lompat jauh

Untuk memulai gerakan ini maka Anda terlebih dulu harus menguasai teknik awalan. Gerakan ini dimulai dengan mengambil ancang-ancang sejauh 30 – 40 meter dari garis lompatan. Setelah itu peserta bisa memulainya dengan berlari lambat dan dipercepat sampai titik lompatan.

Anda bisa meningkatkan kecepatan berlari saat mendekati garis lompatan. Namun Anda harus mengendalikan kecepatan lari dengan baik, terutama pada 3 – 5 meter sebelum garis lompatan. Selanjutnya Anda bisa mempersiapkan diri untuk beralih dari lari horizontal ke gerakan lari vertikal.

Teknik Loncatan

teknik melompat

Setelah Anda menguasai teknik awalan dalam lompat jauh, maka Anda bisa melanjutkannya ke teknik tolakan atau loncatan. Teknik ini menjadi tahap di mana Anda menjadikan kaki sebagai tumpuan di garis lompat untuk mengangkat tubuh melayang di udara. Saat melakukan loncatan, kaki dibengkokkan dan menapak dengan tungkai diluruskan.

Teknik loncatan bisa dikuasai dengan meningkatkan kekuatan, kecepatan, dan konsentrasi agar kaki mampu meloncat di saat yang tepat dengan power maksimalnya.

Teknik Melayang

teknik melayang lompat jauh

Pada gerakan selanjutnya Anda perlu menguasai teknik melayang. Teknik ini juga menjadi penentu jarak lompatan yang bisa diraih. Semakin baik teknik melayangnya, maka lompatan Anda bisa semakin jauh.

Untuk melakukan teknik ini Anda perlu menggerakan kaki seperti berjalan saat tubuh melayang. Selain itu, nda juga perlu menjaga keseimbangan dan berusaha melayang selama mungkin. Persiapkan kaki untuk mendarat ketika tubuh sudah hampir mencapai area pendaratan.

Teknik Pendaratan

teknik pendaratan lompat jauh

Saat melakukan pendaratan Anda perlu menundukkan kepala sambil mengayungkan lengan dan pinggan ke depan. Cara ini dilakukan saat Anda mendarat untuk menjaga keseimbangan agar badan tidak menyentuh pasir terlebih dulu.

Baca juga  Rutin Bersepeda Bisa Cegah Kanker Dan Jantung?

Pastikan mendarat dengan kaki terlebih dulu agar lompat jauh Anda sah. Apabila seseorang mendarat dengan tangan atau anggota badan lainnya terlebih dulu, maka wasit berhak menganulir lompatan dan dianggap tidak sah.

Beberapa teknik lompat jauh di atas perlu Anda kuasai agar mampu meningkatkan jarak lompatan dan mendarat dengan sempurna.

Tinggalkan komentar