Lompat Harimau: Pengertian dan Teknik Dasarnya

Gerakan loncat harimau sebenarnya termasuk dalam kategori senam lantai. Gerakan ini sekilas mirip dengan gerak guling depan

lompat harimau

Teknik Lompat Harimau – Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan gerakan tiger sprong atau lompatan harimau. Gerakan ini kerap menjadi ujian praktik di sekolah yang harus dikuasai para siswa. Cara melakukan tiger sprong terbilang cukup ekstrim jika dibanding jenis lompatan lainnya. Anda perlu melompat sambil melakukan gerakan roll ke depan.

Itulah alasannya lompat harimau memerlukan beberapa teknik dasar yang harus Anda kuasai agar bisa melakukannya dengan baik. Penerapan teknik yang benar tidak hanya berfungsi meningkatkan performa Anda, tetapi juga menghindari risiko cedera.

Pengertian Lompat Harimau

Gerakan loncat harimau sebenarnya termasuk dalam kategori senam lantai. Sama seperti lompat tinggi, lompat jungkit atau lompat kangkang, lompat harimau juga merupakan salah satu cabang olahraga atletik. Gerakan ini sekilas mirip dengan gerak guling depan. Hanya saja Anda perlu mengawalinya dengan lompatan yang jauh ke depan dan mendarat lalu berguling.

Sebutan loncat harimau berasal dari sikap lengan saat meloncat yang kemudian berguling menyerupai harimau. Oleh sebab itu untuk melakukan gerakan ini perlu dibekali dengan keahlian roll atau berguling ke depan. Anda juga membutuhkan alas berupa matras agar pendaratan lebih aman dan terhindar dari risiko cedera.

Teknik Dasar Lompat Harimau

Menguasai teknik dasar loncat harimau akan memberi Anda kemampuan untuk meningkatkan performa dan melakukan pendaratan lebih sempurna. Beberapa teknik dasar dalam gerakan ini yaitu:

1. Teknik Awalan

Pertama-tama, Anda wajib melakukan teknik awalan lompat harimau. Gerakan awal ini mengatur segala persiapan fisik mulai dari sikap tubuh dan ancang-ancang. Posisikan badan tegap dan arah pandangan menghadap depan dengan jarak 3-5 langkah sebelum area tolakan. Ambil ancang-ancang untuk menggunakan kecepatan yang sesuai dan mulai persiapan untuk melakukan tolakan.

Baca juga  Rekomendasi Olahraga Yang Dapat Dilakukan Dari Rumah

Gerakan teknik awalan ini akan membuat Anda lebih siap, baik secara fisik maupun mental karena loncat harimau cukup ekstrim.

2. Teknik Tolakan

Perbedaan utama dari loncat harimau dan gerakan roll ke depan adalah pada tolakan. Saat melakukan loncat harimau maka Anda perlu menguasai teknik tolakan menggunakan tungkai yang membengkok untuk memeroleh jarak lompatan maksimal.

Saat melompat Anda perlu memerhitungkan jaraknya, jangan terlalu jauh ataupun terlalu dekat. Jika tolakan terlalu kuat, badan akan melayang cepat dan melewati matras. Sebaliknya, jika terlalu lemah maka badan akan terjatuh dan menghantam rintangan di bawah.

Oleh karena itu Anda perlu mempersiapkan beberapa langkah ini saat melakukan teknik tolakan:

  • Bengkokkan tungkai kaki dan mulai loncatan ke arah depan.
  • Luruskan tungkai kaki saat meloncat atau badan melayang di udara.
  • Ayun lengan ke arah depan.
  • Masukkan kepala di antara lengan ketika mendarat dan lengan menyentuh matras.

3. Teknik Gulingan

Secara umum, teknik gulangan dalam gerakan lompat harimau mirip seperti teknik roll depan. Hanya saja Anda perlu melakukannya secepat mungkin saat badan mendarat di matras. Untuk melakukannya Anda perlu memasukkan kepala di antara lengan dengan posisi menunduk hingga dagu menyentuh dada. Usahakan pundak menyentuh matras saat melakukan roll depan diikuti dengan punggung yang berguling ke depan.

4. Teknik Akhiran

Olahraga ini diakhiri dengan teknik akhiran loncat harimau. Teknik ini menjadi penutup saat semua gerakan di atas sudah berhasil Anda lakukan. Anda bisa melakukan teknik akhiran dengan posisi badan jongkok kemudian luruskan tangan ke depan. Bagi Anda yang sudah mahir, maka teknik akhiran juga bisa dilanjutkan sampai posisi berdiri.

Beberapa teknik dasar dalam melakukan gerak lompat harimau di atas perlu Anda kuasai dengan baik. Latih teknik dasar tersebut secara konsisten untuk mendapatkan performa yang baik saat harus melakukan tes atau ujian loncat harimau.

Baca juga  Pengertian Jalan Cepat dan Tekniknya

Tinggalkan komentar