Begini Latihan Tinju di Rumah yang Bisa Kamu Lakukan

Latihan tinju itu tidak selalu harus di gym, kamu bisa latihan tinju di rumah lohh. Beberapa workout tidak memerlukan alat sama sekali seperti plank, push up, sit up, dan back up. Mungkin kamu perlu mengeluarkan …

latihan tinju di rumah

Latihan tinju itu tidak selalu harus di gym, kamu bisa latihan tinju di rumah lohh. Beberapa workout tidak memerlukan alat sama sekali seperti plank, push up, sit up, dan back up.

Mungkin kamu perlu mengeluarkan modal sedikit seperti membeli samsak untuk latihan tinju di rumah atau tali yang akan kamu gunakan untuk lompat tali. Tetapi, anggaplah itu adalah investasimu dalam rangka untuk menjadi petinju yang hebat.

Ayo coba latihan tinju di rumah berikut ini.

Plank

Tidak hanya untuk latihan tinju di rumah, latihan ini juga bermanfaat untuk berbagai jenis olahraga lohh.

Plank digunakan untuk melatih otot inti dengan cara menjaga posisi yang mirip dengan push up selama mungkin.

Tekniknya cukup mudah, kamu hanya perlu tengkurap di tanah, hanya saja sikumu harus sederet dengan bahu dan kaki juga selebar bahu. Setelah itu, dorong tubuhmu ke atas untuk menahan beban di lengan bawah dan kaki. Pastikan tubuh tetap lurus yaa.

Keuntungan dari workout ini adalah bisa mengaktivasi otot inti dengan gaya tekan yang rendah (1600 N – 1800 N). Selain itu, juga menghindari gaya tekan yang besar pada vertebrata lumbalis yang terjadi pada punggung.

Pada intinya juga, tujuan dari plank adalah mencoba mempertahankan tulang belakang netral melawan gaya yang bekerja padanya. Otot inti atau otot perut aktif untuk menahan gaya ke bawah dan potensi penurunan, serta memastikan tulang belakang tetap netral.

Kekuatan otot inti adalah aspek penting bagi seluruh olahraga karena selain membuat postur bagus, hal itu juga membantu stabilisasi, menyeimbangkan, dan kekuatan tubuh saat sedang beraktivitas.

Baca juga  Punch Drunk, Resiko Berbahaya bagi Karir Seorang Petinju

Latihan plank lebih cocok disebut sebagai latihan kekuatan dibandingkan dengan latihan kardio, tetapi dengan peregangan otot yang baik, maka pembakaran kalori akan lebih banyak.

Perhatikan kesalahan minor seperti melengkungkan tulang punggung, mengendurkan pinggul, dan memiringkan kepala ke atas karena hal itu akan memberatkan otot tubuhmu.

Jika perutmu sudah merasakan kelelahan yang besar, itu sudah jadi sinyal untuk berhenti plank. Jadi, jangan memaksakan diri ya. Lakukan penambahan porsi latihan secara perlahan.

Lompat Tali

Latihan tinju di rumah juga bisa menggunakan tali yang digunakan untuk skipping. Latihan ini diperlukan karena seorang petinju memerlukan footwork yang baik lohh.

Dengan footwork yang baik, kamu bisa mengeluarkan pukulan yang keras, sigap dalam menyerang atau pun bertahan, dan menghemat energi saat sedang bertanding.

Selain untuk footwork, lompat tali bagi petinju juga merupakan sarana untuk conditioning mereka. Jika dibandingkan dengan lari, lompat tali juga melatih pergelangan tangan, lengan, dan bahu, serta kardio yang sangat bermanfaat untuk tinju.

Lompat tali sangat berguna untuk petinju dalam membangun kapasitas aerobik dan staminanya. Tidak hanya stamina jasmani atau fisik, tetapi juga stamina mentalnya.

Menambah stamina mental bukan hanya isapan jempol belaka. Seorang petinju harus terus fokus dalam waktu yang sudah ditentukan, sehingga mereka memerlukan stamina yang prima agar bisa tetap fokus agar bisa memenangkan pertandingan.

Kehilangan fokus dalam tempo sepersekian detik atau sedetik saja bisa berakibat fatal, misalnya mendapatkan tinju di daerah kepala yang bisa menyebabkan knockout.

Saat seluruh anggota badan seperti lengan dan kaki sudah lelah, mental lah yang membuat mereka maju untuk tetap bertahan.

Lompat tali juga merupakan latihan yang baik untuk koordinasi tubuh seorang petinju.

Baca juga  Rutin Bersepeda Bisa Cegah Kanker Dan Jantung?

Push up

latihan tinju di rumah

Push up juga merupakan latihan tinju di rumah yang sederhana dan umum, padahal latihan ini membawa banyak manfaat di berbagai aspek.

Push up bermanfaat untuk membangun ketahanan atau endurance seorang petinju karena petinju memerlukan stamina yang banyak, sehingga fokus mereka adalah berapa banyak push up yang bisa mereka lakukan dalam satu set.

Menurut statistik, beberapa petinju melontarkan 150 pukulan per tiga menit atau satu ronde. Nah, bayangkan jika 3 ronde, itu hampir mencapai 500 pukulan, wow! Karena itulah, push up berperan untuk membangun stamina otot yang tidak mudah lelah meski sudah banyak meninju.

Selain ketahanan, push up juga berguna untuk menambah kekuatan petinju. ((artikel ini disponsori oleh togel singapore)

Seorang petinju tidak hanya melontarkan pukulan yang banyak, tetapi juga kuat. Percuma kalau banyak, tetapi pukulannya lemah bukan?

Latihan tersebut bisa mengembangkan kekuatan eksplosifmu dengan variasi pukulan yang tepat.

Latihan Tinju di Rumah Itu Simpel dan Tidak Mahal

Itulah latihan tinju di rumah yang cukup simpel dan tidak terlalu makan banyak biaya. Yang memakan biaya hanya tali dan itu pun murah.

Kamu bisa melakukan workout tersebut setelah latihan teknik tinju di tempat latihan tinju. Lebih tepatnya, latihan ini cocok diaplikasikan untuk conditioning agar kondisimu selalu terjaga.

Tinggalkan komentar