Pengertian dan Teknik Lari Jarak Pendek

Pengeetian dan Teknik Lari Jarak Pendek – Ada beberapa jenis lari di dalam cabang atletik, salah satunya lari jarak pendek. Lari ini juga disebut sprint yaitu berlari dengan jarak pendek dan dalam waktu yang singkat. …

lari jarak pendek

Pengeetian dan Teknik Lari Jarak Pendek – Ada beberapa jenis lari di dalam cabang atletik, salah satunya lari jarak pendek. Lari ini juga disebut sprint yaitu berlari dengan jarak pendek dan dalam waktu yang singkat. Lari ini akan mengandalkan kekuatan dan juga kecepatan penuh sepanjang garis lintasan.

Pelari harus melakukan start kemudian berlari sampai dengan finish. Lari jarak pendek ini sudah dilombakan sejak ribuan tahun lalu oleh bangsa Yunani. Meski jarak tempuhnya lumayan pendek teknik dari berlari ini sangat penting diperhatikan.

Dalam artikel ini, Desabola akan membahas secara lengkap olahraga lari jarak pendek dan teknik apa saja yang perlu diperhatikan.

Pengertian Lari Jarak Pendek

pengertian lari jarak pendek

Pengertian sprint adalah aktivitas olahraga lari cepat dengan jarak 1oo meter, 200 meter dan juga 400 meter. Selain itu ada juga yang jaraknya 100 yard atau sekitar 91 meter. Sprint ada juga yang berjarak 220 yard atau setara dengan 201 meter dan 440 yard atau setara dengan 402 meter.

Peserta maupun atlet yang mengikuti perlombaan ini harus lari secepat mungkin untuk memenangkan perlombaan karena siapa yang tercepat akan memenangkan permainan.

Teknik

Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan ada baiknya jika mengetahui teknik lari jarak pendek yang baik dan benar. Selain itu dengan menggunakan teknik yang benar diharapkan mendapatkan manfaat dari sprint tersebut. Berikut ini adalah beberapa tekniknya yang sangat penting untuk diperhatikan:

Baca juga  7 Manfaat Olahraga Lari untuk Kesehatan

Perhatikan posisi

Teknik yang pertama pelari harus memperhatikan posisi start dan juga aba-aba dari wasit maupun pengawas. Urutan aba-aba untuk lari jarak pendek ini adalah bersedia, kemudian siap dan yang terakhir adalah yak. Aba-aba yak bisa diganti dengan pistol maupun peluit.

Lari sekencang mungkin

Setelah aba-aba yak maka pelari harus lari sekencang dan secepat mungkin. Pandangan harus difokuskan ke depan. Ketika akan berlari telapak kaki harus menyentuh permukaan tanah lebih dahulu dan badan dicondongkan ke depan. Saat lari usahakan untuk menjaga langkah kaki tetap pendek namun memiliki kecepatan yang maksimum.

Ayunkan tangan ke depan di depan dada

Teknik selanjutnya adalah ayunkan tangan ke depan tepatnya di depan dada. Posisi telapak tangan saat diayunkan ini mengepal. Leher juga harus dalam kondisi rileks kemudian atur nafas sebaik mungkin.

Teknis Start Lari Jarak Pendek

Ada tiga macam teknik start dalam sprint yaitu start pendek, start menengah dan juga start panjang. Berikut ini adalah teknik start dalam lari jarak pendek yang penting untuk Anda ketahui:

Start pendek

Anda bisa memulai start ini dalam kondisi jongkok. Jarak kaki dan juga block start ini sekitar 0,4 meter dari garis start. Selain itu posisi start satu ini bisa dengan lutut kaki belakang berada di ujung kaki satunya, kedua kaki saling mendekat satu sama lainnya.

Medium start

Jarak antara kaki dan block start satu ini lebih jauh dibandingkan yang start pendek. Jaraknya 0,53 dari garis start. Setiap pelari harus memposisikan kaki saat start, lutut ada di samping lekukan telapak kaki pada bagian depan.

Start panjang

Teknik ini dikhususkan untuk para pelari yang memiliki kaki panjang dan jenjang. Jarak kaki dengan block start ini sama dengan yang menengah yaitu 0,53 meter dari garis start. Posisi start kedua telapak kaki saling berjauhan, lutut kaki ada di samping tumit kaki pada bagian depan.

Baca juga  Sejarah Futsal di Dunia dan Perkembangannya di Indonesia

Dengan mengetahui teknik lari jarak pendek yang benar akan menghindarkan Anda dari resiko seperti cedera atau jatuh saat berlari selain itu akan memberikan banyak manfaat seperti membakar lemak, baik untuk jantung, meningkatkan metabolisme, membentuk otot, membuat tubuh lebih bugar dan masih banyak lagi lainnya sehingga lari satu ini bisa dijadikan sebagai olahraga andalan Anda setiap harinya.

Tinggalkan komentar