Kuda-Kuda dalam Pencak Silat, Wajib Kamu Kuasai

Kuda-Kuda dalam Pencak Silat – Pencak silat merupakan seni bela diri yang khas dari Indonesia dan telah diwariskan secara turun-temurun. Seni bela diri ini bahkan juga sudah ditandingkan baik di ajang nasional maupun internasional. Selain …

Kuda-Kuda dalam Pencak Silat

Kuda-Kuda dalam Pencak Silat – Pencak silat merupakan seni bela diri yang khas dari Indonesia dan telah diwariskan secara turun-temurun. Seni bela diri ini bahkan juga sudah ditandingkan baik di ajang nasional maupun internasional. Selain itu, pencak silat juga berhasil membawa nama Indonesia di ajang perfilman internasional seperti apa yang dilakukan oleh Iko Uwais dan Yayan Ruhian melalui berbagai film actionnya.

Sepanjang sejarahnya, pencak silat sudah melalui berbagai tahap perkembangan di berbagai wilayah Indonesia sehingga setiap daerah hadir dengan ciri khasnya masing-masing. Secara teknik, pencak silat mengedepankan keindahan serta keharmonisan dari gerakan tubuh.

Gerakan yang jika diperhatikan hampir sama seperti tarian ini membuat seni bela diri pencak silat mempunyai unsur seni sangat dalam. Tentu saja untuk menguasainya tidak semudah yang kita bayangkan. Ada berbagai tahapan yang harus kamu lakukan. Salah satunya adalah wajib menguasai semua teknik dasarnya.

Kuda-Kuda dalam Pencak Silat, Teknik Dasar yang Wajib Kamu Kuasai

Ada beberapa teknik dasar yang harus kamu kuasai jika ingin menjadi seorang petarung pencak silat yang handal. Salah satunya adalah dengan menguasai teknik kuda-kuda. Teknik ini adalah sebuah sikap terkait menapakkan kaki. Tujuannya untuk memberikan keseimbangan baik ketika menyerang maupun bertahan.

Akan sulit bagi seseorang untuk bisa menjadi petarung yang hebat sementara dia belum ahli dalam melakukan kuda-kuda. Maka dari itu, hal pertama yang biasanya akan diajarkan oleh pelatih pencak silat adalah bagaimana caramu melakukan kuda-kuda. Setelah kamu benar-benar memahaminya, baru kamu akan belajar melakukan teknik yang lainnya.

Inilah Kuda-Kuda dalam Pencak Silat

Kuda-Kuda dalam Pencak Silat

Dalam pencak silat, setidaknya ada enam teknik dasar untuk melakukan kuda-kuda. Selain itu, karena merupakan salah satu teknik dasar pencak silat, kuda-kuda merupakan teknik yang wajib kamu kuasai. Di dalam seni bela diri khas Indonesia ini, terdapat beberapa teknik dalam melakukan kuda-kuda yang akan kami bahas selengkapnya.

  1. Kuda-kuda Samping
Baca juga  Mempelajari Teknik Dasar Tenis Lapangan Dan Penghitungan Skornya

Teknik kuda-kuda yang pertama yaitu kuda-kuda samping. Untuk melakukannya, kamu perlu memposisikan diri di mana nanti satu kaki ada di antara kaki yang ditekuk ke samping. Kemudian untuk kaki lainnya harus kamu luruskan ke samping.

Tumpuan berat badan ada di kaki yang kamu tekuk tadi. Selanjutnya pastikan kamu berada pada posisi tubuh yang tegap. Tujuannya agar posisi pundak sejajar atau segaris dengan kaki.

  1. Kuda-kuda Belakang

Pada saat kamu ingin menerapkan kuda-kuda depan, pastikan bahwa tumbuhan berat badan ada di kaki bagian belakang. Di bagian tumit nanti juga harus menjadi tumpuan ketika berpijak. Jadi, posisi tubuh akan cenderung condong ke arah depan. Selanjutnya, pada kaki depan nanti harus berjinjit serta tumit harus ditapakkan pada permukaan tanah.

  1. Kuda-kuda Depan

Salah satu kuda-kuda dalam pencak silat yang juga wajib kamu kuasai adalah kuda-kuda depan. Cara melakukannya pun cukup sederhana di mana kamu perlu memposisikan satu kaki ke depan. Kemudian untuk kaki yang lain kamu posisikan di belakang dan posisinya harus lurus. Langkah berikutnya, sampingkan kaki belakang ke arah luar serta tumpuan berat badan harus ke depan.

  1. Kuda-kuda Silang Depan

Ini merupakan sebuah teknik kuda-kuda yang menggabungkan antara kuda-kuda depan dan samping. Namun dalam penerapannya kamu harus melakukannya di waktu yang sama. Pada saat posisimu sedang melakukan kuda-kuda depan, nanti salah satu kaki kamu tapakkan ke depan lalu ditekuk.

Kaki tersebut nanti berperan sebagai penopang berat badan. Kemudian untuk kaki lainnya harus kamu posisikan melawan arah secara ringan terhadap kaki sebelumnya. Langkah berikutnya, kamu harus memposisikan sentuhan ibu jari maupun ujung jari yang lainnya ke permukaan tanah.

  1. Kuda-kuda Silang Belalang
Baca juga  5 Teknik Tendangan Dalam Pencak Silat dan Penjelasannya

Untuk teknik kuda-kuda yang satu ini merupakan kebalikan dari kuda-kuda silang depan seperti yang telah dibahas. Cara melakukannya adalah dengan memposisikan salah satu kakimu sebagai penopang tubuh. Kemudian kaki lainnya harus kamu posisikan melawan secara ringan. Namun ada perbedaan yang mendasar yaitu posisi badan harus mengarah ke belakang di mana posisi dari kaki yang ringan tersebut harus sedikit ke depan.

  1. Kuda-kuda Tengah

Kuda-kuda dalam pencak silat yang juga tidak kalah penting yaitu kuda-kuda tengah. Yang perlu kamu perhatikan adalah kamu harus melebarkan kedua kaki, lalu ditekuk. Tekukan ini bermaksud agar nanti badan bisa sedikit lebih rendah. Jadi, berat badan akan dibebankan pada titik tengah tubuh yang harus selalu kamu jaga sampai sempurna.

Demikian informasi tentang bagaimana cara melakukan kuda-kuda dalam pencak silat. Membutuhkan waktu yang tidak sebentar untuk benar-benar menguasai teknik tersebut. Memerlukan konsistensi dan konsentrasi sampai kamu mampu menguasai dan menerapkannya dengan mudah.

Tinggalkan komentar