Inilah Kiper Terbaik Indonesia Sepanjang Masa

Berikut ini adalah beberapa nama kiper terbaik yang wajib dikenang karena memiliki prestasi gemilang dan telah mengharumkan bangsa.

kiper terbaik

Kiper Teraik Indonesia – Pada setiap era sepak bola selalu terdapat kiper terbaik dari sebuah negara tidak terkecuali Indonesia. Mulai dari tahun 60 an hingga 2000 ada beberapa nama yang tidak dapat dilupakan oleh sejarah olahraga tanah air.

Beberapa nama yang akan dibahas berikut ini keluar tidak hanya karena kemampuannya saja namun juga berperan krusial pada prestasi sepakbola dalam negeri. Jadi tidak salah jika setiap dekade selalu ada nama legendaris yang muncul

Memang penjaga gawang bukanlah sebuah posisi paling diminati para pemain sepakbola. Namun perannya sebagai lini pertahanan terakhir memiliki peran krusial dalam setiap berjalannya pertandingan.

Kemampuan dari setiap penjaga gawang antar dekade juga semakin berkembang. Secara garis besar era sepakbola Indonesia dapat dibagi menjadi dua yaitu pramodern dan modern. Karena strategi sepakbola Indonesia masih sangat ortodoks pada awal adanya PSSI.

Berikut ini adalah beberapa nama kiper terbaik yang wajib dikenang karena memiliki prestasi gemilang dan telah mengharumkan bangsa. Ada lima orang penjaga gawang legendaris dari Indonesia sejak tahun 60an hingga 2000an.

Kiper Terbaik Indonesia Era Sepakbola Pramodern

ilustrasi kiper terbaik

Nama Indonesia mulai diperhitungkan oleh dunia sepakbola Internasional pada tahun 1950. Olimpiade Melbourne merupakan pertama kali kualitas penjaga gawang dari Indonesia mendapatkan perhatian dunia.

Maulwi Saelan

Pada saat pertandingan perempat final antara Indonesia melawan Uni Soviet, Maulwi Saelan berhasil menahan 20 tendangan. Penyelamatan gemilang tersebut membuat Indonesia berhasil menahan Imbang Uni Soviet.

Memang hasil dari olimpiade ini cukup membuat negara lain terkejut. Dari sebuah negara yang belum satu dekade terbentuk, tim sepakbola sudah memiliki talenta gemilang dengan performa luar biasa.

Yus Etek

Yus Etek adalah salah satu nama paling disegani di bawah mistar gawang karena berhasil membawa Indonesia menjuarai Merdeka Games di Malaysia selama 3 kali berturut-turut. Prestasi dari tahun 1960 hingga 1962 tersebut membuatnya menjadi kiper terbaik.

Pada tahun 1962 Yus Etek juga membawa tim garuda menjuarai piala Aga Khan. Memang postur tubuh tinggi dari Yus Etek membuatnya menjadi pilihan utama penjaga mistar gawang tim nasional. Sudah tidak terhitung lagi berapa penyelamatan yang dilakukan.

Ponirin Mekka

Pada tahun 1980an banyak nama penjaga gawang besar dari Indonesia. Namun salah satu dengan talenta terbaik adalah Ponirin Mekka. Meskipun pada dekade tersebut prestasi internasional kurang gemilang namun Ponirin mampu membuat timnya juara.

Ponirin berhasil membawa PSMS Medan menjadi juara piala perserikatan dari tahun 1983 hingga 1985. Ponirin memiliki kemampuan reflek luar biasa dan insting membaca arah bola sehingga sangat efektif dibawah mistar gawang.

Kiper Terbaik Sepakbola Indonesia Era Modern

Mulai tahun 1990an Indonesia memasuki era sepakbola modern dimana strategi ortodoks sudah mulai ditinggalkan. Strategi permainan kreatif sudah mulai diterapkan oleh beberapa tim besar sehingga membuat lapangan hijau semakin seru disaksikan.

Eddy Harto

Pada tahun 1990 muncul nama penjaga gawang legendaris Eddy Harto. Nama Eddy Harto memang sudah bersaing dengan Ponirin Mekka sejak tahun 1987. Puncak performanya pada tahun 1991 membuatnya menjadi dikenal sebagai kiper legendaris.

Prestasi tertinggi yang pernah diraih oleh Eddy Harto adalah membawa Indonesia juara Sea Games tahun 1991. Perannya juga sangat krusial karena pada perempat final berhasil menggagalkan dua tendangan pinalti dari Singapura.

Kemudian pada babak final Eddy berhasil membuat dua penyelamatan gemilang sehingga tim garuda berhasil membawa pulang juara. Performa luar biasa ini membuat Eddy Hartono mendapatkan tempat di deretan kiper legendaris.

Hendro Kartiko

Hendro Kartiko adalah salah satu nama yang tidak mungkin dilupakan oleh pecinta sepakbola Indonesia. Dengan ciri khas kepala botaknya, Hendro sering dijuluki Barthez dari Persebaya Surabaya.

Meskipun Indonesia sepi prestasi pada tahun 2000an namun nama Hendro Kartiko mendapatkan apresiasi tinggi. Berbagai penyelamatan krusial sering dibuat meskipun akhirnya tim garuda tetap harus pulang dengan tangan hampa.

Untuk pertandingan nasional, Hendro adalah kiper paling disegani oleh para pemain penyerang. Refleknya yang bagus membuat para penyerang sulit memasukkan bola. Inilah mengapa Hendro Kartiko menjadi salah satu kiper terbaik tim garuda.

Tinggalkan komentar