Apa Itu Kepanjangan FIFA, Tujuan dan Fungsinya

Kepanjangan FIFA – FIFA, pasti menjadi istilah yang sering Anda dengarkan. Bagi Anda yang sering bermain sepak bola, FIFA ini berhubungan dengan dunia sepak bola. Hal itu karena FIFA ini sangat erat dengan dunia sepak bola. 

FIFA merupakan organisasi induk sepak bola ang ada di seluruh dunia. Setiap saat FIFA ini disebut orang karena hampir setiap hari ada pertandingan sepak bola yang ada di seluruh dunia. Sayangnya masih sedikit orang yang tahu kepanjangannya. Padahal nama FIFA ini begitu populer di kalangan masyarakat Indonesia. 

Berdasarkan penelusuran, banyak netizen yang menanyakan apa itu kepanjangan FIFA. Pada kesempatan kali ini akan dibahas tentang FIFA, baik itu kepanjangannya dan berbagai macam informasi menarik tentang FIFA lainnya.

Kepanjangan FIFA

Kepanjangan FIFA ini banyak dipertanyakan. FIFA sendiri merupakan singkatan dari Federation Internationale de Football Association, bahasa yang digunakan tersebut adalah bahasa Perancis. Sedangkan dari bahasa Inggris, ditulis menjadi International Federation of Football Association. Dalam bahasa Indonesia memiliki kepanjangan Federasi Internasional Sepak Bola Dunia.

Apa itu FIFA?

Setelah Anda tahu kepanjangan FIFA maka penting bagi Anda untuk apa itu FIFA. Dari kepanjangannya tentu Anda sudah tahu bahwa FIFA ini merupakan organisasi yang mana menjadi induk sepak bola dunia. Organisasi FIFA ini mengatur dan mengorganisasi semua hal yang ada kaitannya dengan sepak bola dunia.

FIFA ini menjadi badan pengendali tertinggi sepak bola dunia. Dari yang tingkatnya nasional sampai dengan tingkat club. Bahkan FIFA  ini juga menaungi semua organisasi yang ada di setiap negara. 

Misalnya saja adalah PSSI di Indonesia ini juga dibawahi oleh FIFA. Tidak hanya itu saja 211 Asosiasi sepak bola di negara lainnya  FIFA juga menyelenggarakan kejuaraan sepak bola dan piala dunia dan agenda sepak bola yang lainnya. 

Pendirian FIFA dan Sosok Pendirinya

fifa congress

Didirikan pada tanggal 21 Mei 1904 di Perancis, FIFA ini memiliki presiden pertama bernama Robert Guerin. Sejak pembentukan FIFA. Perkembangan sepak bola dunia ini semakin pesat karena FIFA mempromosikan dan mensosialisasikan sepak bola ke seluruh dunia. Pendirian FIFA merupakan tonggak terpenting dalam sejarah sepakbola modern. 

Sebenarnya FIFA ini didirikan sesuai dengan kesepakatan tujuh negara yaitu Perancis, Inggris, Belanda, dan Denmark. Selain itu ada juga negara Swedia, Swiss dan juga Spanyol. Robert Guerin merupakan salah satu pendirinya. Dia merupakan jurnalis dengan kebangsaan Perancis. Ia juga menjadi presiden pertama FIFA dengan masa jabatan kurang lebih 2 tahun yaitu 22 Mei 1904 sampai dengan 4 Juni 1906.

Tujuan Pendirian FIFA

Jika membahas tentang FIFA ini banyak sekali hal menarik yang bisa Anda dapatkan. Salah satunya adalah informasi tentang FIFA ini. Salah satu hal yang menarik untuk Anda ketahui tentang FIFA ini adalah warga dunia yang membutuhkan organisasi untuk mempromosikan sepak bola ke seluruh dunia. 

FIFA memiliki perlindungan terhadap hak para pemain. FIFA juga digunakan untuk menegaskan Undang-Undang atau regulasi sepak bola. Hal itu meliputi peraturan, tata tertib dan sebagainya.

Pendirian FIFA ini memiliki tujuan untuk mencapai perdamaian manusia. Selain itu FIFA digunakan untuk pembentukan generasi muda yang mana bisa menjunjung tinggi nilai sportivitas. Hal itu digunakan sejak zaman pendudukan kerajaan Inggris yang mana dipimpin oleh Ratu Elizabeth II.

Olahraga sepakbola merupakan permainan yang mana keberadaannya sangat ditentang. Hal itu dikarenakan permainan yang mana mengandung unsur kekerasan, jumlah pemain dan juga tata tertib yang belum jelas berbeda dengan sekarang ini.

Fungsi dan Tugas FIFA

Fungsi FIFA adalah memastikan  kompetisi sepak bola yang dilakukan secara profesional dapat berjalan dengan sempurna. FIFA ini juga memiliki fungsi sebagai penyusun peraturan sepakbola. Selain itu juga mengatur berbagai ketentuan dan memastikan penegakannya.  FIFA sebagai pengontrol dan juga mengatur sepak bola profesional yang mana sifatnya adalah global.

Tugas FIFA mengatur berbagai pengaturan dan berbagai macam fenomena perkembangan sepak bola secara rutin. FIFA juga digunakan untuk mempromosikan sepak bola, mengatur transfer pemain antar tim, selain itu FIFA juga berfungsi sebagai pemberi gelar pemain terbaik dunia. FIFA ini juga menerbitkan daftar peringkat dunia setiap bulannya.

Kejuaraan yang Diselenggarakan FIFA

Sebagai federasi sepakbola internasional, FIFA ini telah menyelenggarakan berbagai macam turnamen dan perlombaan. Berikut ini adalah daftar lengkap kejuaraan yang diselenggarakan oleh FIFA tersebut:

  • Turnamen Pria

Ada banyak kejuaraan atau turnamen pria yang diselenggarakan oleh FIFA Seperti berikut ini:

  • Piala Konfederasi.
  • Piala Dunia.
  • Cabang olahraga sepak bola pria pada olimpiade.
  • Piala Dunia U-20.
  • Piala Dunia U-17.
  • Piala Dunia Futsal.
  • Piala Dunia Sepak Bola Pantai.
  • Blue Stars atau Piala Muda FIFA.
  • Piala Dunia Antar Klub.

  • Turnamen Wanita

Tidak hanya pria saja namun turnamen wanita pun juga ada seperti berikut ini:

  • Piala Dunia Wanita.
  • Piala Dunia Wanita U-20.
  • Piala Dunia Wanita U-17.
  • Cabang olahraga sepak bola wanita pada olimpiade.

 

Demikianlah kepanjangan FIFA dan informasi menarik tentang FIFA, semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda.

Tinggalkan komentar