Julukan Pebulutangkis Indonesia, Dari ‘King of Smash’ Sampai ‘The Minions’

Kehebatan para pemain bulutangkis di lapangan sering kali membuat para penonton terkagum-kagum. Misalnya, smash tajam yang dilakukan oleh legenda bulutangkis Indonesia Liem Swie King membuat siapapun lawannya menjadi gentar. Atau, rally panjang yang kerap dijalani pasangan ganda putra Marcus/Kevin Sanjaya yang membuat penonton ikut merasakan ketegangan. Setiap pemain bulutangkis punya kekhasan dan kekuatannya sendiri-sendiri sehingga orang kemudian menyematkan gelar tertentu. Pemberian gelar ini wajar belaka dan banyak pula ditemukan di bidang-bidang olahraga lain. Dalam artikel ini, Desabola.com akan merangkum berbagai julukan pebulutangkis hebat Indonesia.

Julukan Pebulutangkis Liem Swie King ‘The King of Smash’

Liem Swie King merupakan legenda bulutangkis Indonesia yang paling dikenang sepanjang sejarah badminton tanah air dan dunia. Gaya bermainnya yang terkenal tentu saja adalah pukulan smash nya yang dilakukan sambil mengangkat badan (jumping) disusul tembakan shuttlecock keras ke arah lawan. Saking terkenalnya smash dari Liem Swie King, ia sampai dijuluki “King of Smash”.

Sepanjang karirnya sebagai pemain bulutangkis, Liem Swie King telah berhasil menyabet tiga kali gelar All England yakni pada 1978, 1979. Dan 1981. Namun, yang paling diingat orang adalah ketika Ia menantang seniornya sendiri yakni Rudy Hartono di final All England 1976 pada usianya yang baru 20 tahun.

Julukan Pebulutangkis Rudy Hartono Si ‘Wonder Boy’

julukan pebulutangkis

Rudy Hartono, senior dari Liem Swie King memiliki rekor yang sangat mencengangkan yakni 8 kali juara All England. Lebih hebatnya lagi, Rudy Hartono meraih 7 gelarnya itu secara berturut-turut pada 1968-1974. Atas prestasinya ini, Rudy bahkan sempat dianugerahi guinness book of record sebagai pemain bulutangkis tunggal putra dengan gelar juara terbanyak di All England.

Rudy Hartono dijuluki sebagai Wonder Boy karena aksinya di lapangan yang punya kecepatan dan kekuatan tinggi. Ia selalu menguasai lapangan dengan geraknya yang cepat dan tangkas sehingga membuat lawannya kesulitan. Pada saat memutuskan pensiun tahun 1982, banyak orang percaya Rudy Hartono sebenarnya masih bisa meraih gelar lagi.

Susi Susanti dan Alan Budikusuma ‘Pengantin Olimpiade’

Salah satu “episode’ menarik dalam sejarah bulutangkis Indonesia adalah kehadiran dua sejoli Alan Budikusuma dan Susi Susanti. Pada tahun 1992 di Olimpiade Barcelona, Susi Susanti berhasil meraih juara tunggal putri di ajang bulutangkis dan sukses menorehkan emas untuk Indonesia. Pada ajang yang sama, Alan Budikusuma yang merupakan pacar Susi juga berhasil meraih juara di nomor tunggal putra.

Sontak saja, media asing yang meliput mereka langsung menyematkan gelar “Pengantin Olimpiade” untuk Susi Susanti dan Alan Budikusuma. Lima tahun kemudian tepatnya pada 1997, keduanya memang melangsungkan pernikahan dan resmi menjadi pasangan suami istri.

Julukan Pebulutangkis Taufik Hidayat Si ‘Flamboyan’

Pemain bulutangkis top Taufik Hidayat ini mendapatkan julukan Si Flamboyan. Selain parasnya yang memang tampan dan disukai kaum hawa, gaya bermain Taufik juga banyak disukai karena keindahannya.

Taufik menerapkan gaya bermain yang efektif dan sesekali membuat lawannya terkejut dengan pukulan backhandnya yang kencang. Backhand smash memang menjadi salah satu ciri khas Taufik Hidayat di mana ia adalah pemegang rekor backhand smash tercepat, yakni 206 km/jam.

Marcus/Kevin ‘The Minions’

julukan minion

Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo ini mendapatkan julukan ‘The Minions” lantaran memiliki tubuh yang terbilang mungil untuk ukuran pemain bulutangkis. Julukan ini datang dari Stephanie Zen pada 2015 yang merupakan seorang pecinta bulutangkis. Istilah itu memang diambil dari tokoh di kartun minions di film kartun Despicable Me.

Julukan itu semakin populer saat keduanya berhasil meraih gelar juara dari beberapa turnamen dunia. Akun resmi Twitter BWF Media bahkan menyebut “The Minions” untuk mengucapkan selamat atas prestasinya di ajang Dubai World Superseries.

Demikianlah rangkuman julukan pebulutangkis Indonesia, persembahan desabola.com. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar