Jenis Sepatu Bola Yang Harus Anda Ketahui Agar Terhindar Dari Cedera

Apakah Anda pernah bermain sepak bola dan mengalami cedera? Salah satu cara untuk mencegah terjadinya cedera dalam sepak bola adalah memilih jenis sepatu bola yang sesuai. Terdapat tiga jenis sepatu bola yang bisa Anda pilih …

jenis sepatu bola

Apakah Anda pernah bermain sepak bola dan mengalami cedera? Salah satu cara untuk mencegah terjadinya cedera dalam sepak bola adalah memilih jenis sepatu bola yang sesuai.

Terdapat tiga jenis sepatu bola yang bisa Anda pilih bergantung pada kondisi lapangan tempat Anda bermain sepak bola, yaitu firm ground (FG), soft ground (SG), dan artificial ground (AG).

Berikut penjelasan dari ketiga jenis sepatu tersebut dan mengapa Anda harus mengetahuinya.

Jenis sepatu bola firm ground (FG)

Sepatu bola jenis firm ground cocok digunakan pada lapangan dengan rumput asli yang memiliki dasar yang keras dan permukaan yang kering.

Pada lapangan rumput asli, pul sepatu bola tidak akan penetrasi terlalu dalam karena memang tanahnya keras (firm ground).

Pul sepatu bola firm ground sebagian besar terbuat dari plastik yang bisa menembus firm ground secara ideal.

Sepatu bola firm ground paling umum ditemukan di pasaran karena lebih banyak lapangan dengan rumput asli daripada rumput buatan (artificial).

Sangat jarang sebenarnya jika kita membutuhkan sepatu dengan jenis soft ground karena firm ground lebih banyak ditemukan.

Selain itu, alasan sepatu bola firm ground lebih banyak laku di pasaran adalah karena bisa digunakan di semua jenis lapangan (soft ground dan artificial ground).

Perlu diingat bahwa Anda harus berhati-hati jika memakai sepatu bola firm ground di rumput buatan / sintetis. Permukaannya sangat berbeda dengan rumput asli, sehingga tidak semua jenis sepatu firm ground cocok digunakan di lapangan sintetis.

Baca juga  Peraturan Sepak bola

Jenis sepatu bola soft ground (SG)

jenis sepatu bola

Sepatu bola jenis ini termasuk yang paling jarang dipakai karena kebanyakan lapangan bertipe firm ground.

Lapangan jenis soft ground adalah lapangan rumput asli yang memiliki alas basah yang empuk dimana pul sepatu bolanya akan menembus lebih banyak daripada tanah jenis firm ground.

Lapangan jenis ini adalah tempat dimana atlet profesional bermain, berbeda dengan firm ground yang dominan dipakai oleh pemain amatir.

Lapangan soft ground memiliki kualitas lebih baik dari firm ground karena perawatan yang lebih baik dan lebih mahal.

Ketika dipasang, soft ground diberikan dasar pasir dan kerikil yang bagus untuk membuat nuansa / suasana profesional.

Karena inilah kebanyakan orang sebenarnya tidak memerlukan sepatu jenis soft ground karena kebanyakan lapangan jenis ini langka karena biaya perawatannya yang mahal.

Meski begitu, lapangan jenis soft ground tidak selalu khusus untuk pemain profesional saja.

Jika Anda bermain bola sambil hujan-hujanan di lapangan firm ground, ada peluang firm ground tersebut berubah menjadi soft ground.

Terlalu banyak air membuat tanahnya menjadi lembut sehingga dibutuhkan pul sepatu yang bisa melakukan penetrasi permukaan tanah lebih dalam.

Hanya dalam kondisi ini sepatu jenis soft ground bisa digunakan di luar lapangan soft ground asli.

Sol luar sepatu soft ground terbuat dari plastik dan stud logam yang dapat dilepas untuk diganti dengan stud yang lain dengan bentuk dan ukuran yang berbeda.

Stud logam memberikan Anda daya tarik dan cengkraman yang Anda butuhkan di permukaan lembut dan basah dimana studnya akan penetrasi lebih dalam.

Sepatu jenis soft ground tidak diperbolehkan untuk digunakan pada lapangan berjenis artificial ground karena sangat beresiko cedera. Hal ini dikarenakan sepatu bola jenis soft ground studnya terbuat dari besi (metal).

Baca juga  Fakta Menarik Ballon d’Or Yang Harus Anda Ketahui

Jenis sepatu bola artificial ground (AG)

Sepatu jenis artificial ground memiliki stud bermaterial karet. Alasan studnya dibuat dengan bahan ini karena studnya memiliki panjang yang cukup untuk memberikan dukungan di permukaan.

Di sisi lain, sepatu jenis ini tidak menembus tanah seperti sepatu jenis firm ground. Di lain pihak, sepatu ini bersandar di atas permukaan tanah.

Keunikan jenis sepatu ini bisa mencegah cedera karena stud bisa tersangkut di rumput, dan lebih tahan lama dari sifat abrasif lapangan jenis artificial ground.

Sepatu bola jenis firm ground juga bisa digunakan layaknya sepatu bola jenis artificial ground.

Perbandingan ketiganya

Dari sisi biaya, sepatu jenis firm ground dan soft ground memiliki harga yang lebih murah dibanding artificial ground.

Biasanya, sepatu jenis soft ground akan lebih berat karena studnya terbuat dari besi.

Sepatu jenis firm ground lebih fleksibel atau versatile karena bisa digunakan di lapangan firm ground dan artificial ground.

Semuanya kembali kepada kebutuhan, preferensi, tujuan, dan kesanggupan masing-masing untuk memilih jenis sepatu ini.

Apakah worth it membeli sepatu lebih dari satu?

Mungkin itu adalah salah satu pertanyaaan Anda ketika selesai membaca penjelasan di atas.

Jika Anda adalah pemain profesional yang pastinya sudah bermodal dan harus menghindari cedera semaksimal mungkin, maka jangan takut untuk berinvestasi pada sepatu bola yang Anda gunakan.

Jika Anda adalah orang yang sekedar bermain bola untuk hobi, maka sepatu jenis firm ground direkomendasikan karena bisa digunakan di lapangan jenis mana-pun.

Mari hindari cedera dan dapatkan manfaat dari bermain sepak bola.

Tinggalkan komentar