7 Jenis Pukulan Tenis Meja dan Penjelasannya

Pukulan dalam tenis meja memiliki beberapa istilah yang perlu Anda ketahui dan kuasai agar bola berhasil melewati jaring atau net ke meja lawan

tenis meja

Jenis Pukulan Tenis Meja – Olahraga tenis meja termasuk kategori permainan bola kecil yang unik dan berbeda dari olahraga lainnya. Tenis meja dimainkan dengan meja sebagai area untuk memantulkan bola dan dibatasi oleh jaring atau net di sisi tengah meja. Permainan tenis meja umumnya dimainkan oleh dua orang atau empat orang.

Di Indonesia, olahraga yang satu ini juga dikenal dengan istilah pingpong. Permainannya pun terkenal mudah karena bisa dimainkan oleh siapa saja. Tapi untuk mendapatkan pukulan yang baik tentu saja Anda perlu mempelajari tekniknya. Lewat ulasan kali ini Desabola akan membagikan beberapa jenis pukulan pada permainan tenis meja beserta penjelasannya. Sebelumnya, kamu juga telah membahas peraturan tenis meja dan sejarah tenis meja.

Jenis Pukulan Tenis Meja

pertandingan tenis meja

Pukulan dalam tenis meja memiliki beberapa istilah yang perlu Anda ketahui dan kuasai agar bola berhasil melewati jaring atau net ke meja lawan. Berikut ini beberapa jenis pukulan dalam tenis meja:

1. Push

Teknik pukulan yang pertama adalah “Push” di mana Anda memukul bola dengan gerakan mendorong atau sikap bet terbuka. Pukulan ini digunakan untuk mengembalikan pukulan lawan atau Chop dari bola lawan.

Saat melakukan pukulan Push Anda tidak perlu mendorong bola terlalu keras karena berisiko melewati batas meja lawan. Terdapat dua jenis pukulan Push, yaitu Forehand Push dan Backhand Push.

2. Drive

Jenis pukulan tenis meja yang kedua adalah Drive atau gerakan bet dari bawah serong ke atas. Untuk melakukan pukulan ini posisi bet harus dalam keadaan tertutup. Pukulan Drive bisa digunakan untuk menyerang ke area lawan karena mudah dikontrol sesuai keinginan pemain. Ada dua macam pukulan Drive, yaitu Forehand Drive dan Backhand Drive.

Baca juga  10 Teknik Dasar Pencak Silat

3. Chop

Jika Anda ingin mengembalikan bola lawan yang pergerakannya cukup sulit dijangkau, maka pukulan Chop bisa jadi pilihan tepat. Pukulan Chop adalah teknik memukul bola yang gerakannya mirip seperti orang menebang pohong menggunakan kapak.

Anda bisa melakukan pukulan Forehand Chop atau Backhand Chop sesuai kebutuhan dan kenyamanan dari posisi ideal Anda.

4. Blok

Teknik pukulan Blok bisa digunakan saat Anda ingin menghentikan pergerakan bola dengan bet tertutup. Pukulan ini biasanya dipakai pemain untuk mengembalikan bola Drive dari lawan. Dalam melakukan Blok Anda tidak perlu mengeluarkan tenaga ekstra karena pukulan ini memanfaatkan pantulan dari bola pingpong itu sendiri.

5. Service

Gerakan Service adalah pukulan pertama kali yang Anda lakukan untuk memberikan bola ke arah lawan. Pukulan Service harus melewati net dan memantul ke meja lawan untuk kemudian dibalas oleh lawan. Ketika Service Anda masuk maka nilainya akan dihitung sebagai bola masuk sehingga Anda tidak boleh meremehkan teknik yang satu ini.

6. Spin

Jenis pukulan tenis meja yang disebut Spin seringkali digunakan untuk teknik serangan selain pukulan Smash. Ada tiga jenis pukulan Spin, yaitu Backspin, Topspin, dan Sidespin. Ketiganya menggunakan posisi bet yang sama, yaitu dimiringkan untuk memberi efek putaran saat bola dipukul.

7. Smash

Untuk teknik pukulan yang terakhir adalah Smash. Jenis pukulan yang satu ini pasti sudah tidak asing karena cukup sering digunakan untuk menyerang lawan. Sesuai namanya, Smash adalah pukulan yang bertujuan untuk memukul bola dengan keras dan tajam agar mematikan lawan. Namun Anda perlu berhati-hati saat melakukan Smash agar bola tidak keluar dari meja begitu saja.

Dan itulah beberapa jenis pukulan tenis meja yang perlu Anda ketahui. Semoga bermanfaat dan selamat berlatih untuk meningkatkan teknik pukulan Anda.

Baca juga  Manfaat Lari Pagi Untuk Kesehatan Yang Mengagumkan

Tinggalkan komentar