Jenis dan cara memilih stick golf yang baik untuk pemula

Anda baru saja memutuskan untuk mencoba bermain golf? Itu berarti Anda harus mengetahui alat untuk bermain golf, yaitu stick golf. Langkah awal yang bisa dilakukan adalah mempelajari jenis stick dan cara memilihnya agar mendapatkan hasil …

stick golf

Anda baru saja memutuskan untuk mencoba bermain golf? Itu berarti Anda harus mengetahui alat untuk bermain golf, yaitu stick golf.

Langkah awal yang bisa dilakukan adalah mempelajari jenis stick dan cara memilihnya agar mendapatkan hasil terbaik untuk permainan Anda.

Nama lain dari stick golf adalah club. Jika diterjemahkan ke Bahasa Indonesia, maka artinya adalah klub.

Jenis-jenis stick golf

stick golf

Pada dasarnya, stick golf terdapat tiga jenis, yaitu wood yang digunakan untuk melakukan pukulan jauh, kedua adalah iron yang digunakan untuk pukulan dengan jarak menengah, dan terakhir adalah putter yang digunakan untuk pukulan jarak dekat dan memasukkan bola ke dalam hole.

1.    Wood

Wood adalah stick golf yang digunakan untuk melakukan pukulan jauh, tee-shot atau driver. Singkatnya, stick ini bisa dibilang stick jenis pertama.

Bahan yang digunakan untuk membuat stick ini adalah kayu pada zaman dahulu. Saat ini stick tersebut dibuat dengan bahan logam. Logam yang digunakan biasanya adalah titanium atau baja.

Dalam 14 stick dalam satu set. Wood tidak berjumlah lebih dari setengah, atau dengan kata lain tidak lebih dari tujuh stick.

Stick jenis ini sering digunakan untuk pukulan pertama atau saat dibutuhkan pukulan yang panjang dan lurus.

Karena cocok untuk pukulan yang jauh, panjang, dan lurus. Maka, akurasi dari stick ini bisa dibilang paling buruk dibanding dua stick lainnya.

Baca juga  Gaya Tekan ke Bawah – Kunci Keberhasilan Mobil F1

Salah satu karakteristik khusus dari stick ini adalah lebih panjang dibanding stick yang lainnya.

2.    Iron

Setelah wood, iron adalah jenis stick yang digunakan untuk pukulan dengan jarak menengah dan mengincar hole jika pukulan dilakukan di area green.

Jenis stick ini adalah yang paling fleksibel sehingga biasanya stick ini paling banyak dibawa atau distok oleh para pemain golf.

Bahan yang digunakan untuk stick jenis ini adalah besi dan mempengaruhi akurasinya.

Soal akurasi, stick jenis iron lebih baik daripada jenis wood.

Stick jenis ini memiliki nomor dari tiga sampai sembilan dan p yang berarti pitching.

Semakin besar nomor dari iron, maka ukuran shaft dan kemiringan sudutnya akan makin besar.

3.   Putter

Jenis stick ini digunakan untuk pukulan jarak pendek dan memasukkan ke hole dari jarak pendek.

Biasanya pemain golf hanya memasukkan satu stick ini saja, berbeda dengan jenis iron yang dibawa paling banyak.

Tips dalam memilih stick golf

Anda harus bisa memilih stick golf yang tepat untuk Anda karena alat ini cukup mahal dan tentunya Anda jangan sampai menyesal kemudian saat terlanjur membelinya.

Berikut tips dalam memilih stick golf agar Anda bisa bermain golf dengan nyaman dan senang.

1.    Harus menyesuaikan dengan kebutuhan

Anda tidak harus membeli atau bahkan memborong semua stick yang ada.

Jika Anda tidak ingin menjadi profesional atau hanya sekedar bermain just for fun saja, ada baiknya memilih stick golf yang tidak terlalu mewah atau dengan kata lain cukup memenuhi standar.

2.    Coba dulu sebelum beli agar tidak menyesal

Jangan lupa untuk mencoba stick golf yang hendak Anda beli agar tidak ada penyesalan setelah uangnya diserahkan ke kasir.

Baca juga  6 Manfaat Olahraga Catur Untuk Kehidupan

Anda harus mencoba dulu agar Anda bisa memastikan stick yang Anda beli sudah cocok dan nyaman dengan Anda atau belum.

Menurut sumber, harga stick berkisar di atas satu juta rupiah.

3.    Jangan lupa untuk membandingkan

Ingat, sebelum memilih dan membeli, ada baiknya tidak langsung membeli stick yang baru saja Anda lihat.

Anda bisa membandingkan banyak stick yang tersedia di toko atau pasar sebelum membeli dan ikuti tips sebelumnya, yaitu coba dulu sebelum beli.

Setiap stick memiliki kelebihan dan kekurangan sehingga dengan sedikit riset, Anda bisa menentukan apa stick yang cocok untuk Anda.

Rangkuman

stick golf

Golf adalah salah satu olahraga yang membutuhkan alat seperti tenis dan bulu tangkis. Orang yang bermain tenis dan bulu tangkis menggunakan raket untuk bermain, sementara orang yang bermain golf menggunakan stick atau club.

Langkah awal yang bisa digunakan sebelum bermain golf adalah memilih stick atau club yang sesuai dan nyaman dengan Anda.

Terdapat tiga slot jenis club, yaitu wood, iron, dan putter. Masing-masing jenis club ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Wood memiliki kelebihan soal jarak dalam pukulan, tetapi memiliki akurasi yang paling rendah di antara jenis club lainnya. Iron memiliki kelebihan berupa fleksibilitas sehingga biasanya dipakai paling banyak di antara jenis club yang lain. Putter memiliki kelebihan akurasi yang paling tinggi daripada jenis club yang lain, tetapi tidak bisa menjangkau jarak menengah sampai jauh.

Anda bisa memilih stick golf dengan cara mengetahui kebutuhan Anda, coba dulu sebelum membeli, dan membandingkan antar club. Anda juga dapat membaca manfaat olahraga golf untuk kesehatan di artikel kami yang lainnya.

Baca juga  Mengenal Teknik Dasar Permainan Bola Kasti

Tinggalkan komentar