Istilah MotoGP yang Harus Kamu Ketahui Sebelum Nonton MotoGP Mandalika

MotoGP adalah salah satu tontonan paling menarik di dunia selain sepak bola, basket, baseball, dan olahraga permainan lainnya. Istilah MotoGP biasanya banyak digunakan oleh fans yang suka sekali menonton MotoGP. Jika kamu adalah orang yang …

istilah motogp

MotoGP adalah salah satu tontonan paling menarik di dunia selain sepak bola, basket, baseball, dan olahraga permainan lainnya. Istilah MotoGP biasanya banyak digunakan oleh fans yang suka sekali menonton MotoGP.

Jika kamu adalah orang yang baru mulai tertarik tentang MotoGP atau ingin mengetahui arti dari istilah MotoGP tersebut, yuk baca artikel ini.

Grid

Grid adalah tempat para pembalap berbaris dan memulai untuk balapan. Sebuah grid dibuat untuk tiga pembalap berturut-turut, dan urutannya ditentukan berdasarkan kualifikasi.

Highside

Salah satu jenis kecelakaan selain lowside. Istilah MotoGP seperti lowside dan highside banyak diperbincangkan ketika terjadi kecelakaan saat gelaran MotoGP.

Kecelakaan highside memiliki resiko yang jauh lebih tinggi karena pembalap bisa terhempas dari motor. Yang terparah adalah jika sang pembalap jatuh di jalan dimana banyak pembalap lain yang mengendarai motor dengan kecepatan tinggi.

Lowside

Selain highside, lowside adalah istilah MotoGP yang sering didengar jika terjadi kecelakaan motor.

Bisa jadi kamu juga mengalami kecelakaan jenis ini saat mengendarai motor sendiri karena jatuh dari motor dan motor kehilangan keseimbangan karena ban terpeleset adalah jenis lowside.

Pitlane

Pitlane adalah area yang berdekatan (biasanya sepanjang garis start-finish) di jalanan yang digunakan untuk balapan dimana garasi tim yang bertanding berada.

Pembalap akan meninggalkan pitlane untuk memulai sesi mereka dan memasuki pitlane untuk mengganti ban, mengisi bahan bakar, menyesuaikan pengaturan, dll.

Tempat itu juga merupakan tempat dimana para pembalap datang setelah sesi lomba berakhir.

Safety Car

Seperti istilah MotoGP-nya, safety car digunakan sebagai asuransi atau bertugas untuk memberikan safety berupa bantuan medis jika terjadi kecelakaan pada lap pertama.

Baca juga  Mengenal Teknik Dasar Permainan Bola Kasti

Biasanya mobil tersebut bisa terlihat di belakang grid ketika balapan dimulai.

Slipstream

istilah motogp

Slipstream adalah saat seorang pembalap mengikuti pembalap lain di lintasan lurus.

Pembalap di depan membuat lubang udara dan dengan hambatan udara yang lebih sedikit tepat di belakangnya.

Pengendara yang mengikutinya bisa mendapatkan kecepatan yang lebih kencang dengan lebih cepat (akselerasi bertambah).

Karena itulah, menyusul / menyalip menjadi lebih mudah dengan slipstream.

Spec

Spec adalah kependekan dari specification atau spesifikasi. Biasanya digunakan untuk melihat bagaimana level / tingkatan motor yang dipakai oleh pembalap.

Analoginya adalah spec pc gaming yang biasa kamu lihat sebelum memilih laptop agar bisa bermain game yang “berat”.

Factory spec adalah motor terbaik yang diproduksi oleh pabrik. Sementara itu, A-spec dan B-spec menggunakan komponen yang sedikit lebih tua pada motornya.

Marshal

Istilah MotoGP ini biasanya sering muncul di berita karena mempunyai perang penting untuk pembalap.

Marshal adalah staf MotoGP yang memiliki berbagai jenis tanggungjawab dan pekerjaan. Misalnya tehnical marshal, timing marshal, dan track marshal.

Pekerjaan mereka biasanya untuk memastikan bahwa peraturan yang sudah ada ditaati dengan baik atau sebagai orang yang mengaplikasikan teknik yang efektif dan efisien saat terjadi kecelakaan pada lomba.

mmHg

mmHg adalah satuan tekanan selain bar, pascal, atm, dan psi.

Kepanjangan dari mmHg adalah milimeter raksa, diambil dari mm yang merupakan satuan panjang dan Hg, simbol raksa dalam tabel periodik kimia.

Satuan ini tidak menggunakan satuan SI (meter dalam panjang) tapi kita bisa melihatnya di pengukur tekanan darah, lab fisika, atau vacuum gauge dalam mekanik.

Di sea level atau pada 1 atm, tekanannya adalah setara dengan 760 mmHg.

Baca juga  Sejarah Atletik Dunia hingga Eksistensinya di Indonesia

Nm

Newtonmeter atau Nm adalah satuan dari torsi atau lengan gaya dalam fisika.

Biasanya, satuan ini terlihat pada data mesin. Dengan data tersebut, bisa diketahui daya mesin.

Fun fact: Torsi dan energi memiliki dimensi yang sama. Hanya saja, lengan panjang adalah besaran vektor (memiliki arah), sedangkan energi adalah besaran scalar (tidak ada arah). Energi memiliki satuan J (Joule).

OHV

OHV adalah kependekan dari over head valve. Ini adalah jenis engine dengan camshaft blok mesin. Hal ini tidak digunakan dalam cakupan luas.

Mereka menggunakan rod system untuk mengoperasikan valve pada kepala silinder.

Paddock

Paddock adalah area dimana para tim memarkir motorhomes dan tempat dimana kita bisa bertemu dengan anggota tim yang lain selain pembalap tentunya.

Paddock terletak di sisi berlawanan dari pitlane ke kotak.

Biasanya, kita bisa melihat pembalap berjalan-jalan di sekitar area ini, termasuk para teknisi yang mengecek atau memeriksa ban dan bagian-bagian motor yang akan jadi partner pembalap dalam lomba.

Parc Fermé

Tempat yang merupakan istilah MotoGP yang bukan berasal dari bahasa Inggris ini adalah tempat di pitlane dimana tiga pembalap yang sudah mendapatkan tempat di podium menyetop motor mereka dan diwawancara sesudah lomba.

Mungkin bisa dibilang ini adalah tempat bagi para pemenang sebelum diwawancara oleh media.

Tinggalkan komentar