Istilah Baseball yang Harus Diketahui oleh Rookie

Baseball adalah olahraga yang dibuat di Amerika, tetapi sudah mendunia, sehingga jika kamu ingin bermain baseball, tidak ada salahnya kamu mengetahui istilah baseball agar bisa akrab dengan teman setim. Selain itu, istilah baseball juga membuatmu …

istilah baseball

Baseball adalah olahraga yang dibuat di Amerika, tetapi sudah mendunia, sehingga jika kamu ingin bermain baseball, tidak ada salahnya kamu mengetahui istilah baseball agar bisa akrab dengan teman setim.

Selain itu, istilah baseball juga membuatmu lebih familiar ketika sedang bermain dan melancarkan komunikasi antar tim. Jika kamu tidak bermain, kamu bisa mengobrol dengan fans tentang istilah baseball yang mudah sampai yang rumit.

Ace

Pelempar bola atau pitcher terbaik dalam suatu tim. Biasanya yang muncul pertama kali pada rotasi pitcher.

Ash

Sebuah istilah baseball jadul yang merujuk pada pemukul bola baseball.

Backstop

Pagar yang digunakan untuk melindungi penonton dari lemparan liar atau bola foul.

Ball

Sebuah lemparan yang keluar dari strike zone dan tidak dipukul oleh batter. Jika seorang pitcher melakukan ball sebanyak 4 kali, maka batter diperbolehkan untuk maju ke base pertama.

Bang

Membatalkan suatu pertandingan akibat cuaca buruk, atau pemain yang mengalami cedera.

Barrel Up

Istilah baseball modern dimana seorang pemukul memukul bola di sweet spot pemukulnya.

Bases Loaded

Keadaan dimana seluruh base telah terisi oleh tim yang menyerang. Jika seorang pemukul berhasil menciptkan home run pada saat kondisi bases loaded, maka otomatis akan menciptakan 4 poin untuk timnya (grand slam).

Baca juga  Singkatan dalam Sepak bola

Meski demikian, jika posisi ini gagal dimanfaatkan, maka tim bertahan bisa membuat double play, bahkan triple play.

Batter

istilah baseball

Pemain yang memukul bola yang dilemparkan oleh pitcher lawan. Seorang batter bertanggungjawab untuk memukul bola dan menciptakan poin dengan berlari memutar seluruh base (base 1, base 2, dan base 3) hingga menuju homebase.

Batter’s Box

Sebuah kotak yang digunakan untuk posisi batter saat akan memukul bola yang dilemparkan oleh pitcher.

Batting Average

Sebuah rata-rata dari hit/at-bats. Semakin tinggi persentasenya, maka semakin berbahaya seorang pemukul, karena ia berhasil memukul bola dari pitcher dengan persentase sukses yang bagus.

Bullpen

Area yang digunakan oleh pitcher dan catcher untuk pemanasan sebelum pertandingan dimulai.

Bunt

Sebuah aksi batter dimana ia tidak mengayunkan bat sama sekali atau mengayunkan bola dengan pelan. Biasanya bunt digunakan agar pelari dari base yang sudah terisi bisa berlari ke base selanjutnya.

Jika pemain yang melakukan bunt out, maka dihitung sebagai sacrificial bunt, jika yang melakukan bunt bisa selamat hingga ke base pertama atau selanjutnya, maka itu adalah safety bunt.

Butcher

Pemain fielder atau bertahan yang memiliki performa yang sangat buruk.

Cannon

Istilah baseball satu ini bisa dibilang suatu konotasi dari melempar dengan sangat kuat.

Changeup

Sebuah lemparan bola dimana lemparannya terlihat fastball, meski pada kenyataannya memiliki kecepatan yang rendah. Bola ini bisa digunakan sebagai mind games, saat seorang batter berharap bola straight dengan kecepatan tinggi.

Charge

Saat dimana seorang pemain bertahan menjemput bolanya (di tanah) daripada menunggu bolanya. Biasanya dilakukan jika batter melakukan bunt.

Cheese

Sebuah fastball yang tipikalnya sangat sulit untuk dipukul oleh batter.

Clean Hit

Saat pemukul berhasil memukul bola di bagian infield tanpa tersentuh oleh fielder sedikitpun.

Baca juga  Istilah Golf yang Harus Diketahui Pegolf Pemula

Clean Innings

Sebuah inning dimana tim bertahan atau fielder memiliki kesalahan dengan jumlah minimal, sehingga tim menyerang tidak mencetak skor satu-pun.

Complete Game

Sebuah game dimana seorang pitcher melempar dari awal hingga akhir pertandingan. Jika seorang pitcher berhasil membuat seluruh batter tidak bisa memukul bolanya, maka itu akan menjadi perfect game.

Curveball

Sebuah jenis lemparan bola dengan arah bolanya melengkung. Bisa dibilang bola lurus yang mendadak berbelok.

Dark One

Lemparan yang susah dilihat.

Dead Ball

Bola dihitung sebagai dead atau dead ball saat bolanya foul. Atau penjelasan mudahnya, jika bola yang dilempar mengenai batter, maka akan terjadi dead ball, dan pelari berhak untuk menuju ke base pertama.

Double Play

Saat dimana tim bertahan berhasil membuat out dua pemain menyerang dengan touch atau dengan membuat base mereka “terbakar”.

Biasanya kombinasi double play dilakukan oleh shortstop, second baseman, dan first baseman atau bisa dibilang 6-4-3.

Early Innings

Tiga inning pertama dalam sebuah permainan yang dilaksanakan dalam 9 innings.

Eating The Ball

Tindakan menerjunkan bola yang dipukul (biasanya dengan bersih atau hampir seperti itu) tetapi menahannya daripada mencoba melakukan lemparan ke base untuk menghentikan pelari.

Hal ini biasanya dilakukan karena fielder percaya bahwa ada sedikit peluang untuk menghentikan pelari dan bahwa akan lebih baik membiarkan pelari mencapai satu base tanpa tantangan daripada mengambil risiko melakukan kesalahan yang memungkinkan pelari untuk memajukan base tambahan.

Istilah Baseball Ini Bisa Membuatmu Familiar

Jika kamu seorang pemula, kamu bisa menyebutkan istilah baseball ini saat bermain dan menghapalnya agar lebih familiar dengan olahraganya, let’s bat and score the homerun!

Tinggalkan komentar