Ini Dia Perbedaan Tenis Dan Tenis Meja

Tahukah Anda? Seperti futsal dan sepak bola. Tenis dan tenis meja itu mirip satu sama lain, tetapi memiliki perbedaan. Perbedaan tenis dan tenis meja juga mirip dengan perbedaan futsal dan sepak bola, serupa tetapi tidak …

Perbedaan Tenis Dan Tenis Meja

Tahukah Anda? Seperti futsal dan sepak bola. Tenis dan tenis meja itu mirip satu sama lain, tetapi memiliki perbedaan. Perbedaan tenis dan tenis meja juga mirip dengan perbedaan futsal dan sepak bola, serupa tetapi tidak sama.

Terdapat banyak perbedaan, dan akan dijabarkan pada artikel berikut. Apa saja perbedaan kedua olahraga tersebut?

Sejarah

Menurut sumber, belum terlalu jelas pertama kali 2 olahraga ini diciptakan.

Beberapa orang berkata bahwa tenis tercipta pada abad ke-11 saat sejumlah biksu Prancis bermain permainan yang mirip dengan tenis.

Pada tahun 1500 sampai 1800-an, permainan biksu Prancis tersebut berubah. Terdapat raket terbuat dari kayu dan bolanya terbuat dari kulit dan gabus.

Pada tahun 1873, cikal bakal tenis modern lahir lewat Major Walter Wingfield.

Sementara itu sejarah terciptanya tenis meja menurut sumber berawal dari keinginan para pemain tenis bermain indoor pada tahun 1880. Sejarah ini mirip dengan sejarah terciptanya futsal.

Ada juga yang menyebutkan kalau tenis meja diciptakan oleh tentara Inggris dengan modal buku saja. Buku tersebut dibuat menjadi net dan raket.

Perbedaan Lapangan Tenis Dan Tenis Meja

Lapangan tenis jelas memiliki ukuran lebih besar daripada lapangan (meja) tenis meja.

Lapangan tenis memiliki panjang 23,77 meter, dan lebar 8,23 meter untuk tunggal dan 10,97 meter untuk ganda. Selain itu, jaring yang digunakan untuk tenis memiliki tinggi 1,07 meter atau sekitar 3,5 kaki.

Lapangan tenis dibagi menjadi empat jenis, yaitu grass court, clay court, hard court, dan artificial grass.

Grass court adalah lapangan tenis tradisional yang sudah ada sejak zaman dahulu kala, tetapi sudah mulai jarang dibangun karena biaya perawatannya sangat mahal. Contoh dari lapangan jenis ini adalah lapangan tenis di Wimbledon, Inggris.

Baca juga  5 Teknik Tendangan Dalam Pencak Silat dan Penjelasannya

Clay court adalah lapangan yang memilik keunikannya tersendiri, yaitu bola akan melambat ketika menyentuh permukaan lapangannya. Oleh karena itu, lapangan jenis ini cocok untuk pemain yang mengandalkan taktikal / intelejensi dibanding dengan yang mengandalkan kekuatan dan kecepatan.

Hard court adalah lapangan tenis yang terbuat dari aspal atau beton. Lapangan ini biasanya dibuat dari material akrilik. Jenis lapangan ini memiliki kualitas yang baik, di antara grass court dan clay court.  Karena biasanya lapangan ini berwarna biru (kontras dengan warna bola), maka pemain dan penonton bisa melihat bolanya dengan baik.

Artificial grass court adalah lapangan grass court yang rumputnya adalah rumput buatan yang terbuat dari polietilen atau nilon yang cocok untuk permukaan lapangan tenis. Karena biaya perawatannya yang murah, lapangan ini banyak ditemukan.

Sementara itu lapangan tenis meja memiliki panjang 2,75 meter dan lebar 1,75 meter dan ukurannya sama untuk tunggal maupun ganda.

Meja biasanya memiliki warna biru, tetapi ada juga yang berwarna hitam atau putih.

Meja untuk permainan ini memiliki berat antara 68 kg – 205 kg bergantung material yang digunakan untuk membuat mejanya.

Panjang jaringnya lebih pendek, yaitu 15 centimeter.

Intensitas dan durasi

Perbedaan Tenis Dan Tenis Meja

Perbedaan berikutnya adalah intensitas dan durasi dari kedua permainan.

Tenis meja hanya memakan waktu sepuluh hingga tiga puluh menit, sedangkan tenis bisa berlangsung dua jam, atau bahkan lebih.

Ketika bermain tenis, Anda tidak hanya memukul bola, tetapi juga berlari di sekitar lapangan sesuai dengan arah bola yang datang ke area Anda.

Selain dari berlari, tenis juga memakan energi lebih banyak karena pukulan serve dan mengembalikan bola yang dibutuhkan tenaga lebih banyak.

Baca juga  Manfaat Olahraga Hokie Es Untuk Kehidupan

Tenis meja memiliki intensitas sangat tinggi (intensif) karena Anda akan banyak menggunakan gerakan-gerakan kecil tetapi secara intensif.

Gerakan-gerakan kecil tersebut membuat Anda harus memiliki reflek yang baik, tidak sekedar kekuatan saja.

Aturan

Perbedaan yang keempat adalah aturan yang diberlakukan.

Dalam peraturan tenis meja, pemain yang mendapatkan sebelas poin pertama memenangkan permainan tersebut, tetapi pemain tersebut harus memiliki selisih dua poin. Jika terjadi skor 10-10, maka akan ada ronde selanjutnya.

Anda bisa memenangkan permainan tenis jika meraih empat poin dengan syarat harus memiliki selisih dua poin dengan lawan. Jika kedua pemain sama-sama memiliki 40 poin, maka mereka akan bertanding sampai salah satu memiliki selisih dua poin.

0 poin setara 0 poin, 1 poin setara 15 poin, 2 poin setara 30 poin, 3 poin setara 45 poin, dan 4 poin setara 60 poin.

Serupa tapi tidak sama

Perbedaan tenis dan tenis meja mirip dengan perbedaan sepak bola dan futsal karena perbedaannya terletak pada ruang.

Perbedaan olahraga tersebut tidak berarti menjadikan salah satunya lebih baik. Semua bergantung subjektif orang-orang yang memainkannya.

Tinggalkan komentar