Mengenal Induk Organisasi Bola Basket

Induk Organisasi Bola Basket – Kamu hobi bermain basket? Olahraga bola basket merupakan salah satu jenis olahraga yang sangat populer. Bukan hanya di Indonesia melainkan di negara lain pun olahraga ini tergolong salah satu olahraga …

Induk Organisasi Bola Basket

Induk Organisasi Bola Basket – Kamu hobi bermain basket? Olahraga bola basket merupakan salah satu jenis olahraga yang sangat populer. Bukan hanya di Indonesia melainkan di negara lain pun olahraga ini tergolong salah satu olahraga yang mempunyai banyak penggemar. Bahkan ada turnamen nasional dan internasional yang diselenggarakan secara rutin.

Setiap cabang olahraga memiliki organisasi masing-masing. Termasuk juga olahraga bola basket yang berada di bawah naungan organisasi tertentu. Informasi yang lebih detail akan kami jelaskan di bawah ini.

Beberapa Induk Organisasi Bola Basket Nasional maupun Internasional

Induk Organisasi Bola Basket

  1. Perbasi (Persatuan Bola Basket Indonesia)

Perbasi merupakan induk organisasi bola basket Indonesia. Persatuan Bola Basket Indonesia ini secara resmi menjadi naungan dari olahraga bola basket yang ada di tanah air. Perbasi memiliki visi yaitu untuk meningkatkan prestasi berbasis sekolah dengan cara merangkul seluruh pihak, fleksibel, serta berkompeten.

Perbasi didirikan pada 1951 dan pada waktu itu seseorang yang menjabat sebagai Sekretaris KOI (Komite Olimpiade Indonesia) adalah Maladi. Beliau meminta Wim Latumenten dan Tony Wen untuk mendirikan sebuah organisasi yang khusus menaungi olahraga basket yang ada di Indonesia. melalui dua tokoh tersebut kemudian lahirlah Perbasi pada tanggal 23 Oktober 1951.

Adapun pengurus Perbasi yang pertama adalah Tony Wen kemudain Wim Latumenten menjabat sebagai sekretaris. Kemudian Perbasi bergabung sebagai anggota KOI. Tujuan adanya Perbasi adalah untuk membina serta melakukan koordinasi terkait berbagai kegiatan bola basket yang ada di seluruh Indonesia. Organisasi ini juga bertujuan untuk meningkatkan solidaritas dan jiwa nasionalisme di tanah air.

Perbasi mulai dikenal ketika ikut berpartisipasi di ajang regional, nasional, dan bahkan internasional pada 1951. Pembinaan terkait organisasi dilakukan melalui berbagai level organisasi yang bersifat vertikal. Melalui pembinaan tersebut kemudian lahirlah Kejuaraan nasional Bola Basket Antar Perkumpulan.

  1. FIBA, Induk Organisasi Bola Basket Internasional
Baca juga  Teknik Dasar Permainan Bola Basket

Jika Perbasi adalah induk organisasi bola basket dalam tingkat nasional, sekarang ada FIBA yang merupakan induk dari olahraga bola basket namun dalam ranah yang jauh lebih luas. Federation Internationale de Basketball ini adalah sebuah organisasi yang memiliki hak untuk membuat dan menetapkan berbagai aturan dalam bola basket.

Aturan yang dibuat oleh FIBA berlaku untuk seluruh dunia. Termasuk juga organisasi bola basket nasional juga harus patuh terhadap aturan yang dibuat oleh FIBA. Saat ini kantor FIBA ada di Jenewa, Swiss. FIBA berdiri sejak 18 Juni 1932 dan dulu bernama Federation Internationale de Basketball Amateur.

Beberapa negara yang berperan mendirikan organisasi tersebut adalah Swiss, Latvia, Rumania, Italia, Argentina, Cekoslowakia, Portugal, dan Yunani. FIBA mengadakan kejuaraan internasional pertama kali pada 1950. Namun pada waktu itu masih khusus untuk pemain basket laki-laki. Kemudian pertandingan tersebut diselenggarakan 4 tahun sekali.

Dahulu ada peraturan unik yang diterapkan FIBA. Pemain yang boleh mengikuti kompetisi hanyalah para pemain basket amatir. Namun pada 1989, aturan tersebut diubah dan pemain profesional pun juga boleh bergabung. Melalui aturan ini pemain-pemain basket profesional dari Amerika maupun Eropa mengikutsertakan para pemain terbaik mereka untuk mewakili negaranya.

Sejak saat ini FIBA semakin banyak dikenal. Semakin banyak juga negara yang bergabung dengan FIBA sehingga pertandingan yang diselenggarakan oleh FIBA selalu seru. Banyak pemain basket terkenal yang berpartisipasi dan selalu menyita banyak perhatian para pecinta bola basket.

  1. National Basketball Association atau NBA

Untuk induk organisasi bola basket yang satu ini pasti semua pecinta basket mengenalnya. NBA adalah sebuah organisasi basket di Amerika yang didirikan pada 6 Juni 1946. NBA merupakan organisasi basket yang hanya menaungi pemain basket pria. Dulu organisasi tersebut bernama BAA atau Basketball Association of America.

Kemudian pada 3 Agustus 1949 berganti nama menjadi NBA karena bergabung dengan lembaga basket yang lainnya. Di tahun 2014, Adam Silver adalah orang yang memimpin NBA yang menggantikan David Stern, komisioner yang sudah menjabat kurang lebih 30 tahun yaitu sejak 1984. Dalam melakukan pembinaan terhadap pemain, NBA melakukan kerja sama dengan beberapa organisasi lainnya seperti Collegiate Athletic Association atau NCAA.

Baca juga  Teknik Pivot Yang Perlu Dikuasai Para Pemain Basket

Lembaga ini memiliki tugas untuk mengelola berbagai turnamen olahraga dalam lingkup kampus. NBA juga menerapkan sistem yang bisa dibilang cukup unik. Terdapat dua tim yang dibagi menjadi 2 wilayah yaitu Western dan Eastern Conference. Masing-masing dari tim tersebut terdiri dari 15 klub. Setiap tim akan bertanding sebanyak 82 kali di musim gugur. Selanjutnya akan dipilih 8 tim terbaik dari tiap Conference untuk maju ke babak playoff.

Demikian informasi mengenai induk organisasi bola basket tingkat nasional maupun internasional. Untuk semakin menambah wawasan seputar dunia basket, kamu bisa menyimak penjelasan seputar peraturan bola basket. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar