Formula E 2022 (Mei dan Juni 2022) – Apa yang Harus Kamu Tahu

Formula E 2022 adalah lanjutan dari sejarah lebih dari satu dekade sejak idenya muncul di tahun 2011 untuk lingkungan yang lebih baik dan balapan di jalanan kota-kota eksotis. Pada Mei 2022 silam, Formula E 2022 …

formula e 2022

Formula E 2022 adalah lanjutan dari sejarah lebih dari satu dekade sejak idenya muncul di tahun 2011 untuk lingkungan yang lebih baik dan balapan di jalanan kota-kota eksotis.

Pada Mei 2022 silam, Formula E 2022 dilaksanakan di Jerman, Eropa. Lalu, pada bulan Juni akan diadakan di Jakarta, Indonesia. Momentum ini merupakan hal baik bagi Indonesia karena bisa menyerap turis-turis yang ingin menonton formula E.

Formula E 2022 di Jerman

Jerman menjadi tempat diselenggarakannya formula E 2022 pada bulan Mei tanggal 14-15 silam.

Balapan tersebut diikuti oleh 22 mobil dan pembalap yang memperbutkan gelar juara di Bandara Tempelhof (dalam ibu kota).

Salah satu tempat bersejarah di ibu kota Jerman tersebut menjadi host bukan tanpa alasan. Setiap pembalap bisa berekspektasi untuk mendapatkan tantangan seperti beton cengkraman tinggi yang bisa menguras energi, sehingga dibutuhkan strategi balapan yang baik.

Pada gelaran kompetisi Formula E 2022 (E-Prix 1, 14 Mei 2022) tersebut, tim venturi berhasil meraih tempat pertama dengan pembalap bernama Edoardo Mortara dengan poin yang cukup jauh dari runner-up-nya.

Edoardo Mortara berhasil mengoleksi 28 poin, sementara Jean-Eric Vergne, pembalap asal Prancis dari tim Techeetah yang menempati posisi kedua mendapatkan 18 poin. Selisih yang cukup jauh antara posisi pertama dan kedua.

Posisi ketiga berhasil diraih oleh Stoffel Vandoorne, pembalap asal Belgia dari tim Mercedes. Ia hanya terpaut 3 poin saja dari Jean-Eric Vergne.

Sementara itu, pada hari ke-2 (15 Mei 2022), posisi pertama disabet oleh pembalap asal Belanda, Nyck de Vries dari tim Mercedes dengan perolehan 25 poin.

Baca juga  Peralatan Renang Yang Harus Anda Miliki Untuk Latihan Renang

Berbeda dengan hari pertama dimana posisi pertama memiliki selisih poin jauh dengan posisi kedua. Nyck De Vries hanya memiliki selisih 3 poin saja dengan posisi kedua, Edoardo Mortara dari tim Venturi yang berhasil mendapatkan posisi pertama di hari pertama (15 Mei 2022).

Posisi ketiga juga diambil oleh pembalap dari tim Mercedes, yaitu Stoffel Vandoorne, pembalap asal Belgia dengan 15 poin. Selisih yang cukup jauh dari Edoardo Mortara yang berhasil mengoleksi 22 poin.

Setelah Jerman, Indonesia akan menjadi tempat dilaksanakannya formula E 2022 pada bulan Juni.

Formula E 2022 di Jakarta, Indonesia

formula e 2022

Penggemar formula E 2022 tanah air pasti tidak sabar untuk menyaksikan balapan ini di Jakarta, tepatnya di Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta Utara.

Sebagai catatan sejarah formula E baru pertama kali dilaksanakan di Indonesia pada bulan Juni mendatang, sebuah perolehan yang baik karena bisa mendatangkan peluang seperti turis yang ingin menonton formula E. Tambahannya, ajang formula E ini juga akan dilaksanakan sembari dengan acara HUT ke-495 DKI Jakarta.

Sebenarya diadakan pre-event yang akan dilaksanakan di Monas pada tanggal 2 Juni 2022 harus dibatalkan karena alasan teknis.

Dikutip dari Sindonews, Ahmad Sahroni yang mendapat amanah sebagai chairmain organizing committee mengonfirmasi batalnya acara tersebut.

Apakah karena alasan pre-event batal, semangat fans formula E surut? Tentunya tidak!

Siapa saja yang akan ikut balapan di Jakarta ini? Stoffel Vandoorne masih bertengger menjadi pemuncak klasemen dengan 111 poin, diikuti Edoardo Mortara di peringkat 2 dengan 99 poin.

Berikut list lengkap pembalap yang akan hadir pada formula E 2022 di Jakarta:

Tabel 1. Nama Pembalap yang akan Mengikuti Formula E di Jakarta dan timnya

Nama Pembalap

Nama Tim

Oliver Turkey

NIO Formula E Team

Dan Ticktum

NIO Formula E Team

Robin Frijns

Envision Racing

Nick Cassidy

Envision Racing

Jake Danise

Avalanche Andretti Formula E

Olive Askew

Avalanche Andretti Formula E

Sergio Sette Camara

Dragon Autosport

Antoni Giovanazzi

Dragon Autosport

Stoffel Vandoorne

Mercedes

Nyck De Vries

Mercedes

Mitch Evans

Jaguar Racing

Sam Bird

Jaguar Racing

Lucas di Grassi

Venturi

Edoardo Mortara

Venturi

Antonio Felix Da Costa

Techeetah

Jean-Eric Vergne

Techeetah

Maximillian Gunther

Nissan e.Dams

Sebastian Buemi

Nissan e.Dams

Alexander Sims

Mahindra Racing

Oliver Rowland

Mahindra Racing

Andre Lotterer

Porsche Team

Pascal Wehrlein

Porsche Team

Meski ada tekanan untuk menang, para pembalap tetap tidak lupa untuk rileks dan santai dengan cara menikmati keindahan Indonesia. Contohnya adalah Antonio Felix da Costa dari tim Techeetah yang menikmati keindahan Uluwatu, Bali.

Post tentang trip-nya ke Bali diunggah di Instagram pribadinya.

Apakah Stoffel Vandoorne akan Mempertahankan Keunggulan?

Saat ini Stoffel Vandoorne menjadi pemuncak klasemen pastinya akan mengincar banyak poin guna menjaga keamanan posisi puncak klasemen yang terus dibuntuti oleh Edoardo Mortara dari tim Venturi.

Apakah akan terjadi kejutan pada Formula E pertama di Indonesia ini? Menarik untuk disimak!

Tinggalkan komentar