Fakta F1 yang Sebaiknya Kamu Ketahui

Terdapat berbagai fakta F1 yang menarik karena ajang tersebut sudah mendunia dan merupakan entertainment yang menarik untuk semua umur. Apa saja fakta F1 yang menecengangkan dan menarik? Ini dia! Tabel Konten1 Pembalap F1 Biasanya Kehilangan …

fakta f1

Terdapat berbagai fakta F1 yang menarik karena ajang tersebut sudah mendunia dan merupakan entertainment yang menarik untuk semua umur.

Apa saja fakta F1 yang menecengangkan dan menarik? Ini dia!

Pembalap F1 Biasanya Kehilangan 3 Liter Air dalam Balapan

Olahragawan memang normal saja untuk minum lebih banyak karena mereka beraktivitas lebih banyak.

Tapi tahukah kamu tentang salah satu fakta F1 ini? Pembalap F1 kehilangan 3 liter air dalam satu sesi balapan (bukan satu lap ya).

Meskipun biasanya tim menyediakan air sebesar 1,5 liter pada tiap balapan, ternyata itu belum cukup untuk mencover kebutuhan air mereka.

Seorang pembalap wajib memiliki kebugaran dan daya tahan yang baik agar bisa menang dan survive dalam balapan.

Massa Ban Mobil F1 Berkurang 0,5 kg Tiap Balapan

Mobil F1 yang memiliki akselerasi dan deselerasi yang tinggi pasti mengakibatkan gaya gesek yang tinggi terhadap bannya.

Karena pengereman dan akselerasi tersebut, ban mobil F1 berkurang 0,5 kg setiap balapan.

Baca juga  Olahraga di Kantor Itu Bisa Kok, Intip Yuk!

Rata-rata Pembalap F1 Kehilangan 4 kg dari Berat Badannya

Pembalap F1 mungkin adalah salah satu orang di dunia ini yang akan menemui kesulitan dalam menambah berat badannya.

Mengapa? Karena rata-rata pembalap F1 kehilangan 4 kg setiap balapan karena temperatur tinggi di kokpit saat sedang balapan.

Orang yang ingin turun berat badan mungkin akan bercita-cita menjadi pembalap F1 usai membaca fakta F1 ini.

Mesin Mobil F1 Tidak akan Bertahan Lama (Kurang dari 5 Balapan)

Mesin mobil F1 normal tidak akan bertahan lama, kira-kira kurang dari 5 balapan, mesinnya harus diganti dengan yang baru.

Biasanya, tim mengabaikan budget agar engine untuk tahan lama, yang penting bisa keluar best performance meski dalam waktu singkat.

Roda Mobil F1 bisa Berotasi hingga 15000 Rotasi per Menit

Sebuah ban mobil biasa, normalnya bisa mencapai 6000 rotasi per menit.

Untuk mobil F1, rotasi per menit tersebut bisa 2,5 kali lipatnya atau 15000 rotasi per menit. Mengapa demikian? Karena mesin mobil F1 memungkinkan rotasi ban yang sangat cepat agar bisa menghasilkan akselerasi dan kecepatan yang sangat tinggi.

Ada Puluhan Pembalap F1 (46) yang sudah Meninggal Akibat Kecelakaan saat Balapan

Meskipun sudah didesain secara seksama agar mobil F1 bisa memiliki keselamatan yang tinggi, ada beberapa musibah yang memang tidak bisa dicegah, termasuk dalam balapan.

Sampai saat ini, sudah ada 46 pembalap yang meninggal karena kecelakaan saat balapan.

Pembalap paling tua yang meninggal saat balapan adalah Chet Miller saat ia berusia 50 tahun, dan yang paling muda ada adalah Ricardo Rodriguez saat berumur 20 tahun.

Kecepatan Mobil F1 Tertinggi yang Pernah Tercatat adalah 372,6 km/jam

fakta f1

Namanya mobil F1 pasti soal kecepatan dan percepatan karena ini adalah balapan.

Baca juga  Peraturan Lari Estafet

Bicara soal kecepatan, kecepatan tertinggi yang pernah dicatat saat balapan F1 adalah 372,6 km/jam yang pernah dicetak oleh Juan Pablo Moyota saat mengendarai mobil F1 McLaren-Mercedes pada September 2005 silam.

Tidak mengagetkan karena Juan Pablo memulai balapannya dari pole position.

Juan Fangio, Pembalap Tertua yang Berhasil Memenangkan F1

Age like a fine wine atau makin tua makin jadi adalah sebuah kiasan yang pantas didapatkan oleh Juan Fangio.

Pembalap pada era abad 20-an itu berhasil memenangakan 5 titiel F1 pada tahun 1957 atau tepatnya saat ia sedang berusia 47 tahun.

Mobil F1 itu sangat Mahal

Mobil yang biasa kita kendarai atau tumpangi saja harganya sudah sampai ratusan juta rupiah. Lalu, bagaimana dengan mobil F1?

Harga mobil F1 berada di kisaran 7 sampai 8 juta dolar, angka yang sangat fantastis, tetapi cukup logis karena mobil tersebut dibuat dengan teknologi canggih dan banyak peran engineer dan tim lain yang terlibat dalam pembuatannya.

Pembalap Juga Menjalani Diet Khusus Layaknya Atlet

Pembalap juga menerapkan diet khusus yang biasanya atlet lakukan seperti secara seksama menjaga asupan karbohidrat dan protein.

Kalau kamu melihat ada beberapa pembalap yang mengonsumsi pasta saat sebelum balapan, hal itu bertujuan untuk menjaga stamina mereka.

Suhu Karbon dalam Mobil saat Mengerem bisa Mencapai 1000 derajat Celcius

Pernahkah kamu menggesek atau menggosakan telapak tanganmu satu sama lain? Pasti akan menghasilkan panas bukan? Meski hanya hangat saja, hal tersebut terjadi karena gaya gesek.

Nah, bagaimana dengan mobil F1? Fakta F1 tentang pengereman. Suhu karbon dalam mobil F1 bisa mencapai 1000 derajat Celcius saat mengerem loh. Itu berarti sudah hampir 1/3 dari titik didih karbon (3550 derajat Celcius).

Baca juga  Serba-serbi G-Force dalam F1 yang Sering Disebutkan dalam Kasus Kecelakaan

Fakta F1 Banyak yang Mencengangkan!

Ternyata cukup banyak fakta F1 yang menarik, terutama jika kamu tertarik dengan fisika, mesin, dan aerodinamika. Simak juga istilah F1 dan sejarah F1 pada postingan kami sebelumnya. 

Selamat menikmati balapan!

Tinggalkan komentar