Daftar Perangkat Pertandingan Yang Digunakan Wasit Dalam Sepakbola

Sepakbola merupakan olahraga yang paling digemari di dunia, tidak terkecuali di Indonesia. Hampir setiap orang, baik laki-laki dan perempuan menyukai olahraga ini. Bahkan, Indonesia dikenal memiliki suporter sepakbola yang fanatik, entah itu mendukung klub bola masing-masing maupun kesebelasan tim nasional. Olahraga sepakbola disukai karena simple dan dapat dimainkan oleh siapa saja. Dan yang lebih penting tidak memerlukan banyak perlengkapan. Namun, dalam pertandingan resmi diperlukan berbagai perangkat untuk mendukung jalannya pertandingan. Dalam artikel ini, Desabola.com akan membahas daftar perangkat pertandingan yang dibutuhkan dalam permainan sepakbola. Dalam pertandingan atau liga-liga resmi, perangkat ini menjadi sesuatu yang wajib.

Daftar Perangkat Pertandingan Sepakbola

Peluit

Peluit menjadi daftar perangkat pertandingan yang sangat penting peranannya dalam sepakbola. Peluit berfungsi sebagai tanda peringatan dari wasit kepada para pemain yang juga sebagai pengatur jalannya pertandingan.

Alat ini digunakan oleh wasit untuk memberikan tanda seperti dimulainya pertandingan, adanya pelanggaran, bola keluar lapangan, offside, penalti sampai berakhirnya pertandingan. Perlu diingat bahwa lapangan sepakbola itu luas sehingga suara peluit yang keras sangat efektif untuk mengatur jalannya pertandingan.

Bendera

perangkat pertandingan bendera

Dalam sepakbola, selain wasit utama yang mengatur jalannya pertandingan ada pula hakim garis yang berada di sisi lapangan. Fungsi mereka adalah membantu wasit utama dalam menjalankan tugasnya. Fungsi yang paling dominan dari hakim garis adalah menentukan lemparan kedalam, corner kick, dan tendangan gawang.

Dalam menjalankan fungsinya hakim garis membutuhkan bendera sebagai tanda yang memberi tahu apakah lemparan ke dalam harus dilakukan oleh tim A atau tim B. Dalam beberapa duel sengit antara striker dan bek, wasit utama kadang tidak dapat melihat dengan jelas siapakah yang mengeluarkan bola ke luar lapangan. Nah Hakim Garis dengan bendera di tangannya memberi isyarat kepada wasit utama apa yang dia lihat.

Koin

Koin dalam pertandingan sepakbola hanya dipakai pada saat awal pertandingan. Fungsi koin dalam sepakbola adalah untuk menentukan tim manakah yang memulai kick off. Biasanya, ini dilakukan setelah wasit memanggil kapten kedua kesebelasan ke tengah lapangan.

Sekilas, fungsi koin ini tidak terlalu banyak bermanfaat dan pada pertandingan informal sering tidak dipakai. Namun, dalam sepakbola, melempar koin ke atas untuk menentukan kick off sudah menjadi tradisi dan ciri khas sepakbola.

Kartu

perangkat pertandingan kartu

Selain koin, perangkat pertandingan sepakbola yang dipakai oleh wasit utama adalah kartu. Sepakbola mengenal dua kartu untuk memberikan peringatan kepada pemain yakni kartu kuning dan merah.

Wasit akan memberikan kartu kuning kepada seorang pemain yang melakukan pelanggaran berat. Jika sudah mendapatkan kartu kuning, pemain harus sangat berhati-hati agar jangan sampai mendapatkan kartu kuning yang kedua. Bila hal itu terjadi, maka pemain akan mendapatkan kartu merah.

Dalam pertandingan sepakbola kartu merah berarti perintah agar pemain keluar dari lapangan dan tidak melanjutkan permainan. Kartu merah dan kuning ini bisa diberikan juga kepada pelatih, official tim bahkan pemain cadangan.

Dalam sejarahnya, dua jenis kartu ini sudah diperkenalkan sejak tahun 1967 oleh wasit asal Inggris bernama Ken Aston. Pada 2016 lalu, hal unik terjadi karena dalam laga Serie B Italia, wasit memberikan kartu hijau. Ini merupakan yang pertama kali terjadi dan diberikan untuk tindakan suportif yang dilakukan oleh pemain.

Pulpen

Pulpen dalam pertandingan sepakbola juga sangat diperlukan. Pulpen digunakan oleh wasit untuk mencatat nomor punggung pemain yang melakukan pelanggaran. Dalam pertandingan resmi, pulpen ini menjadi perangkat pertandingan yang wajib dibawa oleh wasit.

Jam Tangan

Jam tangan juga menjadi perlengkapan dalam sepakbola yang sangat vital peranannya. Jam tangan selalu dipakai oleh wasit untuk menentukan jalannya pertandingan dan kapan akan berakhir. Sepakbola sendiri dilakukan dalam waktu 2X45 menit. Wasit dapat memberikan waktu tambahan bila sebelumnya terdapat beberapa hal seperti insiden atau gangguan penonton.

Keputusan soal waktu pertandingan ini sepenuhnya ada di tangan wasit. Jadi, wasit harus memakai jam tangan yang tepat dan tidak boleh ada kesalahan. Sering kali dalam pertandingan sepakbola, suporter atau pemain berusaha mendesak wasit segera menghentikan pertandingan. Namun, wasit yang profesional akan selalu berpegang teguh terhadap waktu di jam tangannya.

Hair spray

Hair Spray sebenarnya peralatan yang tidak penting-penting amat dan penggunaanya sendiri cukup baru. Namun, hair spray sering dipakai untuk memberikan tanda di titik mana pemain melakukan pelanggaran. Karena, di titik itulah pemain lawannya bisa melakukan tendangan bebas ke arah gawang.

Penggunaan hair spray ini sebenarnya berangkat dari banyaknya pemain yang memajukan titik penempatan bola mati dari tempat yang seharusnya. Hal ini sering kali memicu konflik baru dan membuat pertikaian kecil di antara pemain. Dengan menandai titik pelanggan memakai hair spray kecurangan itu diharapkan bisa diminimalisasi.

VAR

Buat para pecinta sepakbola, pasti sudah tahu jika alat yang satu ini kerap menjadi perbincangan yang sengit. VAR atau Video Assistant Referee adalah alat yang dipakai untuk meninjau keputusan wasit dengan melihat rekaman video instan. VAR ini sebenarnya belum masuk dalam aturan sepakbola namun sudah digunakan oleh sejumlah turnamen besar dunia.

Beberapa keputusan wasit yang dapat ditinjau dengan VAR ini adalah gol atau kemungkinan pelanggarannya, keputusan memberikan tendangan penalti, keputusan memberikan kartu merah dan keputusan kesalahan identitas saat wasit memberikan kartu merah atau kuning.

Dalam praktiknya, VAR digunakan dengan alat bantu berupa kamera di sejumlah titik yang digerakan oleh 13 wasit bantu. Alat ini biasanya dipakai untuk meninjau keputusan-keputusan besar yang dilakukan oleh wasit.

Papan Digital

Papan digital digunakan untuk memberikan informasi kepada wasit dan pemain mengenai adanya pergantian pemain atau tambahan waktu. Pada saat pemain digantikan, maka papan digital ini akan menampilkan nomor punggung pemain yang diganti dan yang akan menggantikan.

Papan digital ini sudah umum dipakai di luar negeri namun di Indonesia masih lebih banyak yang menggunakan papan manual. Namun, hal itu tidak mengurangi fungsi dari papan itu sendiri.

Earphone

Hampir sama dengan VAR, earphone dalam sepakbola juga merupakan sesuatu yang cukup baru. Fungsi earphone dalam pertandingan adalah sebagai sarana komunikasi wasit dengan para hakim garis di sisi lapangan. Perangkat ini sangat efektif dalam membantu wasit mengambil keputusan secara cepat.

Sebelum adanya earphone, wasit utama biasanya akan mendatangi hakim garis untuk berdiskusi mengenai insiden tertentu. Ini seringkali memakan waktu sementara tensi pertandingan semakin panas.

Itulah daftar perangkat pertandingan sepakbola yang sangat penting dalam pertandingan. Peralatan di atas merupakan alat bantu untuk menjalankan pertandingan sepakbola dan membantu wasit dalam mengambil keputusan. Kedepannya, seiring dengan perkembangan teknologi mungkin saja muncul alat-alat baru di dalam pertandingan sepakbola.

Tinggalkan komentar