Daftar Dan Penjelasan Dari Perbedaan Antara Futsal Dan Sepak Bola

Meski sama-sama bertujuan untuk mencetak gol atau memasukkan bola ke gawang, sejatinya ada perbedaan antara futsal dan sepak bola. Perbedaan antara futsal dan sepak bola sangat banyak sekali, contohnya jumlah pemain, teknik yang digunakan, durasi …

perbedaan antara futsal dan sepak bola

Meski sama-sama bertujuan untuk mencetak gol atau memasukkan bola ke gawang, sejatinya ada perbedaan antara futsal dan sepak bola.

Perbedaan antara futsal dan sepak bola sangat banyak sekali, contohnya jumlah pemain, teknik yang digunakan, durasi permainan, lapangan, dll.

Berikut adalah daftar dan penjelasan dari perbedaan antara futsal dan sepak bola.

1.   Jumlah pemain

Sepak bola dimainkan dengan sebelas orang per tim termasuk penjaga gawang, di sisi lain futsal dimainkan dengan lima orang per tim termasuk penjaga gawang.

2.   Durasi atau lama waktu permainan

perbedaan antara futsal dan sepak bola

Durasi permainan futsal biasanya adalah 2 x 20 menit dan waktu dihentikan jika bola keluar dari lapangan atau pertandingan dihentikan (waktu bersih).

Sepak bola dimainkan dengan durasi 2 x 45 menit dengan waktu terus berjalan meski bola keluar lapangan, permainan berhenti, dll. Sebagai gantinya, dalam sepak bola ada injury time atau tambahan waktu.

3.   Ukuran bola

Bola dalam sepak bola memiliki ukuran yang lebih besar dan berat yang lebih berat ketimbang bola futsal.

Selain ukuran, bola sepak bola juga lebih mudah memantul (pantulannya tinggi).

4.   Kiper

Dalam futsal, kiper melakukan tendangan gawang atau goal kick dengan lemparan. Sementara itu kiper sepak bola melakukan goal kick dengan kaki.

5.   Andai bola keluar lapangan

Jika bola keluar lapangan, dalam sepak bola maka akan dilakukan lemparan ke dalam. Sementara itu di futsal, jika bola keluar lapangan, maka akan dilakukan tendangan ke dalam (kick in).

Baca juga  Jenis Formasi Sepak Bola

Tendangan ke dalam di futsal memiliki aturan lebih strict karena saat bola ditendang kaki penendang tidak boleh berada di dalam lapangan.

6.   Offside

Dalam sepak bola berlaku aturan offside dan membuat permainan ini lebih sulit. Sementara itu tidak ada aturan offside dalam futsal, sehingga pemain lebih leluasa dan berpikir tidak lebih banyak untuk aturan tersebut dan cocok untuk Anda yang suka “ngendok” di depan.

Offside tidak berlaku di sepak bola saat lemparan ke dalam.

7.   Jumlah wasit

Pada sepak bola, wasit terdiri dari satu wasit utama dan dua hakim garis yang bertugas untuk memutuskan apa seorang pemain yang dioper offside atau tidak.

Sementara itu, di futsal, wasit terdiri dari dua wasit utama.

Pada sepak bola, jalur wasit utama adalah dari sisi kanan gawang utara ke sisi kanan selatan gawang. Sementara itu, pada wasit futsal, mereka beroperasi di tepi lapangan, tepatnya bagian timur dan barat.

8.   Akumulasi pelanggaran

Dalam futsal, jika suatu tim sudah melakukan pelanggaran sebanyak enam kali dalam satu babak, maka wasit akan memberikan second penalty atau penalti dari titik kedua.

Sementara itu, dalam sepak bola tidak ada namanya akumulasi pelanggaran sehingga batas dari jumlah pelanggaran adalah sebanyak-banyaknya atau tak hingga.

9.   Jumlah pergantian pemain

Dalam permainan futsal, jumlah pergantian pemain tidak dibatasi dan saat game berjalan bisa tetap dilakukan pergantian pemain.

Di lain tempat, sepak bola memiliki batasan jumlah pemain yang bisa diganti, biasanya adalah tiga pemain dan karena zaman pandemi, sekarang bertambah menjadi lima.

Selain itu, dalam sepak bola, pemain yang sudah diganti, tidak diizinkan lagi masuk ke lapangan atau tidak boleh diganti dengan pemain yang lain.

Baca juga  Apa Itu Kepanjangan FIFA, Tujuan dan Fungsinya

10.   Time out

Dalam futsal, setiap tim berhak mengajukan time out sekali pada tiap babak sehingga setiap tim memiliki kesempatan dua kali time out tiap pertandingan.

Sementara itu, dalam sepak bola tidak ada namanya time out kecuali water break yang dikhususkan jika bermain sepak bola di daerah panas / tropis.

11.   Teknik

perbedaan antara futsal dan sepak bola

Terdapat perbedaan teknik dasar antara sepak bola dengan futsal. Misalnya jika di sepak bola biasanya menggunakan kaki bagian dalam atau luar untuk mengontrol bola, di lain pihak, dalam futsal digunakan sol sepatu atau tepatnya telapak kaki untuk mengontrol bola.

Selain itu, dalam futsal tidak terlalu dibutuhkan banyak heading karena futsal jarang memanfaatkan bola lambung.

Dribble dalam futsal juga menggunakan sol sepatu dan jarang dilakukan running with a ball karena ukuran lapangan yang lebih kecil dibanding sepak bola.

Perbedaan antara futsal dan sepak bola itu banyak, tetapi tujuannya sama

Dari penjelasan di atas sudah terlihat banyak sekali perbedaan antara futsal dan sepak bola.

Contoh perbedaannya adalah jumlah pemain, durasi permainan, ukuran bola, kiper, aturan offside, jumlah wasit, akumulasi pelanggaran, jumlah pergantian pemain, time out, dan teknik.

Meski banyak perbedaan, tetapi tujuan permainan ini adalah sama, yaitu membobol gawang lawan sebanyak-banyaknya.

Tinggalkan komentar