Cricket, Olahraga Menarik yang Berumur Cukup Panjang

Dulu sekali, ada game cricket di HP dan jika diperhatikan, olahraga ini mirip sekali dengan baseball, hanya saja pemukul tidak menggunakan bat untuk memukul, poin yang diberikan jika bola berhasil ke zona tertentu, dan jarak …

cricket

Dulu sekali, ada game cricket di HP dan jika diperhatikan, olahraga ini mirip sekali dengan baseball, hanya saja pemukul tidak menggunakan bat untuk memukul, poin yang diberikan jika bola berhasil ke zona tertentu, dan jarak pemukul dengan pelempar bola.

Cricket cukup terkenal di Asia Selatan seperti India, Bangladesh, dan Pakistan. Di Eropa, lebih tepatnya Inggris, cricket adalah salah satu olahraga yang paling populer selain sepak bola dimana Inggris juga merupakan inventor sepak bola modern.

Aturan Dasar Cricket

Aturan dasar cricket mungkin akan bermanfaat untuk orang yang awam dengan olahraga seru ini. Berikut beberapa aturan dasarnya:

  1. Cricket dimainkan dengan dua tim dengan masing-masing tim beranggotakan 11 orang (sama seperti sepak bola)
  2. Permainan ini terdiri dari paling sedikit satu inning (babak) dimana setiap tim akan bergiliran menjadi pemukul dan fielding (mirip dengan baseball)
  3. Tim yang fielding akan memiliki bowler yang akan melempar bola kepada pemukul yang mencoba memukul bola dengan pemukul mereka.
  4. Tim yang fielding akan berusaha membuat pemukul out dengan berbagai cara seperti:
    – Bolanya menghantam gawang ketika bowling
    – Menangkap tembakan pemukul
    – Bola mengenai kaki di depan gawang atau menyentuh gawang sebelum pemukul berhasil berlari ke ujung lapangan
  5. Pemukul akan mencoba untuk mencatatkan skor dengan beberapa cara berikut ini:
    – Memukul bola dan berlari di antara gawang dan berhasil lari ke ujung sebelum pemain fielding berhasil mengenai gawang dengan lemparan bola. Setiap pemukul berhasil lari ke ujung lapangan, maka ia akan mendapatkan 1 poin
    – Sukses memukul bola ke batas dan menyentuh tanah mendapatkan 4 poin
    – Berhasil memukul bola lebih dari batas tanpa menyentuh tanah mendapatkan 6 poin
  6. Tim yang fielding harus membuat 10 pemukul out terlebih dahulu sebelum bergantian menjadi pemukul, dan pemukul beralih jadi fielding.
  7. Tujuan dari olahraga ini adalah meraih skor sebanyak-banyaknya sebelum tim fielding meraih 10 wickets. Tim dengan skor yang lebih banyak akan memenangkan pertandingan ini.
Baca juga  Manfaat Olahraga Panahan Untuk Kesehatan

Jika diperhatikan, aturannya sebenarnya mirip sekali dengan baseball, hanya saja baseball hanya perlu membuat tiga pemukul out jika ingin terjadi pergantian antara fielder dan tim pemukul.

Skill Dasar Cricket

cricket

Setiap olahraga memiliki keterampilan dasar, misalnya pada sepak bola, teknik dasarnya adalah passing, kontrol, heading, dan dribbling.

Untuk cricket sendiri, agar menjadi pemain yang hebat, hal ini dibutuhkan:

  1. Koordinasi antara mata dan tangan yang sangat baik
  2. Kemampuan untuk melempar dan menangkap bola
  3. Skill memukul bola dan bowling yang bagus
  4. Mampu konsentrasi dalam periode yang panjang karena durasi cricket itu sangat lama

Latihan Batting

Seperti yang sudah disebutkan, kamu harus memiliki kemampuan memukul yang baik untuk olahraga ini.

Latihan ini bisa dilakukan lohh:

  1. Berdiri dengan jarak 4 meter dengan dinding beton dan sediakan bola tenis. Pukul bola tenis ke dinding dan ketika memantul, pukul lagi
  2. Saat memukul sisi wajah ke dinding, jaga jarak lebar kaki dan bahu, alat pemukul siap untuk digunakan. Saat memukul bola, pastikan sikumu naik dan pukul lurus, jadi bolanya akan memantul kembali sebelum menyentuh dinding.
  3. Cobalah untuk memukul bolanya secara terus menerus sebelum kehilangan kontrol dan enaknya kamu bisa berkompetisi dengan temanmu tentang siapa yang berhasil memukul lebih banyak.
  4. Jika kamu sudah merasa mahir dengan bola tenis, cobalah bola lebih kecil seperti bola ping pong atau bola golf untuk meningkatkan kesulitan.

Latihan Lempar Tangkap

Latihan ini merupakan salah satu latihan dasar baseball, yaitu lempar tangkap bola.

Dengan berlatih lempar tangkap, maka kamu akan melatih koordinasi mata dengan tanganmu.

  1. Tempatkan dua bola di tanah dengan jarak tiga meter ke dinding
  2. Ambil bola pertama dan lempar ke dinding, tepuk tanganmu dan tangkap bola dengan kedua tanganmu setelah menyentuh dinding
  3. Kembalikan bolanya lagi ke tanah dan coba lagi, kali ini tangkap bolanya dengan satu tangan
  4. Tempatkan bola ke tanah dan lari sejarak 10 meter, lalu kembali ke bola pertama
  5. Jika sudah terbiasa, naikkan kecepatan dan berkali-kali
  6. Tips: pakai tangan non dominanmu selama latihan
Baca juga  Punch Drunk, Resiko Berbahaya bagi Karir Seorang Petinju

Cricket Itu Menarik, Ayo Kita Mainkan

Dari penjelasan di atas, cricket sangat mirip sekali dengan baseball, hanya saja ada perbedaan di beberapa aturan dan hal-hal lain seperti inning, jumlah pemain, dan tentunya lapangan.

Jika kamu ingin bermain cricket, jangan lupa untuk mengajak minimal 21 orang agar permainannya benar-benar menarik dan tentunya tidak menarik jika hanya 8 vs 8.

Tinggalkan komentar