6 Contoh Latihan Daya Tahan yang Bisa Dilakukan di Rumah

Jenis latihan daya tahan juga sangat cocok untuk Anda yang sibuk karena bisa dilakukan di rumah dalam waktu singkat.

Seated Cable Row

Contoh Latihan Daya Tahan – Berolahraga secara rutin memang penting untuk menjaga daya tahan tubuh dan kekuatan fisik. Olahraga juga mampu meningkatkan kesehatan jantung dan paru-paru Anda. Sekalipun jadwal kegiatan Anda padat, olahraga harus menjadi salah satu prioritas sehari-hari.

Anda bisa memilih jenis olahraga yang tidak memakan banyak waktu dan dapat dilakukan di rumah. Dengan begitu Anda bisa menyempatkan berolahraga minimal 3-5 kali dalam satu minggu.

Contoh Latihan Daya Tahan

Latihan daya tahan adalah kemampuan tubuh untuk beradaptasi dengan beban fisik yang didapat. Semua jenis olahraga, entah itu sepak bola, basket, lari atau lainnya memerlukan daya tahan yang kuat. Lewat latihan daya tahan Anda akan memberi stimulus pada otot rangka untuk bekerja lebih ekstra daripada sebelumnya. Dengan begitu kemampuan fisik dan kebugaran jasmani secara keseluruhan akan meningkat.

Jenis latihan daya tahan juga sangat cocok untuk Anda yang sibuk karena bisa dilakukan di rumah dalam waktu singkat. Dan berikut yang merupakan contoh latihan untuk meningkatkan daya tahan jantung dan paru-paru yaitu:

Plank

Contoh latihan daya tahan

Contoh latihan daya tahan yang pertama adalah Plank. Latihan fisik yang satu ini berfungsi untuk melatih banyak otot sekaligus. Mulai dari otot core, bahu, lengan, punggung, dada, hingga area kaki. Cara melakukan Plank sangatlah mudah, atur tubuh dalam posisi tengkurap lalu biarkan lengan bagian bawah dan jari kaki menjadi tumpuan tubuh Anda. Lakukan gerakan Plank dengan durasi 30-60 detik untuk pemula sebanyak 4 set pengulangan.

Sit Up

Sit Up

Gerakan Sit Up mungkin sudah tidak asing lagi bagi Anda karena menjadi salah satu olahraga paling basic. Sit Up juga sangat populer di kalangan atlet karena sangat efektif untuk melatih otot abdominals atau perut.

Baca juga  Manfaat Olahraga Bela Diri Untuk Kesehatan

Untuk melakukan Sit Up juga terbilang mudah dan Anda tidak memerlukan pengawasan khusus dari isntruktur kebugaran. Cukup dengan berbaring dan punggung menempel di lantai lalu tekuk lutut. Taruh tangan menyilang di bahu dan angkat tubuh bagian atas sampai menekuk ke arah lutut.

Push Up

push up

Contoh latihan daya tahan yang satu ini menjadi favorit para pria karena bisa memperbesar otot dada. Ya, inilah Push Up yang menjadi salah satu latihan terbaik untuk melatih otot dada dalam waktu singkat. Anda bisa melakukan Push Up sesuai kemampuan, yaitu mulai dari 5 repetisi sampai 50 repetisi dalam 1 set gerakan.

Pull Up

Pull Up

Kalau Push Up berfokus pada otot dada, maka Pull Up adalah jenis latihan yang fokus pada otot punggung. Anda bisa melakukan latihan ini di tiang khusus pull up atau membeli aksesoris penyangga yang banyak dijual di e-commerce. Gerakan Pull Up bisa Anda lakukan dengan cara merentangkan tangan selebar bahu lalu genggam tiang pull up dan tarik tubuh ke atas hingga dada mendekati tumpuan tiang tersebut.

Seated Cable Row

Seated Cable Row

Berbeda dengan contoh latihan daya tahan lainnya, Seated Cable row cenderung lebih sulit dilakukan bagi pemula. Anda harus menggunakan alat atau mesin khusus yang bisa digunakan untuk memperkuat otot punggung. Cara melakukannya dengan duduk di mesin Row dan tarik pegangannya dari depan ke belakang secara berulang.

Bench Press

Bench Press

Contoh latihan daya tahan yang terakhir adalah Bench Press. Gerakan ini pada dasarnya mirip seperti Push Up hanya saja Anda memerlukan alat bantu berupa kursi bench dan barbell. Anda bisa melakukan Bench Press dengan cara berbaring di kursi bench lalu mengangkat barbell mendekati dada dan mendorongnya ke atas.

Baca juga  Kumpulan Olahraga Aman Pada Masa Pandemi

Tinggalkan komentar