Cara Menghindari Cedera Itu Simpel Loh, Simak!

Dalam berolahraga pasti akan selalu ada risiko cedera, bahkan untuk atlet, cedera adalah bagaikan makanan sehari-hari mereka, sehingga dibutuhkan cara menghindari cedera yang tepat dan pas agar terhindar dari salah satu malapetaka dalam olahraga tersebut. …

cara menghindari cedera

Dalam berolahraga pasti akan selalu ada risiko cedera, bahkan untuk atlet, cedera adalah bagaikan makanan sehari-hari mereka, sehingga dibutuhkan cara menghindari cedera yang tepat dan pas agar terhindar dari salah satu malapetaka dalam olahraga tersebut.

Cara menghindari cedera itu cukup banyak dan sebenarnya mudah sekali dilakukan, misalnya pemanasan sebelum olahraga, berhati-hati, dll. Memang setiap olahraga mempunyai risiko apalagi yang ada kontak fisik, tetapi kamu pasti bisa meminimalkan risiko tersebut.

Atlet yang pintar salah satu ciri-cirinya adalah bisa mengimplementasikan cara menghindari cedera lohh.

Pemanasan

Ini merupakan cara menghindari cedera yang seringkali disepelekan oleh newbie atau olahragawan amatir. Padahal, pemain profesional saja masih melakukan pemanasan sebelum bermain.

Pemanasan mencegah cedera dengan memanaskan otot yang akan berguna untuk aktivitas fisik atau olahraga.

Sebagai analogi, kamu tentunya paham bahwa mesin harus dipanaskan terlebih dahulu sebelum dijalankan. Jika mesinnya belum panas dan dipaksa jalan, maka akan ada masalah yang timbul. Itu juga berlaku pada manusia yang ingin berolahraga.

Pemanasan dengan intensitas ringan akan membuat jantung dan sistem pernapasan naik sirkulasi dan lubrikasi secara bertahap. Hal ini juga akan menambah aliran darah lewat jaringan aktif yang membantu dalam membuang sampah yang diproduksi saat latihan dan meminimalkan rasa sakit yang berpotensi pada saat berolahraga.

Ketika kita menaikkan termperatur otot, maka hal ini akan menambah suplai oksigen ke otot, sehingga meningatkan jumlah energi yang diproduksi.

Dari sudut pandang biokimia, untuk menjalankan badanmu secara aman dan efisien kamu harus memiliki full range dari gerakkan pada sendi. Kalau kamu memiliki otot yang tebal, sehingga tidak fleksibel, memiliki rutinitas stretching akan menaikkan performanya.

Baca juga  5 Teknik Renang Gaya Dada yang Benar

Selain itu, hal tersebut juga akan melindungi sendi karena mereka beroperasi tidak sesuai dimana struktur seperti ligament bisa saja cedera. Pemanasan akan membuat otot mengisap strain dan stress yang dialami tubuh.

Biasanya, otot dan sendi memiliki toleransi maksimal seberapa lentur mereka, di fisika, disebut dengan titik patah (titik dimana setelah benda diregangkan, tidak akan elastis lagi). Jika lebih dari tolernasi maksimal, otot tersebut akan rusak.

Karena banyak hal inilah, sebaiknya jangan pernah menyepelekan pemanasan dan lakukan pemanasan sebelum berolahraga, serta jangan terlambat dari jadwal andai kamu berolahraga dengan teman, misalnya futsal, agar bisa pemanasan dengan benar.

Hindari Benturan yang Berisiko

cara menghindari cedera

Tips ini diberikan untuk olahragawan yang melakukan olahraga kontak fisik, sehingga rawan kali terkena cedera.

Menghindari benturan yang tidak perlu atau berisiko tinggi juga merupakan cara menghindari cedera yang simpel, tapi dibutuhkan kebiasaan akan hal ini, terutama jika kamu adalah tipikal orang yang suka mengambil risiko, overconfidence, dan ngotot permainannya.

Tentunya sangat bagus punya rasa tidak mau kalah dengan orang lain, tetapi jika kamu mendapatkan cedera, apalagi cedera berat, kamu tidak akan bisa melakukan olahraga yang kamu cintai untuk sementara waktu, bahkan ada yang selamanya.

Salah satu ciri pemain yang bagus, selain jago atau mahir dalam olahraga tersebut, juga bisa menerapkan cara menghindari cedera dengan baik karena tubuhnya adalah aset penting.

Contoh kasus pada sepak bola, cedera banyak terjadi pada bola 50 : 50. Karena masih belum jelas penguasaan bolanya di tim mana, maka kedua pemain yang berbeda tim (ada juga yang setim karena miskomunikasi) rawan berbenturan satu sama lain.

Belajar dari Pengalaman Orang Lain

Salah satu cara menghindari cedera yang bukan berasal dari internal diri sendiri adalah belajar dari pengalaman orang lain.

Baca juga  Daftar Olahraga Yang Bisa Dilakukan Di Kasur

Kamu bisa mendengarkan cerita orang yang pernah mengalami cedera tertentu, melihat video di YouTube tentang bagaimana cedera yang dialami bisa terjadi, dll.

Ketika kita sudah mengetahui pengalaman cedera orang lain, sebisa mungkin jangan jatuh di lubang yang sudah mereka beri tahu, karena selain terlihat apes, kamu akan disangka tidak mendengarkan mereka.

Gunakan Alat Olahraga yang Tepat

Menggunakan alat olahraga yang tepat juga merupakan cara menghindari cedera lohh. Suatu alat bisa dibilang bagus jika cocok dengan kondisinya.

Sebagai contoh, ada jenis sepatu bola firm ground, soft ground, dan artificial ground. Jika kamu bermain di lapangan rumput sintetis, maka gunakanlah sepatu artificial ground yang memang dikhususkan fungsinya untuk lapangan tersebut. Selain itu, dilarang menggunakan sepatu jenis soft ground karena bisa menimbulkan cedera.

Kamu bisa menyimak penjelasan lengkap tentang tips memilih jenis sepatu bola yang sesuai agar terhindar dari cedera yang sudah pernah kami bahas sebelumnya.

Menerapkan Cara Menghindari Cedera Itu Merupakan Hal Bijak

Cedera adalah salah satu risiko horor yang dialami oleh olahragawan baik dari level newbie hingga profesional.

Dengan menerapkan cara menghindari cedera, kamu sudah menjadi orang yang bijak. Kenapa? Karena biaya pengobatan cedera membutuhkan uang, dan recovery itu memakan waktu.

Selalu terapkan mitigasi risiko yang sesuai yaa agar terhindar dari cedera.

Tinggalkan komentar