Biografi Pep Guardiola, Perjalanan Karir dari Pemain Hingga Pelatih

Meski dikenal sebagai pelatih, rupanya Guardiola justru lebih banyak menghabiskan karirnya sebagai pesepakbola di Barcelona.

Biografi Pep Guardiola

Biografi Pep Guardiola – Bagi para pecinta sepak bola tentu sosok Pep Guardiola sudah tidak asing lagi, apalagi jika Anda merupakan fans berat Barcelona. Pep Guardiola sendiri dikenal sebagai salah satu pelatih tim Barcelona hingga bisa membawa banyak prestasi bagi klub tersebut.

Seperti hal nya Alex Ferguson, Pep Guardiola menjadi salah satu pelatih terbaik dalam sejarah sepak bola duni. Bagi Anda yang merupakan fans dari Pep Guardiola, atau justru belum tahu banyak tentang pelatih ini, berikut informasi singkat mengenai biografi Pep Guardiola yang perlu Anda ketahui.

Biografi Pep Guardiola

Jika membahas tentang biografi Pep Guardiola, maka tak lengkap rasanya jika tidak membahas tentang asal-usulnya.

Pep Guardiola memiliki nama lengkap Josep Guardiola i Sala. Pep Guardiola dilahirkan pada 18 Januari 1971 di Santpedor, Spanyol. Itu artinya di tahun 2021 ini Pep Guardiola sudah menginjak umur 50 tahun. Sosok yang dikenal sebagai pelatih ini lahir dari pasangan Valenti Guardiola dan Dolors Sala Guardiola dengan kebangsaan Spanyol.

Saat ini Pep Guardiola telah memegang lisensi kepelatihan UEFA Pro dengan beberapa rekam jejak pelatih yang pernah dijalaninya. Beberapa diantara perjalanan karirnya sebagai pelatih adalah sebagai berikut:

  • Barcelona B pada tahun 2007 – 2008.
  • FC Barcelona pada tahun 2008 – 2012.
  • FC Bayern Munchen pada tahun 2013 – 2016.
  • Manchester City pada tahun 2016 hingga saat ini.

Prestasi Individual

Meski saat ini Pep Guardiola terkenal sebagai sosok pelatih, namun rupanya ia juga pernah berkiprah sebagai pemain di Barcelona. Ada berbagai prestasi individu yang pernah diraih Pep Guardiola, beberapa diantaranya:

  • Penghargaan di Bravo Award pada tahun 1992.
  • Pemain terbaik di Spanyol pada Olimpiade 1992.
  • Pelatih terbaik La Liga untuk empat musim sekaligus berturut-turut.
  • Pelatih terbaik pada penghargaan Don Balon Award tahun 2009.
  • Pelatih terbaik Eropa pada Onze d’Or pada tahun 2009.
  • Pelatih terbaik pada ajang Miguel Munoz Trophy di tahun 2009.
  • Pelatih terbaik versi FIFA pada tahun 2011.
  • Pelatih terbaik untuk Liga Inggris selama dua musim, dan sederet prestasi lainnya.

Perjalanan Karir Pep Guardiola

Profile Pep Guardiola

Dikenal sebagai seorang pelatih terbaik yang profesional, rupanya di awal karirnya Pep Guardiola justru lebih banyak menghabiskan waktu sebagai pesepakbola di Barcelona. Berada di bawah kepelatihan Johan Cruyff, Pep Guardiola sempat masuk dalam jajaran dream team.

Tim inilah yang kemudian memberikan Barcelona kemenangan gelar Eropa yang pertama kalinya untuk mereka. Pada saat empat tahun terakhirnya di Barcelona, Pep Guardiola memegang kendali sebagai seorang kapten.

Selain bermain sepak bola untuk Barcelona Pep Guardiola juga pernah bermain untuk beberapa tim lain. Beberapa diantaranya Al-Ahli, AS Roma, Brescia, dan Dorados de Sinaloa.

Pada tahun 1992, Pep Guardiola menjadi salah satu pemain timnas Spanyol. Debut pertamanya di karir tersebut berawal pada 14 Oktober 1992 yang kemudian bertanding melawan Irlandia Utara pada pertandingan kualifikasi Piala Dunia tahun 1994.

Pep Guardiola yang sudah pensiun sebagai pemain akhirnya secara resmi menjadi pelatih untuk tim Barcelona B selama setahun sejak 2007 hingga 208. Joan Laporta yang merupakan presiden Barcelona kemudian mengumumkan bahwa Pep Guardiola resmi menggantikan Frank Rijkaard sebagai pelatih tim utama pada 8 Mei 2008. Namun Pep Guardiola baru resmi menandatangani kontrak pada 5 Juni 2008.

Pada musim pertama sebagai seorang pelatih, Pep Guardiola sudah mencatatkan prestasi dengan memenangkan Barcelona dalam tiga gelar, diantaranya Liga Champions, Copa del Rey, dan La Liga.  Pada musim selanjutnya Pep Guardiola juga berhasil membawa kemenangan untuk Barcelona dalam Piala Super Spanyol serta Piala Super Eropa pada tahun 2009.

Pertengahan tahun 2012 lalu Pep Guardiola memutuskan untuk rehat sejenak dari dunia sepak bola. Namun ini tak berlangsung lama, sebab pada tahun 2013 Pep kembali mengumumkan bahwasannya saat itu dirinya telah menandatangani kontrak untuk menjadi pelatih Bayern Munich hingga tahun 2016.

Sejak tahun 2016 hingga saat ini Pep Guardiola diketahui menyandang peran sebagai pelatih di Manchester City.

Nah itulah sekilas tentang perjalanan karir dan juga biografi Pep Guardiola, semoga bermanfaat.

 

Tinggalkan komentar