Biografi Mohamed Salah

Salah menjadi salah satu pemain Mesir yang sukses berkiprah di Eropa dengan menjadi pemain andalan di Liverpool.

Biografi Mohamed Salah

Biografi Mohamed Salah – Liverpool FC merupakan klub sepak bola yang berpengalaman di Inggris dan memiliki banyak penggemar yang tersebar di seluruh dunia. Performa apik yang ditampilkan oleh Liverpool tidak lepas dari penampilan Mohamed Salah yang Namanya mencuri perhatian beberapa tahun terakhir.

Tidak hanya soal mencetak gol, Salah juga sangat jago dan cerdik dalam menciptakan umpan atau assist di dalam lapangan. Dalam artikel ini, Desabola akan membahas lebih jauh biografi Mohamed Salah.

Biografi Mohamed Salah

Mohamed Salah Ghaly atau lebih dikenal dengan sebutan Mohamed Salah adalah pemain yang lahir pada tanggal 15 Juni 1992. Ia dilahirkan di sebuah kota di Utara Kairo.

Salah menjadi salah satu pemain Mesir yang sukses berkiprah di Eropa dengan menjadi pemain andalan di Liverpool. Salah adalah tokoh pemain penentu dalam kesuksesan Mesir masuk dalam Piala Dunia untuk pertama kali sejak 1990.

Mohamed Salah tidak hanya menjadi ikon bagi negara Mesir namun bagi sebagian umat Muslim di mana sedikit sekali pemain muslim di Eropa yang menonjol.

Karir Mohamed Salah

Salah memulai karir seniornya di El Mokawloon yang berkipra di Liga Premier Mesir pada tahun 2010 dan tak lama kemudian berhasil bergabung dengan Basel dengan nilai kontrak yang tidak disebutkan. SAFP Golden Player Award menjadi gelar pribadi yang berhasil diraihnya saat berseragam Basel.

Performa Salah yang meningkat menarik minat raksasa liga Inggris yaitu Chelsea dan pada tahun 2014, Salah bergabung dengan nilai kontrak sekitar £11 juta. Salah jarang mendapatkan kesempatan bermain di Chelsea dan dipinjamkan ke liga Italia yaitu Fiorentina.

AS Roma menjadi klub yang membeli Salah secara permanen dari Chelsea dengan harga sekitar €15 juta. Performa Salah yang bagus di Roma membuat klub berhasil finis di urutan kedua liga Italia pada tahun 2017.

Liverpool akhirnya menginginkan jasa Salah dan membelinya dari AS Roma dengan kisaran harga £36.9 juta. Ketika bermain di Liverpool, Salah tidak hanya bermain sebagai penyerang sayap dan Liverpool menjadikan salah sebagai penyerang murni.

Pada musim debutnya di Liverpool, Salah mencetak 32 gol dalam 36 pertandingan dan mendapatkan gelar Premier League Golden Boot. Sosok salah menjadi pemain pertama yang berhasil memenangkan 3 Premier League Player of the Month dalam kurun waktu satu musim.

Semenjak performanya bagus di Liverpool, Salah sering mendapatkan penghargaan pribadi dan menjadikannya salah satu pemain besar di dunia. Salah juga berhasil menempati urutan yang ketiga dalam Best FIFA Men’s Player 2018.

Salah juga memiliki peranan penting di timnas Mesir dan telah masuk timnas sejak usianya masih muda. Dalam ajang Africa U-20 Cup of Nations, Salah berhasil mendapatkan medali perunggu Salah juga ikut berpartisipasi dalam gelaran FIFA U-20 World Cup di tahun 2011.

Profil Mohamed Salah di Timnas Mesir Senior

Profil Mohamed Salah

Momen debut Salah di timnas senior terjadi pada tahun 2011 dan berhasil membantu timnas Mesir saat berlaga di ajang Africa Cup of Nations. Salah juga berhasil menjadi top skor di ajang kualifikasi CAF dan akhirnya membantu Mesir untuk bisa bermain di ajang FIFA World Cup 2018.

Berkat performanya yang cemerlang, maka salah terpilih sebagai CAF Team of the Year dan Africa Cup of Nations Team of the Tournament. Salah menjadi pemain yang komplit, karena memiliki kualitas yang bagus dan kecepatan yang terbilang tinggi.

Sekian pembahasan lengkap mengenai biografi mohamed salah dan semoga semua bahasannya bisa bermanfaat untuk para pembaca.

 

 

Tinggalkan komentar