Berikut Teknik Dasar Tenis Meja Yang Harus Dipelajari Para Pemula

Olahraga tenis meja adalah olahraga untuk dua atau empat orang dengan menggunakan beberapa peralatan seperti bola, bet, meja, dan net. Teknik dasar tenis meja adalah teknik untuk memukul bola melalui net dengan menggunakan bet untuk …

teknik dasar tenis

Olahraga tenis meja adalah olahraga untuk dua atau empat orang dengan menggunakan beberapa peralatan seperti bola, bet, meja, dan net. Teknik dasar tenis meja adalah teknik untuk memukul bola melalui net dengan menggunakan bet untuk memantulkannya ke area lawan.

Olahraga tenis meja banyak dipilih oleh berbagai macam kalangan untuk mengisi waktu di tengah padatnya rutinitas serta menjadi penyegar badan dan relaksasi pikiran. Olahraga ini juga dikenal dengan sebutan pingpong.

Meski terlihat mudah, kita perlu mengajari teknik tenis meja untuk bisa memantulkan bola pingpong ke area lawan dan melewati net. Memantulkan bola saja tidak cukup, karena kita harus bisa memukul keras serta ke arah yang tepat untuk bisa mengecoh lawan dan tidak memberi kesempatan lawan untuk membalas pukulan kita.

Teknik dasar tenis meja

Olahraga tenis meja memerlukan minimal dua orang atau satu lawan satu, dan maksimal beregu atau dua lawan dua. Setiap pemain akan memegang bet dan bersiap di posisi mereka masing-masing. Ada 3 teknik tenis meja yang harus dikuasai untuk memaksimalkan pola permainan dan menjadi pemenang dalam setiap pertandingan.

Penempatan: Cara menempatkan bola ke area lawan harus diperhitungkan. Menempatkan bola tidak bisa sembarangan, karena membutuhkan ketenangan, akurasi, dan kekuatan untuk mengarahkan bola pingpong ke sudut yang diinginkan.

Kecepatan: Cepat tanggap adalah hal yang diperlukan dalam setiap permainan tenis meja, karena olahraga ini menuntut anda untuk bereaksi dengan cepat saat bola datang ke area anda. Mengembalikan bola yang diarahkan oleh lawan adalah cara anda untuk mendapatkan angka sampai musuh tidak bisa mengembalikan bola ke area anda.

Putaran: Ada beberapa teknik khusus untuk memutar bola sehingga bola tidak bergerak lurus dan bisa mengecoh lawan. Anda bisa menguasai teknik putaran jika anda berlatih secara rutin.

Baca juga  Pengertian Jalan Cepat dan Tekniknya

Sekarang kita akan masuk ke dalam teknik dasar tenis meja, yaitu sikap berdiri, teknik pegangan, dan teknik pukulan.

teknik dasar tenis

Stance (sikap berdiri)

Sikap berdiri pemain saat menunggu pukulan dari lawan beragam, yaitu side stance, square stance, dan open stance.

Side stance adalah posisi badan yang menyamping ke kiri atau ke kanan dengan bahu yang sesuai dengan posisi anda lebih mendekat ke arah meja.

Square stance adalah posisi badan lurus menghadap meja, dan sering digunakan untuk posisi menyerang setelah servis lawan melewati net.

Open stance adalah modifikasi dari square stance dengan posisi kaki lebih terbuka ke luar dan badan condong ke depan.

Grip (teknik pegangan)

Teknik dasar tenis meja selanjutnya adalah grip yang sangat penting untuk para pemula. Cara memegang bet tidak sembarangan, karena cara memegang yang benar akan memudahkan anda dalam mempelajari teknik-teknik lainnya. Ada beberapa jenis teknik pegangan pada teknik tenis meja, yaitu:

Penhold grip adalah cara memegang bet dengan mengarah ke bawah dan pegangan berada di posisi atas seperti anda saat memegang bolpoin atau pena. Teknik pegangan ini populer di Asia, dan cocok untuk melakukan backhand atau forehand dengan tepat.

Shakehands grip adalah cara memegang bet dengan bidang bet bersandar diantara lekuk ibu jari dan jari telunjuk. Posisi jari telunjuk berada di bagian bawah, sedangkan ibu jari tegak lurus di permukaan bet. Teknik pegangan ini bisa digunakan untuk memukul kembali bola saat anda berada jauh dari meja.

Seemiller grip adalah cara memegang bet dengan memutar bagian atas bet antara 20 sampai 90 derajat dari shakehands grip. Teknik pegangan ini sering dikenal dengan American grip yang cocok untuk blocking atau menghadang bola secara tepat.

Baca juga  Fakta Formula E yang Mencengangkan dan Kamu Harus Tahu

Stroke (teknik pukulan)

Ada banyak teknik pukulan yang ada di teknik dasar tenis meja seperti push, block, chop, drive, dan servis.

Push ialah teknik memukul dengan cara mendorong serta posisi bet terbuka.

Block adalah teknik menghentikan bola dengan posisi bet tertutup serta mengarahkan tepat ke arah bola datang.

Chop adalah teknik memukul seperti posisi menebang pohon dengan kapak. Proses memukul chop adalah cara cepat untuk memindah arah bola tanpa terduga.

Drive adalah teknik memukul bola dengan bet menghadap serong ke atas seperti saat bet tertutup.

Servis adalah teknik pukulan awal setelah atau sebelum mendapatkan poin. Bola pingpong dilempar setinggi 15 cm, lalu pemain memukul bola untuk memantulkannya ke area sendiri sebelum melalui net dan mendarat ke area lawan.

Ada dua jenis servis, yaitu forehand dan backhand. Servis forehand dilakukan dengan bagian depan kepala bet dan disesuaikan dengan posisi tangan pemain. Servis backhand dapat kita lakukan dengan bagian belakang kepala bet.

Setelah mengetahui beberapa teknik dasar tenis meja diatas, kami harap anda bisa memulai untuk berlatih tenis meja untuk mengisi waktu serta mendapatkan manfaat olahraga untuk kebugaran tubuh. Anda bisa meminta ajari kepada orang yang sudah sering bermain tenis meja atau sesama pemula untuk belajar bersama. Simak juga artikel peraturan tenis meja di desabola.com.

Tinggalkan komentar