Begini Tips Olahraga yang Baik Agar Badan Bugar

Mengikuti tips olahraga yang baik agar badan bugar merupakan cara yang sangat tepat. Sebab, manfaat dari olahraga yang kamu dapatkan tidak bisa terjadi dengan cara instan dan cepat. Akan tetapi untuk membuahkan hasil maksimal dan …

Mengikuti tips olahraga yang baik agar badan bugar merupakan cara yang sangat tepat. Sebab, manfaat dari olahraga yang kamu dapatkan tidak bisa terjadi dengan cara instan dan cepat. Akan tetapi untuk membuahkan hasil maksimal dan memuaskan, diperlukan teknik olahraga yang efektif dan dilakukan dengan rutin. Lakukan cara tersebut ini dengan rutin serta anda bisa melakukannya secara bertahap,jangan sampai diporsir untuk permulaan saat akan melakukan latihan fisik kebugaran ini. Untuk lebih jelasnya, simak penjelasan berikut yang akan kami bagikan untuk anda semua.

Image From : pixabay.com

Tips Olahraga Yang Baik Agar Badan Bugar

Mengecek kondisi tubuh
Untuk mengetahui kondisi fisik, sebaiknya konsultasikan dahulu dengan dokter. Apalagi jika kamu termasuk orang yang tidak pernah berolahraga ataupun di atas 45 tahun. Dengan begitu masalah kesehatan bisa terdeteksi dan dokter juga akan menyarankan olahraga yang tepat dan pastinya disesuaikan dengan kondisi kesehatanmu.

Perlu diperhatikan bahwa jangan melakukan olahraga ketika sedang sakit. Apabila tetap memaksa, justru akan membuat badan semakin lemah dan semakin lama sembuh.Menyesuaikan jenis olahraga,Ada banyak jenis olahraga yang bisa dipilih sesuai dengan kondisi tubuh, yaitu:

Latihan aerobik: meningkatkan kinerja jantung dan paru. Contohnya senam, berjalan, berenang, bersepeda, jogging.

Latihan kekuatan: meningkatkan massa dan ketahanan otot. Contohnya angkat beban, sprint, dan plyometric.

Kalistening: latihan dasar tanpa memakai. Contohnya sit-up, pull-up, lunge, dan push-up.

Latihan keseimbangan: untuk memperkuat massa otot dan meningkatkan koordinasi tubuh. Contohnya pilates dan tai chi.

Latihan fleksibilitas: untuk memulihkan otot, mempertahankan rentang gerak, dan menghindari cedera. Contohnya yoga peregangan otot.

Mengatur waktu berolahraga
Menurut WHO dan Kementerian Kesehatan, durasi waktu yang tepat untuk berolahraga yaitu 150 menit dalam seminggu. Waktu 150 menit ini tidak bisa dipakai dalam sekali waktu saja, tetapi dibagi dalam beberapa hari. Misalnya 3-5 hari dalam seminggu, di mana dalam satu hari kamu berolahraga dalam waktu 30-50 menit.

Baca juga  Manfaat Olahraga Bela Diri Untuk Kesehatan

Melakukan pemanasan dan pendinginan
Pemanasan sebelum dan pendinginan sesudah gerakan inti sangat penting dilakukan. Sebab, pemanasan sangat bermanfaat dalam melunturkan otot dan menyiapkan anggota tubuh untuk bergerak supaya tidak terjadi cedera. Sedangkan pendinginan dilakukan ketika otot masih “panas”. Hal ini guna untuk menormalkan kembali detak jantung, misalnya dengan berjalan kaki ataupun meregangkan otot.

Sekian beberapa tips olahraga yang baik agar badan bugar dan badan selalu sehat dan fit. Berolahragalah sesuai dengan kondisi fisik yang dialami, sehingga kesehatan tubuh tidak terganggu. Dengan melakukan beberapa hal diatas tadi,anda sudah bisa hidup sehat dengan kebugaran yang hakiki. Lakukan cara tersebut secara rutin,agar badan tetap bugar dan menjadi fit. Karena tanpa berolahraga,kita tak bisa sehat. Serta mudah terkena penyakit. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar