Beberapa Teknik Renang Gaya Dada Yang Perlu Anda Ketahui

Apakah anda pernah mengetahui tentang teknik renang gaya dada sebelumnya? Jika belum, anda berada di tempat yang tepat. Pada artikel kali ini kita akan membahas bagaimana gaya renang dada dilakukan sebagai teknik dasar renang yang …

renang gaya dada

Apakah anda pernah mengetahui tentang teknik renang gaya dada sebelumnya? Jika belum, anda berada di tempat yang tepat. Pada artikel kali ini kita akan membahas bagaimana gaya renang dada dilakukan sebagai teknik dasar renang yang bisa dipelajari. Teknik berenang gaya dada ini hampir mirip dengan gaya katak, karena posisinya mirip dengan katak saat berenang di air.

Renang gaya dada memposisikan badan di permukaan air, dengan gerakan tangan dan kaki yang terus ke depan. Anda tidak harus cepat untuk sampai ke seberang dengan gaya dada, tetapi gaya ini dapat dilakukan dengan santai.

Mungkin teknik renang gaya dada terlihat sulit untuk para pemula. Tetapi tenang saja, karena gaya renang dada tidak serumit yang anda pikirkan. Teknik ini cocok diajarkan pada pemula yang ingin berenang dengan santai tanpa harus menggerakkan kaki dan tangan dengan cepat. Berikut ini adalah beberapa koordinasi teknik renang menggunakan gaya dada.

Koordinasi Gerakan Renang Gaya Dada

Posisi badan

Ini adalah posisi awal sebelum anda memulai melakukan gaya dada. Teknik ini dilakukan di setiap gaya berenang untuk memposisikan badan agar lurus dengan menarik air agar pergerakan renang kita menjadi lebih cepat. Berikut ini adalah langkah-langkah yang harus dilakukan:

Badan telungkup menghadap air

Masuk ke air dengan kedua tangan lurus di depan dengan posisi bertepuk

Seluruh kondisi badan harus rileks untuk meluruskan posisi badan

Jangan banyak menggunakan tenaga saat meluncur

Setelah kekuatan meluncur sudah mulai hilang, angkat kepala anda ke permukaan sekitar 80% di dalam air

Baca juga  4 Teknik Dasar Lompat Tinggi dan Pengertiannya

Ada dua cara untuk melakukan posisi badan ini, dari luar air atau dari dalam air. Jika anda masih pemula, anda bisa melakukannya dari dalam air dengan berawal dari menendangkan kedua kaki di tembok kolam untuk mempercepat posisi meluncur. Jika anda sudah mengerti cara meluncur dengan benar, anda bisa memulainya dari atas kolam dan masuk secara perlahan dengan posisi badan lurus ke depan.

Kombinasi posisi mengapung dengan gerakan kaki

Proses meluncur pun sudah usai, dan anda perlu mengapung dan digabung dengan gerakan kaki untuk tetap berada di permukaan air. Teknik ini dilakukan dengan dua langkah, yaitu sikap awal dan gerakan kaki.

Jika anda sudah merasa proses meluncur akan selesai, posisikan kedua lengan ke depan dan kaki diluruskan ke belakang. Usahakan kepala menghadap ke depan saat mempersiapkan posisi gerakan kaki.

Gerakan kaki pada gaya dada mempunyai dua bagian, yaitu gerakan perkembangan dan gerakan tendangan. Berikut ini adalah cara melakukan posisi kaki yang benar saat renang gaya dada:

Posisi kaki yang lurus akan dibengkokkan ke arah panggul, lalu kedua tumit dan lutut akan saling mendekat

Renggangkan kedua tumit dan lutut setelah saling mendekat

Gerakan tendangan akan dilakukan saat kedua kaki dibengkokkan pada panggul, lalu lutut sudah mencapai batas maksimum

Dorong keluar dengan telapak kaki, usahakan anda melakukannya dengan cepat dan kuat

Setelah air terdorong ke belakang, anda bisa mengakhiri gerakan dengan kedua tungkai kaki diluruskan kembali ke belakang

Gerakan tangan

renang gaya dada

Tidak hanya dorongan kaki, tetapi tangan juga berfungsi untuk menarik air dan mempercepat anda untuk sampai ke tepi kolam. Berikut ini adalah tata cara melakukan gerakan tangan saat gaya renang dada:

Baca juga  Rutin Bersepeda Bisa Cegah Kanker Dan Jantung?

Luruskan kedua tangan dengan menjulur ke atas kepala sambil posisi jari merapat

Arahkan kedua tangan ke samping bawah dengan siku lurus, lalu bengkokkan kedua siku dengan sudut kurang lebih 45 derajat. Posisi tangan bergerak seperti mendayung sampai melalui garis bahu

Setelah kedua lengan ditarik secara bersamaan, hadapkan telapak tangan anda ke samping sambil membentuk sudut

Ayunkan tangan setelah tangan membentuk sudut untuk mendorong air

Tekuk tangan anda ke bawah dada dengan posisi telapak tangan menghadap ke dalam

Julurkan tangan ke atas kepala seperti posisi semula sambil posisi ibu jari di atas

Lakukan gerakan tangan ini sampai mahir

Cara mengambil nafas

Setiap gaya berenang mempunyai caranya sendiri-sendiri untuk pengambilan pernapasan. Usahakan anda mengangkat kepala sampai ke permukaan air sampai mulut anda bisa sejajar dengan permukaan. Samakan timing anda mengambil nafas dengan kedua lengan menekan ke bawah setelah melakukan dorongan air. Setelah lengan kita lurus, masukkan lagi kepala kita dan menghembuskan nafas di dalam air.

Hembuskan sedikit demi sedikit nafas anda dengan menggunakan mulut. Sesuaikan timing anda dengan mendorong air untuk mengambil nafas sebelum kepala anda kembali ke bawah air. Jangan terlalu terburu-buru untuk mengangkat kepala ke luar air, sesuaikan dengan gerakan berenang anda.

Berikut tadi adalah teknik dasar gaya dada yang bisa anda pelajari. Tentu teori saja tidak cukup untuk membuat anda mahir renang gaya dada. Segera coba teknik ini saat anda berenang, karena anda bisa mahir jika sering berlatih.

Tinggalkan komentar