Bagaimana Cara Melatih Teknik Dasar Sepak Bola Anda?

Seperti yang diketahui, sebagai pemain sepak bola, Anda harus menguasai dan melatih teknik dasar sepak bola Anda. Teknik dasar sepak bola untuk pemain adalah mengoper (pass), mengontrol (trap), menyundul (heading), menembak (shoot), dan menggiring bola …

Melatih Teknik Dasar Sepak Bola

Seperti yang diketahui, sebagai pemain sepak bola, Anda harus menguasai dan melatih teknik dasar sepak bola Anda.

Teknik dasar sepak bola untuk pemain adalah mengoper (pass), mengontrol (trap), menyundul (heading), menembak (shoot), dan menggiring bola (dribble)

Sebelum berlatih ke ranah yang lebih jauh seperti taktikal, Anda harus bisa melakukan teknik dasar tersebut dengan baik.

Bagaimana cara melatih teknik dasar sepak bola Anda? Mari simak cara berikut ini

1.    Menggiring bola dengan bantuan cones atau tiang

Anda bisa melatih skill menggiring bola Anda dengan cones.

Cara latihan dengan cones adalah menempatkan cones tersebut menjadi barisan, tidak jauh satu sama lain dan Anda harus menggiring bola di antara cones tersebut.

Cones tersebut dianggap jadi lawan Anda, sehingga aturannya adalah bola yang Anda giring tidak boleh menyentuh cones tersebut.

Jarak antar cones sebaiknya diperpendek seiring dengan semakin mahirnya Anda dalam menggiring bola.

Latihan ini bisa meningkatkan feeling Anda dengan bola, mempertahankan kecepatan dan mengatur arah saat menggiring bola.

Latihan ini akan meningkatkan aspek berikut:

  1. Kecepatan
  2. Kelincahan
  3. Kreativitas
  4. Feint
  5. Bereaksi dalam tekanan
  6. Sentuhan
  7. Awareness
  8. Keseimbangan tubuh

Jika Anda bisa menguasai teknik menggiring bola, maka akan semakin sulit lawan merebut bola dari Anda, apalagi jika bola jarang sekali jauh dari kaki Anda.

Baca juga  Daftar 5 Pelatih Sepak Bola Terkaya di Dunia

Cones dan tiang untuk latihan ini bisa dibeli di toko olahraga terdekat.

2.    Melambungkan bola setinggi-tingginya dan coba lah kontrol sekali sentuh

Jika Anda pernah melihat kontrol-kontrol bola yang stylish atau sangat baik seperti Eden Hazard atau Marcelo, hal tersebut tidak dikuasai dengan satu sampai tiga kali latihan saja.

Untuk bisa mendapatkan skill kontrol bola yang tinggi dan sekali sentuh, Anda harus sering berlatih menghadapi bola tinggi.

Latihan paling simpel adalah melambungkan bola setinggi-tingginya baik dengan kaki atau tangan, lalu mencoba untuk mengontrol bolanya sekali sentuh saja. Jika bola tersebut masih memantul, maka kontrol bola tersebut dianggap gagal.

Melatih Teknik Dasar Sepak Bola

Latihan ini bisa dilakukan sendiri, atau Anda bisa mengajak teman Anda untuk membantu latihan Anda dengan memberikan long pass agar Anda bisa berlatih mengontrol bola udara.

Kontrol bola dengan latihan ini direkomendasikan menggunakan kaki atau dada. Jika Anda masih pemula, disarankan untuk menggunakan kontrol bola dengan kaki terlebih dahulu.

3.    Menahan bola deras atau kecepatan tinggi

Jika sesi sebelumnya membahas cara melatih kontrol bola udara, maka pada sesi ini akan dibahas cara berlatih mengontrol bola yang mengalir di permukaan tanah.

Perbedaan dengan latihan mengontrol bola udara / atas adalah Anda tidak perlu melambungkan bola setinggi-tingginya.

Anda cukup meminta teman Anda untuk memberikan passing yang “menyiksa” seperti passing yang terlalu kencang atau terlalu deras.

Jika Anda sudah terbiasa mengontrol passing yang “menyiksa”, pasti Anda bisa mengontrol bola yang diberikan dengan enak / pas dan santai.

4.    Memanfaatkan dinding

Anda bisa memanfaatkan dinding di rumah Anda untuk melatih passing satu sentuhan atau dua sentuhan Anda.

Gunakan kaki bagian dalam / kaki bagian luar / kura-kura kaki untuk melakukan passing ke dinding. Dengan hukum kekekalan momentum, bola tersebut akan kembali kepada Anda dengan kecepatan dan arah yang sama (jika mengabaikan gaya gesek).

Baca juga  Pemain Sepak Bola Yang Karirnya Tamat Karena Cedera Lutut

Dengan prinsip yang sama, Anda juga bisa melatih kontrol bola dan sundulan Anda karena dinding bisa memantulkan bola kembali kepada Anda.

Dengan hanya memanfaatkan dinding, Anda bisa melatih teknik dasar sepak bola Anda, simple but powerful bukan?

5.    Memberi target atau batasan pada gawang untuk latihan shooting

Latihan menembak, mirip dengan latihan memanah tujuannya. Anda harus bisa mengenai target yang ditentukan.

Targetnya bisa dengan menargetkan barang, menembak dengan tujuan di antara tiang gawang dengan cones, berlatih dengan kiper, dll.

Metode latihan ini bisa juga dilakukan untuk melatih passing, karena jika Anda melakukan passing tentunya ada target yang dituju, entah teman setim Anda atau daerah tertentu (through pass).

6.    Bermain kucing-kucingan atau ball possession

Bermain kucing-kucingan dengan teman-teman setim Anda tidak hanya melatih teknik kontrol bola dan passing Anda, tetapi juga hal-hal advance dalam sepak bola seperti awareness, reading the game, dll.

Dengan metode tersebut, Anda mengimplementasikan pribahasa sekali dayung, dua pulau terlewati. Selain melatih teknik dasar sepak bola Anda, Anda juga melatih visi, awareness, dan reading the game Anda.

Melatih teknik dasar sepak bola itu sangat penting

Melatih teknik dasar sepak bola Anda itu sangat penting jika Anda mau menjalankan latihan taktikal yang lebih advance.

Jika teknik dasar saja belum dikuasai, bagaimana dengan hal yang lebih kompleks?

Pemain profesional-pun masih rutin melatih teknik dasar mereka, dan latihan dasar ini bisa dipakai dalam semua posisi dalam sepak bola.

Tinggalkan komentar