Aturan Permainan Biliar Dan Cara Bermain Yang Perlu Diketahui Pemula

Permainan biliar adalah jenis olahraga yang mempunyai banyak penggemar mulai dari anak muda sampai dengan orang dewasa. Umumnya cara bermain biliar adalah dengan menyodok bola-bola bernomor atau berwarna untuk dimasukkan ke dalam lubang-lubang yang ada …

biliar adalah

Permainan biliar adalah jenis olahraga yang mempunyai banyak penggemar mulai dari anak muda sampai dengan orang dewasa. Umumnya cara bermain biliar adalah dengan menyodok bola-bola bernomor atau berwarna untuk dimasukkan ke dalam lubang-lubang yang ada di setiap sudut meja. Alat untuk menyodok bola-bola biliar adalah tongkat panjang yang disebut dengan stik biliar atau cue.

Ada beberapa perlengkapan yang diperlukan dalam permainan biliar. Bagi yang masih baru mengerti tentang bidang olahraga biliar, persiapkan beberapa hal ini sebelum anda memulai permainan.

Perlengkapan biliar yang harus disiapkan

Meja biliar

Peralatan utama adalah meja biliar yang memiliki ukuran panjang dua kali dari lebarnya. Dimensi meja akan disesuaikan dengan kaki meja biliar. Ada empat komponen dalam meja biliar seperti bantalan, kain penutup papan, penanda, dan papan alas permainan. Papan permukaan meja dilapisi dengan kain tenunan dari wol.

Stik biliar (cue)

Stik biliar digunakan untuk mendorong atau memukul bola. Stik permainan biliar umumnya terbuat dari serat komposit, kayu, atau kulit asli pilihan dalam berbagai bentuk dan motif. Panjang tongkat sekitar 100-150 cm dan ukuran tip 13mm. Peralatan ini wajib ada pada setiap permainan.

Chalk atau kapur biliar

Chalk atau sering disebut dengan kapur stik digunakan untuk digosok pada bagian ujung stik biliar. Kapur akan melapisi bagian atas stik biliar agar tidak licin atau terjadi slip antara tip dengan bola putih. Akurasi anda bisa bertambah dengan menggunakan kapur yang dioleskan pada tip. Gerakan bola berputar bisa dilakukan dengan stik yang sudah dioles dengan kapur biliar.

Bola biliar

Bola pada permainan biliar adalah penghubung antara stik biliar ke cue ball, lalu menuju bola yang menjadi tujuan. Permainan yang paling sering dimainkan dalam biliar adalah biliar 8 pool. Jumlah bola yang dimainkan sebanyak 15 bola dengan angka 8 sebagai bola istimewa dengan warna hitam.

Baca juga  Teknik Tinju yang Wajib Kamu Kuasai sebagai Petinju

Bola nomor 1 sampai 7 memiliki warna solid, sedangkan bola nomor 9 sampai 15 memiliki warna putih bagian atas bawah yang mengapit warna di tengahnya.

Cue ball

Bola ini adalah bola wajib pada setiap permainan biliar. Cue ball atau bola putih memiliki ukuran yang sama dengan bola lainnya. Cue ball adalah penghubung antara stik biliar dengan target bola yang akan dimasukkan.

Triangle

Triangle adalah peralatan yang berfungsi untuk menempatkan 15 bola pada posisi awal permainan. Bentuknya menyerupai segitiga dan terbuat dari kayu yang kuat dan keras. Meski hanya digunakan saat awal permainan, tetapi peralatan ini penting untuk mempercepat proses menata bola.

Sekarang anda sudah mengetahui apa saja yang harus disiapkan sebelum anda bermain biliar. Selanjutnya adalah cara bermain biliar dengan beberapa peraturannya.

Aturan permainan biliar

biliar adalah

Meski ada beberapa aturan permainan, ada peraturan yang paling populer digunakan yaitu biliar Inggris. Permainan ini dapat dilakukan secara tim atau tunggal. Sebelum bermain, para pemain akan menyetujui poin yang akan dimainkan untuk menang, contoh 300 poin untuk menang. Berikut ini adalah cara bermain menggunakan peraturan biliar Inggris.

Bola yang digunakan adalah bola merah, kuning dan putih.

Kedua pemain memiliki cue ball atau bola putih sendiri. Pemain pertama akan menggunakan bola putih, dan pemain kedua akan menggunakan bola kuning.

Untuk menentukan siapa yang menyodok duluan, kedua pemain akan memukul cue ball secara bersamaan hingga memantul ke tepi meja dan kembali ke pemain. Siapa yang bolahnya lebih dekat ke tepi akan menentukan siapa yang bisa memulai permainan terlebih dahulu.

Bola merah akan ditaruh dan ditata di bagian tengah meja. Pemain yang memulai permainan akan menempatkan cue ball di dalam D untuk memberikan sodokan pertama.

Baca juga  Cricket, Olahraga Menarik yang Berumur Cukup Panjang

Permainan akan dilanjutkan secara bergiliran. Siapa pemain yang mencetak jumlah poin paling banyak akan memenangkan permainan.

Pemain bisa melanjutkan giliran sampai dia gagal memasukkan bola merah ke dalam lubang.

Permainan berakhir untuk pemain pertama yang bisa mencapai total poin yang disetujui.

Jika ada kesepakatan poin untuk memenangkan pertandingan, bagaimanakah hitungan saat mencetak angka dalam peraturan biliar Inggris?

Ada tiga istilah untuk penghitungan skor di biliar Inggris, yaitu in-off, pot, dan cannon. In-off adalah kondisi saat pemain menyodok cue ball, lalu bola merah lainnya masuk ke dalam lubang.

Skor yang didapat pemain adalah tiga poin saat bola merah masuk oleh cue ball, dan dua poin diberikan jika terkena cue ball pemain lain duluan.

Pot adalah kondisi saat bola merah masuk ke lubang setelah terkena cue ball dari pemain. Skor tiga poin setiap memasukkan bola merah. Jika cue ball pemain mengenai cue ball lawan dan masuk ke dalam lubang, skor dua poin.

Cannon adalah kondisi saat cue ball mengenai cue ball lain dan bola merah secara persamaan. Poin yang diperoleh adalah 2.

Demikian ulasan permainan biliar persembahan desabola.com.

Tinggalkan komentar