Asal Usul Permainan Bola Voli

Permainan bola voli adalah satu diantara cabang olahraga yang dimainkan oleh dua tim saling berlawanan. Di mana masing-masing tim nanti terbagi dalam enam orang pemain dan beberapa cadangan pemain. Jumlah pemain utama itu berlaku untuk permainan bola voli indoor, berbeda halnya dengan voli pantai yang 1 tim terdiri dari dua orang pemain. FIVB (Federation Internationale de Volleyball) adalah organisasi internasional berbentuk federasi yang memayungi cabang olahraga bola voli. Dan federasi itu sebagai induk organisasi dari organisasi bola voli dalam skala internasional. Sedang untuk skala nasional atau di Indonesia sendiri bernama PBVSI yakni Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia. Dapat dikatakan, jika sebetulnya permainan voli ini merupakan tergolong cabang olahraga paling favorit di Indonesia. Karena itu sebaiknya untuk memperbanyak wawasan, kita pelajari bagaimana asal usul bola voli itu. Mari kita simak artikel di bawah ini.

William G. Morgan Pencipta Bola Voli

Uniknya asal usul bola voli mulanya bukan bernama voli, melainkan ‘Mintonette’. Yang menemukan pertama kalinya permainan olahraga ini ialah William G. Morgan. Dia sebagai seorang pelatih pendidikan jasmani di YMCA. Dalam bahasa Inggrisnya yakni ‘Director of Phycal Education’. Dia lahir di tahun 1870 dan wafat di tahun 1942.

William G. Morgan mulai menemukan permainan ini (dahulu masih disebut Mintonette) pada tanggal 9 Februari 1895, di Holyoke, Massachustts, Amerika Serikat bagian Timur.

Organisasi YMCA

YMCA ini singkatan dari Young Men’s Cristian Association. YMCA sebagai satu organisasi yang dibuat dengan maksud untuk mengajar beberapa ajaran mengenai agama Kristen kepada para pemuda. YMCA dibuat oleh George William di London, Inggris pada tangga 6 Juni 1884.

Kalau dilihat dari kemewahannya, YMCA sebagai organisasi yang eksklusif dengan fasilitasnya yang hampir lengkap untuk anak-anak muda yang ingin belajar agama di situ. Fasilitas-fasilitas itu salah satunya seperti sarana olahraga, outbond, sampai penginapan.

Permainan bola voli di Amerika bisa disebutkan sangat cepat perkembangannya. Karena, pada tahun 1933 saja, YMCA mulai menggelar kejuaraan bola voli bertaraf nasional. Ini sebagai pertama kali kejuaraan voli bertaraf nasional dijalankan oleh YMCA.

Bola Voli Terinspirasi dari Permainan Bola Basket

asal usul bola voli 2

William G. Morgan menciptakan permainan bola voli ini seusai dia berjumpa dengan James Naismith yang merupakan pemain bola basket. Sama dengan William G. Morgan, Naismith juga  mengabdikan hidupnya sebagai pelatih pendidikan jasmani.

William terinspirasi dari permainan bola basket. William menciptakan olahraga Mintonette (saat ini voli), empat tahun sesudah berjumpa dengan James Naismith. Dahulu, permainan Mintonette ini cuma dimainkan oleh anggota YMCA yang telah berusia tua. Karena itu, permainan ini lantas tidak seaktif permainan bola basket yang dibuat James Naismith.

Perubahan Nama dari Mintonette Menjadi Bola Voli

Di tahun 1896, permainan olahraga Mintonettee ini diganti dengan nama ‘Volleyball’ atau dengan bahasa Indonesianya ialah ‘Bola Voli’. Pengubahan nama ini diperkenalkan ke publik dengan menggelar kompetisi di YMCA Training School.

Ini berawal dari undangan kepada William G. Morgan dari Dr. Luther Halsey Gulick sebagai Executive Director of Departement of Pyisical Education of the International Committee of YMCA. Undangan itu berisi jika William disuruh untuk mempertunjukkan permainan yang sudah dia buat. Dan demonstrasi itu pada akhirnya berjalan mulus yang diadakan di stadion universitas YMCA yang baru.

Dalam demonstrasi itu, William sudah membawa dua tim sekaligus untuk menampilkan bagaimana permainan bola voli itu. Dan tiap teamnya terbagi dalam lima orang sebagai anggota tim. Bahkan selesai permainan, William menerangkan ke para tamu jika permainan voli ini sebagai olahraga yang fleksibel, karena bisa dimainkan dalam gedung atau di luar gedung.

Disamping itu, Morgan mengatakan jika permainan ini sesungguhnya tidak ada batas pemain dalam melakukan permainan ini. Sehingga pemain juga bisa lebih dari lima orang tiap teamnya. Inti dari permainan bola voli ini adalah dengan mempertahankan bola supaya terus bergerak melintasi net dari wilayah tim, ke wilayah musuh.

Demikian asal usul bola voli yang sudah kami rangkum dari berbagai sumber. Baca terus desabola.com untuk pembahasan yang lain seputar olahraga.

Tinggalkan komentar