Apa Saja Pentingnya Pemanasan Sebelum Olahraga Renang?

Setiap olahraga yang akan anda lakukan harus diawali dengan pemanasan. Gerakan pemanasan pada setiap cabang olahraga bertujuan untuk mengurangi resiko cedera. Pemanasan sebelum olahraga renang akan mengurangi resiko cedera saat anda di dalam air. Kita …

pemanasan sebelum olahraga renang

Setiap olahraga yang akan anda lakukan harus diawali dengan pemanasan. Gerakan pemanasan pada setiap cabang olahraga bertujuan untuk mengurangi resiko cedera. Pemanasan sebelum olahraga renang akan mengurangi resiko cedera saat anda di dalam air. Kita harus mengetahui apa saja yang perlu kita lakukan sebelum langsung masuk ke dalam air.

Pemanasan dilakukan untuk memacu detak jantung dan mengaktifkan otot sebelum anda melakukan olahraga. Jika melakukan olahraga secara tiba-tiba tanpa pemanasan, detak jantung atau otot anda bisa melonjak secara tiba-tiba dan tubuh anda akan lebih rentan terkena cedera.

Kita perlu mengetahui pemanasan otot khusus dengan bidang olahraga yang akan dilakukan untuk mencegah otot-otot yang tertarik sebagai penyebab utama kram atau terkilir. Jantung dan otot adalah kedua organ utama dalam tubuh yang berperan penting saat anda melakukan setiap bidang olahraga.

Apa saja pemanasan sebelum olahraga renang?

pemanasan sebelum olahraga renang

Pemanasan bisa dinilai efektif jika mampu mengeluarkan sedikit keringat sebelum anda masuk ke dalam air. Jika olahraga lainnya pemanasan lebih sering dilakukan di luar lapangan, untuk berenang bisa dilakukan di pinggir kolam atau di dalam kolam renang. Berikut ini adalah beberapa gerakan pemanasan yang bisa dilakukan sebelum berenang.

Peregangan tangan

Olahraga berenang membutuhkan tubuh yang lebih fleksibel. Peregangan tangan berfungsi untuk meningkatkan jangkauan otot dan juga gerak tubuh yang makin fleksibel. Anda bisa melakukan pemanasan sebelum olahraga renang selama 30 detik.

Buka kaki selebar bahu, rentangkan tangan ke atas kepala sambil mencondongkan badan ke kiri dan ke kanan secara perlahan. Lanjutkan dengan membungkukkan badan dan menyentuh jari kaki menggunakan jari tangan untuk meregangkan punggung dan otot kaki.

Baca juga  Serba-serbi G-Force dalam F1 yang Sering Disebutkan dalam Kasus Kecelakaan

Plank

Posisikan badan seperti saat anda akan melakukan push-up dengan lengan tegak lurus dan menahan posisi tersebut selama mungkin. Posisi ini akan mengencangkan otot perut serta meregangkan otot lengan anda. Lakukan lebih dari 30 detik sampai anda merasa perut dan bahu bergetar.

Jika posisi plank dilakukan dengan benar, tubuh anda bisa mengeluarkan keringat dan meregangkan beberapa otot di badan.

Lompat tali

Skipping atau lompat tali bisa digunakan sebagai pemanasan sebelum olahraga renang. Jika anda sedang tidak membawa lompat tali, anda bisa menggantinya dengan jogging di tempat. Pemanasan ini dilakukan untuk meregangkan otot kaki. Olahraga berenang membutuhkan gerakan kaki yang intens. Dengan melakukan skipping, anda bisa mengeluarkan sedikit keringat dan siap untuk masuk ke dalam air.

Lunge

Posisi ini adalah memajukan satu kaki ke bagian depan dan merentangkan kedua tangan ke samping atau ke atas. Lakukan dengan beberapa kali hitungan dan ganti dengan kaki yang satunya. Gerakan pemanasan ini akan membantu anda untuk meregangkan otot besar pada bagian depan paha serta otot dada.

Menendang di dalam air

Salah satu pemanasan yang bisa dilakukan di dalam air adalah gerakan menendang di dalam kolam. Anda bisa memegang bagian pinggir dari kolam sambil meluruskan kaki ke belakang dan mulai menendang. Anda bisa melakukan pemanasan ini sampai merasa cukup.

Lakukan pemanasan minimal 10 menit sebelum anda berenang. Untuk hasil maksimal, anda bisa mengkombinasikan beberapa gerakan diatas hingga mengeluarkan keringat. Perhatikan sekitar saat anda melakukan pemanasan. Jika anda ingin mencoba pemanasan dalam air, usahakan di bawah pengawasan instruktur atau orang yang berpengalaman.

Atlet professional bisa melakukan pemanasan di dalam air dengan berenang dari titik awal ke seberang sampai beberapa kali. Jika anda masih belum terbiasa dengan cara pemanasan tersebut, lakukan pemanasan di darat untuk mengurangi resiko cedera sebelum berenang.

Baca juga  Lempar Cakram, Olahraga untukmu yang Memiliki Lengan Kuat

Apa resiko jika tidak melakukan pemanasan sebelum berenang?

Pemanasan harus dilakukan meskipun berenang adalah olahraga rutin yang anda lakukan. Jika anda tidak melakukan pemanasan, kemungkinan cedera akan lebih besar. Berikut adalah cedera yang biasa terjadi saat anda berenang.

Cedera bahu

Bahu adalah area yang paling sering mengalami cedera. Rasa kelelahan yang berlebihan pada otot-otot bahu akan menyebabkan kram karena dipaksa bekerja keras tanpa pemanasan. Bagian otot pada bahu seperti manset rotator atau tendon bisep bisa sampai terjadi radang atau nyeri saat sudah terjadi cedera.

Salah urat atau kram otot

Tubuh akan terasa kaku karena salah satu otot kram. Berenang adalah olahraga yang bisa membuat otot bekerja keras karena harus terus bergerak di dalam air sampai anda bisa mencapai pinggir kolam. Kram otot bisa membuat anda terdiam di tempat dan tidak bisa melanjutkan berenang.

Tendonitis

Jika terlalu sering tidak melakukan pemanasan sebelum renang, anda bisa mengalami peradangan atau iritasi di sekitar persendian. Umumnya terjadi di area persendian bahu, pergelangan tangan, siku, tumit, dan lutut.

Mengurangi resiko cedera dengan menghabiskan waktu tidak lebih dari 15 menit sebelum berenang adalah langkah terbaik untuk mendapatkan hasil olahraga yang maksimal. Jika anda memaksakan olahraga renang tanpa pemanasan, tubuh anda bisa mudah letih dan lelah saat di tengah anda berenang.

Tinggalkan komentar