Alat Tinju yang akan Kamu Butuhkan untuk Berkembang

Dalam olahraga apa pun, penting untuk memiliki alat latihan yang tepat, termasuk alat tinju jika kamu serius untuk mengembangkan diri dalam olahraga ini. Alat tinju bisa digunakan agar latihan tinjumu memiliki progress yang lebih baik …

alat tinju

Dalam olahraga apa pun, penting untuk memiliki alat latihan yang tepat, termasuk alat tinju jika kamu serius untuk mengembangkan diri dalam olahraga ini.

Alat tinju bisa digunakan agar latihan tinjumu memiliki progress yang lebih baik daripada orang yang asal-asalan saja dan membuatmu efektif dan efisien, serta membantumu meraih kemenangan dalam tinju.

Berikut alat tinju yang harus kamu miliki agar kamu tumbuh dan berkembang menjadi petinju yang tangguh.

Pakaian Tinju

Jika kamu suka menonton tinju, biasanya petinju bertelanjang dada saat melakukan olahraga ini, sehingga pakaian sebagai alat tinju adalah celana dan alas kakinya.

Syarat dari pakaian tinju adalah nyaman dan tidak mengganggu napas, serta tidak mengganggu pergerakan petinju saat sedang boxing di ring.

Celana Tinju

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, celana tinju adalah bagian dari pakaian tinju, dan ini merupakan hal esensial dan berpengaruh pada support untuk kemenagan di ring tinju.

Tidak hanya soal fungsi praktikal, tetapi juga estetika. Celana tinju juga bisa dibuat sedemikian rupa sehingga fashionable.

Biasanya petinju melambangkan dirinya salah satunya adalah dengan celana mereka. Setiap warna celana menyimbolkan hal-hal yang berbeda pula.

Beberapa petinju juga menaruh logo sponsor di celana tinju mereka.

Kebanyakan celana tinju diproduksi oleh manufaktur celana tinju dan terbuat dari polyester yang menawarkan kenyamanan saat memakainya.

Bahkan, beberapa dari celana tinju memiliki velco strap agar petinju mendapatkan kelancaran saat tinju.

Baca juga  Tim F1 – Menelusuri Jejak 3 Besar F1 Musim Ini

Ring Robe

Sebelum pertandingan tinju, biasanya para petinju memakai ring robe.

Seorang petinju akan melakukan persiapan sebelum dilangsungkannya pertandingan mereka dengan rivalnya dan menunggu pertandingan yang akan dilaksanakan.

Peran dari ring robe adalah menghangatkan mereka sebelum pertandingan dimulai.

Perlu dicatat bahwa ring robe adalah alat tinju yang opsional. Artinya, tidak wajib untuk dipakai.

Tank Top

Meski pada pertandingan para petinju biasanya bertelanjang dada, ternyata ada yang lebih nyaman menggunakan tank top, terutama untuk sparing dan latihan.

Tidak ada aturan khusus bagaimana seharusnya tank top dibeli atau dipilih untuk latihan. Yang penting tentunya nyaman dipakai oleh petinjuya.

Alat Tinju (Untuk Bertarung)

Disinilah mungkin bagian dari artikel yang kamu tunggu-tunggu, kamu pasti sudah kepo dengan alat tinju yang dipakai untuk tinju beneran atau bertarung bukan?

Sarung Tinju

alat tinju

Sarung tinju adalah alat krusial atau lebih tepatnya core dari olahraga tinju ini sendiri. Karena itulah, penting untuk memilih sarung tinju terbaik agar kamu bisa mempunyai performa maksimal di ring tinju.

Sarung tinju diklasifikasikan lewat berat mereka dan setiap petinju bisa memilih seberapa berat sarung tinju yang akan mereka pakai.

Pemilihan sarung tinju didasarkan dari level kemampuanmu dan berat badanmu, jadi jangan sampai keliru dalam memilih yaa.

Semakin berat sarung tinjunya, akan semakin lambat juga tinjumu, hanya saja, mereka memiliki bantalan yang lebih sedikit.

Mouth Guard

Petinju memiliki mouth guard untuk melindungi mulut mereka dari tinju lawan.

Sama seperti deker di sepak bola, mouth guard adalah perlindungan esensial saat kamu akan berlatih ataupun bertanding tinju di ring dan wajib dipakai apa pun alasannya.

Jika kamu bertanding tanpa mouth guard, kamu bisa berekspektasi atau membayangkan muka yang bonyok atau gigi ompong akibat kena tinju lawan.

Baca juga  Sejarah Formula E dari Awal Dibentuk hingga Sekarang

Sepatu Boxing

Bahkan boxing sekalipun juga memiliki sepatu khusus yang digunakan untuk olahraga ini.

Mirip dengan bulu tangkis, footwork merupakan hal yang sangat penting, sehingga kamu harus memilih sepatu sebagai alat latihan tinju yang tepat jika mau berkembang.

Baik pemula atau pun profesional tidak boleh mengabaikan pentingnya sepatu boxing karena sepatu yang tepat akan membantu engkelmu dan tidak menghambat kegesitanmu di ring.

Boxing Wrap

Di dalam sarung tinju, biasanya para petinju menyimpan ini dengan tujuan untuk meningkatkan keamanan mereka saat meninju dan tentunya menambah kekuatan tinju mereka.

Setiap petinju bisanya memiliki cara masing-masing untuk memakai boxing wrap ini.

Ternyata Alat Tinju Itu Banyak Sekali

Pasti seru sekali yaa menonton tinju di televisi atau secara online.

Meski terlihat minim, ternyata banyak sekali alat tinju yang dipakai oleh atlet-atlet tersebut mulai dari pakaiannya hingga alat tinju yang dipakai untuk bertarung.

Pemilihan alat tinju tidak boleh dilakukan dengan cara yang asal-asalan, apalagi jika kamu berniat untuk serius pada olahraga ini.

Dengan alat tinju yang tepat, kamu bisa berkembang dan memperbesar peluang menang di ring.

Tinggalkan komentar