Alat Sparing Tinju yang akan Membantumu dalam Latih Tanding

Sparing digunakan sebagai uji coba apakah kamu sudah siap atau belum untuk kompetisi nyata, oleh karena itu, alat sparing tinju biasanya digunakan untuk menunjang kegiatan selama sparing tinju. Alat sparing tinju banyak disajikan dalam bentuk …

alat sparing tinju

Sparing digunakan sebagai uji coba apakah kamu sudah siap atau belum untuk kompetisi nyata, oleh karena itu, alat sparing tinju biasanya digunakan untuk menunjang kegiatan selama sparing tinju.

Alat sparing tinju banyak disajikan dalam bentuk protective gear yang digunakan sebagai pelindung anggota tubuhmu saat sedang sparing. Selain itu, sarung tangan tinju yang digunakan juga berbeda dengan yang akan digunakan saat pertandingans secara resmi di ring nanti.

Kamu harus memanfaatkan alat sparing tinju sebaik-baiknya dalam rangka sebagai simulasi pertandingan asli, karena di pertandingan sesungguhnya di ring, tidak ada protective gear yang akan melindungimu dari tinju musuhmu.

Boxing Body Shields

Seperti namanya, body shields adalah pelindung yang digunakan di badan seorang petinju.

Analoginya, mirip shin guard yang dipakai oleh pemain sepak bola untuk melindungi tulang keringnya.

Biasanya, pelindung badan ini terbuat dari busa tipe padding yang dikelilingi oleh kulit. Alasan dibuat dengan material yang sudah disebutkan adalah agar energi dari pukulan petinju bisa terserap dengan baik oleh alatnya.

Karena itulah, dengan alat sparing tinju ini, seorang petinju bisa meninju sekencang-kencangnya atau tentunya secara kencang dengan mempertibangkan lawan latih tandingnya.

Patah tulang rusuk adalah salah satu risiko jika mendapatkan tinju telak di bagian tubuh. Risiko tersebut bisa dimitigasi dengan alat sparing tinju tersebut.

Alat sparing tinju ini bisa digabung dengan pad untuk memberikan latihan tinju yang lebih kompleks kepada seorang petinju.

Sayangnya, ada kendala yang harus dihadapi saat memakai pelindung tubuh ini, yaitu gerakan petinju bisa lebih lambat atau bisa dibilang menghambat gerakan seorang petinju.

Baca juga  Teknik Dasar dan Peraturan Tenis Lapangan

Ada beberapa tipe petinju yang pergerakannya dibatasi oleh alat pelindung badan ini, terutama yang sering-sering membungkukkan badannya sebelum melancarkan serangan tinjunya.

Boxing Headgear

Headgear atau pelindung kepala bisa dianalogikan dengan helm untuk pengendara motor. Keduanya berfungsi untuk melindungi kepala, perbedaannya hanya kapan kedua alat tersebut dipakai.

Dalam dunia tinju, headgear dipakai untuk meringankan tinju yang didapat jika mengarah ke kepala.

Mirip dengan boxing body shields, headgear juga terbuat dari padding yang bahan penyusunnya adalah kulit yang melindungi bagian samping dan dahi. Hanya muka dan kepala bagian atas yang tidak ditutup oleh pelindung tersebut.

Dengan alat ini, seorang petinju bisa berkurang risikonya dalam menerima pukulan ke bagian samping kepala, hanya saja tetap rawan ke bagian muka seperti hidung, pipi, dan mulut karena bagian tersebut terbuka lebar dan bisa jadi sasaran empuk jika kamu tidak melindungi diri dengan benar.

Untuk mengurangi kekuatan dari tinju seseorang, biasanya headgear digosok dengan petroleum jelly setelah alat sparing tinju tersebut dipakai.

Tujuan dari penggosokan petroleum jelly tersebut adalah agar tinjunya slide off dan gayanya yang diterima oleh kepala didapat lebih sedikit.

Jika kamu menonton pertandingan tinju, mungkin kamu akan jarang melihat petinju profesional memakai headgear. Hanya saja, untuk sparing dan pertandingan level amatir, apalagi sparing biasa disarankan untuk memakai headgear untuk mitigasi risiko.

Boxing Groin Protector

Jangan salah, pelindung selangkangan juga merupakan alat sparing tinju yang penting, bahkan dipakai di tinju pria dan wanita.

Biasanya, pelindung area vital tersebut terbuat dari padding yang keras dengan busa atau bahan yang menutupi dengan kulit atau material lain yang mirip.

Baca juga  Sejarah Lari Estafet, Lari yang Dulu Sering Dilombakan saat Class Meeting

Kulit yang dipakai pada alat sparing tinju ini berguna untuk ketahanan atau durability pelindungnya.

Alat ini biasanya menutupi seluruh area selangkangan, tetapi bisa juga sampai dengan bagian bawah tubuh (pusar).

Secara transparan, alat ini akan melindungi petinju di bagian privat / vitalnya, tapi juga sebagai penanda belt line-nya.

Pelindung selangkangan ini biasanya dipakai di dalam celana boxing saat pertarungan, dan dilepas sesudah selesai sparing.

Selain petinju, biasanya kiper futsal juga memakai pelindung ini karena alat vitalnya bisa rawan terkena bola dari tendangan lawan.

Sarung Tinju 16 Oz

alat sparing tinju

Seperti yang sudah dijelaskan di awal, sarung tinju untuk sparing berbeda dengan pertandingan asli.

Perbedaannya terletak pada beratnya, dimana alat sparing tinju ini memiliki berat yang lebih besar karena tujuan dari sarung tinju ini adalah latih tanding.

Setelah memakai sarung tinju ini, diharapkan petinjunya akan memiliki tinju yang lebih cepat dan gesit.

Hand Wraps

Hand wraps biasa digunakan juga oleh petinju lohh, tidak hanya atlet di cabang olahraga lain saja.

Alat sparing tinju ini digunakan agar pergelangan tangan seorang petinju tidak mengalami cedera dan keretakan tulang.

Ada dua tipe hand wraps, yaitu yang bisa dipakai berkali-kali dan hanya sekali pakai saja.

Bahan yang dipakai oleh reuseable hand wraps adalah kapas dan yang hanya sekali pakai menggunakan kain kasa sebagai bahan utamanya.

Tinggalkan komentar