Alat Permainan Kasti Selain Bola yang Harus Disiapkan Sebelum Bermain

Alat permainan kasti harus disiapkan sebelum melakukan permainan menyenangkan ini bersama teman-temanmu. Pada dasarnya, seluruh olahraga memiliki alatnya masing-masing, bahkan jogging saja memerlukan sepatu sebagai alat olahraganya. Kamu memerlukan alat permainan kasti berikut ini untuk …

alat permainan kasti

Alat permainan kasti harus disiapkan sebelum melakukan permainan menyenangkan ini bersama teman-temanmu.

Pada dasarnya, seluruh olahraga memiliki alatnya masing-masing, bahkan jogging saja memerlukan sepatu sebagai alat olahraganya.

Kamu memerlukan alat permainan kasti berikut ini untuk bermain dan bergembira setelah lelah bekerja atau berbisnis.

Pemukul atau Baseball Bat

alat permainan kasti

Alat permainan kasti ini jelas adalah alat utama dalam olahraga ini karena basis dari olahraga ini selain melempar dan berlari ke base adalah memukul.

Pemukul adalah tongkat kayu atau logam yang digunkan pada permainan kasti untuk memukul bola setelah dilempar oleh pitcher.

Jika mengikuti aturan yang sudah ditetapkan, diameternya tidak boleh lebih dari 2,75 inci atau 7 cm pada bagian paling tebal dan panjang pemukulnya tidak boleh lebih dari 42 inci,

Meski secara historis bat yang diayunkan lebih berat dari 1,4 kg, bat dengan berat 0,94 -11 kg sudah umum digunakan.

a. Material Pemukul

Pada dasarnya, pemukul bisa dibuat dari kayu ataupun logam. Jika terbuat dari logam, biasanya pemukulnya terbuat dari aluminium.

Terdapat berbagai jenis pemukul kayu yang dibuat berdasarkan material kayu seperti hickory, tetapi memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Misalnya, material hickory memiliki beban lebih besar, sehingga kecepatan ayunan memukul bisa lambat.

Selain mempertimbangkan berat, kerentanan untuk patah juga diperhatikan oleh manufaktur pemukul. Jenis kayu yang berbeda akan patah dengan cara yang berbeda pula.

b. Cara Merawat Pemukul

Karena ini adalah alat permainan kasti yang utama, kamu pasti ingin merawat pemukul kesayanganmu dengan baik?

Baca juga  Cara Menghindari Cedera Itu Simpel Loh, Simak!

Mantan pemain profesional seperti Ted Williams membersihkan pemukulnya dengan alkohol setiap malam dan kadang-kadang membawanya ke kantor pos agar ia mengetahui beratnya.

Hal ini perlu diperhatikan karena berat pemukul bisa mempengaruhi kecepatan pukulanmu.

Alat Permainan Kasti, Sarung Tangan (Glove)

Karena pukulan batter memiliki kecepatan yang tinggi, sungguh tidak bijak untuk menangkap bolanya dengan tangan kosong. Selain sakit, ada kemungkinan kamu akan cedera di beberapa bagian tangan.

Sarung tangan hadir sebagai alat untuk menangkap bola dan melindungi tanganmu dari momentum bola yang dipukul oleh batter.

Pada awalnya, sarung tangan pada permainan ini dipakai oleh seorang pemain karena tangannya cedera dan awalnya banyak pemain yang meragukan apakah dengan glove permainan mereka akan lebih baik?

Saat ini, glove berkembang pesat seiring perkembangan zaman. Misalnya, penggunaannya lebih berguna aksesibilitas terhadap populasi umum.

Alat permainan kasti yang biasa disebut mitt ini biasanya terbuat dari kulit dan tersedia baik untuk orang kidal dan tidak kidal.

Terdapat berbagai jenis glove yang digunakan, misalnya ada yang dikhususkan untuk catcher.

a. Catcher’s Mitt

Untuk sarung tangan khusus untuk catcher, mereka memiliki bantalan ekstra dan bentuk seperti cakar berengsel yang membantu mereka menyalurkan bola dengan cepat dan menyediakan target yang baik untuk pitcher.

b. First Baseman’s Mitt

Sama seperti milik catcher, mitt khusus untuk first baseman biasanya kekurangan di bagian jarinya.

Karena biasanya first baseman adalah seorang kidal, biasanya sarung tangan jenis ini banyak yang dibuat khusus untuk tangan kanan, mirip dengan pemain kidal.

Biasanya, mitt untuk posisi ini memiliki lebar yang lebih panjang untuk mengakomodir pemain infield yang buruk lemparannya.

Baca juga  Ingin Lebih Intim? Ayo Coba Olahraga Bersama Pasangan Berikut Ini

c. Infielder’s Mitt

Berbeda dengan first baseman, untuk infielder lain, sarung tangannya cenderung lebih kecil dan memungkinkan untuk melakukan lemparan cepat.

d. Outfielder’s Mitt

Sarung tangan untuk outfielder biasanya cukup panjang dan dalam karena outfielder bertugas untuk menangkap bola yang dipukul jauh, sehingga kemungkinan akan menghadapi bola yang melambung.

e. Pitcher’s Mitt

Karakteristik khusus sarung tangan untuk pitcher adalah bisa menyembunyikan genggaman pitcher pada bola, sehingga pemukul tidak mengetahui lemparan apa yang akan dilemparkan.

Helm

Helm juga dibutuhkan jika kamu berperan sebagai pemukul agar kepalamu terlindungi andai pitcher salah lempar atau memilih untuk melakukan dead ball dengan sengaja.

Tidak hanya kepala, helm juga berfungsi untuk melindungi telinga loh. Meski terkadang hanya ada yang melindungi salah satu telinga saja, ada juga yang melindungi keduanya.

Bisa dibilang, alat permainan kasti ini adalah asuransi atau keamanan dalam permainan layaknya shin guard pada sepak bola yang digunakan untuk melindungi tulang kering. Bedanya hanya tempat pemakaiannya saja.

Pilihlah Alat Permainan Kasti yang Berkualitas

Dengan memilih alat permainan kasti yang berkualitas, kamu akan memiliki alat yang bisa digunakan dalam waktu yang sangat lama.

Selain itu, permainan berkualitas tentunya harus dibarengi dengan alat permainan yang berkualitas bukan? Simak juga Sejarah Permainan Bola Kasti.

Tinggalkan komentar