Alat Latihan Tinju yang Diperlukan Jika Kamu Mau Berkembang

Apa pun olahraganya, latihan menjadi nomer wahid dan alat latihan termasuk alat latihan tinju akan menjadi penunjang utama agar seorang petinju bisa mengembangkan seluruh potensinya dan bisa saja menjadi seorang profesional suatu hari nanti. Kalau …

alat latihan tinju

Apa pun olahraganya, latihan menjadi nomer wahid dan alat latihan termasuk alat latihan tinju akan menjadi penunjang utama agar seorang petinju bisa mengembangkan seluruh potensinya dan bisa saja menjadi seorang profesional suatu hari nanti.

Kalau kamu penasaran alat latihan tinju apa saja yang dipakai oleh seorang petinju, sebenarnya ada beberapa yang mirip dengan alat latihan olahraga lain seperti parasut, bel atau timer, speed bag, dan speed ladder yang biasa dipakai di latihan sepak bola.

Alat latihan tinju tersebut diperlukan karena olahraga memerlukan fisik yang prima agar bisa terus fokus dan footwork yang digunakan bisa jauh lebih baik, apalagi seorang petinju harus memiliki nafas yang panjang agar bisa survive dalam beberapa ronde di ring.

Bel atau Timer

Latihan adalah simulasi dari pertandingan atau kompetisi, dan itu sudah pasti.

Karena itu lah, bel dan timer diperlukan sebagai alat latihan tinju, sehingga seorang petinju bisa memvisualisasikan suasana pertandingan yang nyata.

Seorang pelatih bisa menggunakan bel atau timer saat muridnya sedang latihan interval.

Timer dalam tinju bisa dalam bentuk analog ataupun digital yang bisa digantung di dinding dan diprogram, atau bahkan dipakai layaknya sebuah jam tangan di pergelangan tangan.

Samsak Tinju

Saat latihan penguatan tinjumu, tidak mungkin kamu mengujikannya kepada orang biasa, sehingga satu-satunya jalan adalah samsak.

Samsak yang digunakan biasanya bisa digantung pada dinding atas. Bentuknya panjang, lebar dan tentunya berat agar kamu bisa melatih tinjumu.

Baca juga  Alat Tinju yang akan Kamu Butuhkan untuk Berkembang

Seorang petinju mempraktekkan latihan tinju mereka dengan samsak, contohnya pukulan beruntun yang akan mereka gunakan dalam pertandingan nyata.

Dengan meninju samsak, mereka tidak hanya melatih kekuatan tinju mereka saja lohh, pada kenyataannya mereka juga mendapatkan latihan aerobik yang baik dan menambah massa otot mereka.

Selain tinju, para ahli bela diri juga biasanya menggunakan samsak dalam latihan mereka.

Boxing Double End Bag

Alat ini akan membantu seorang petinju untuk memperbaiki ritme, akurasi, dan timing mereka saat bertanding di ring tinju.

Biasanya, penempatan boxing double end bag disesuaikan dengan tinggi petinjunya, tidak terlalu tinggi dan juga tidak terlalu rendah.

Selain dalam tinju, alat ini juga biasa dipakai di latihan berbagai macam seni bela diri.

Tali Skipping

alat latihan tinju

Berbicara soal kegesitan dan koordinasi, sudah jelas lompat tali adalah latihan yang tidak boleh dilewatkan oleh seorang petinju.

Hampir semua petinju melakukan lompat tali dalam rutinitas harian mereka.

Lompat tali akan mengembangkan beberapa aspek krusial dari seorang atlet seperti footwork, kecepatan, dan ketahanan (stamina).

Karena ini merupakan bagian besar dari latihan petinju, ada baiknya seorang petinju memiliki tali mereka sendiri dan sesuai dengan preferensi mereka.

Biasanya, tali untuk latihan ini terbuat dari PVC, sehingga power dan speed ketika melompat mendapatkan perkembangan.

Parasut

Wah, apakah seorang petinju akan menggunakan parasut untuk mengikuti olahraga terjun payung? Pindah cabang olahraga dong? Tentu saja jawabannya tidak.

Para petinju memakai parasut sebagai alat latihan tinju mereka sebagai hambatan saat mereka sedang latihan lari.

Dengan lari parasut, kecepatan dari seorang atlet akan bertambah karena lari dengan hambatan sudah cukup memiliki beban yang cukup besar.

Baca juga  Pengertian dan Teknik Lari Jarak Pendek

Selain petinju, beberapa olahragawan di bidang sepak bola dan atletik juga menggunakan parasut untuk membuat lari mereka semakin kencang.

Speed Ladders

Tangga untuk menaikkan kecepatan? Memangnya bisa ya? Tentu saja bisa.

Ini bukan tangga biasa, melainkan tangga khusus yang digunakan untuk latihan koordinasi, kecepatan, dan kelincahan tubuh.

Biasanya, speed ladders digunakan sebagai alat latihan tinju untuk conditioning.

Dengan satu alat ini, banyak beberapa drill latihan yang bisa digunakan, misalnya zig zag, lompat satu kaki, dll.

Selain petinju, atlet sepak bola juga biasa menggunakan speed ladder untuk conditioning.

Boxing Pads

Dalam tinju, boxing pads biasanya dipakai oleh pelatih, bukan petinjunya sendiri.

Seorang pelatih akan menyuruh petinjunya untuk memukul pads yang ada di tangannya.

Latihan dengan pads akan membuat simulasi pertarungan nyata di atas ring yang bermanfaat untuk sang petinju.

Kelebihan dari boxing pads adalah pengalaman yang didapatkan lebih nyata ketimbang samsak yang memang hanya diam saja dan targetnya berukuran besar.

Selain meninju, seorang petinju juga harus bisa menghindar dari pukulan pelatihnya saat latihan. Cerminan pertandingan bisa dilihat pada latihan.

Alat Latihan Tinju Berguna Baik untuk Kamu Level Pro atau Pemula

Sebelum lanjut ke tingkat yang lebih advance, tentunya kamu harus mempelajari basic dari ilmu, termasuk alat latihan tinju jika kamu ingin berlaga di ring tinju.

Alat latihan tinju sebagus apa pun tidak akan berguna jika kamu tidak mengerti cara pemakaiannya, jadi yuk belajar!

Tinggalkan komentar