5 Manfaat Senam Untuk Kesehatan

Seperti yang kita ketahui, ada banyak sekali manfaat senam untuk kesehatan tubuh. Senam adalah salah satu jenis olahraga yang bisa dilakukan secara indoor maupun outdoor. Semua orang bisa melakukan senam karena pada dasarnya olahraga ini …

Seperti yang kita ketahui, ada banyak sekali manfaat senam untuk kesehatan tubuh. Senam adalah salah satu jenis olahraga yang bisa dilakukan secara indoor maupun outdoor. Semua orang bisa melakukan senam karena pada dasarnya olahraga ini sangat aman dilakukan, dan risiko cedera ketika senam pun sangat minim terjadi.

Bagi kamu yang masih susah untuk berolahraga, khususnya senam, pada artikel ini kami akan memberikan beberapa manfaat senam yang bisa dirasakan oleh orang-orang yang melakukannya. Jadi kamu bisa mengetahui betapa berkhasiatnya senam untuk kesehatan ini.

Image From : pixabay.com

 

 

Manfaat Senam Untuk Kesehatan

Meningkatkan kesehatan tulang
Selain vitamin D dan kalsium, nyatanya olahraga secara rutin juga berpengaruh pada kekuatan tulang. Ketika berolahraga atau senam, tulang maupun sendi akan ikut bergerak. Beberapa gerakan yang dilakukan membuat tubuh untuk tertumpu di bagian kaki yang bebannya lebih besar. Dengan gerakan tersebut, tulang akan dilatih kekuatannya bahkan bisa mencegah penyakit osteoporosis.

Meningkatkan kebugaran tubuh
Gerakan senam yang dinamis dan ritmis membuat tubuh untuk tetap aktif. Mulai dari lengan, leher, kaki, semuanya sangat aktif bergerak. Gerakan tersebut akan menjadikan otot bekerja lebih keras, sehingga banyak memproduksi keringat. Dengan keluarnya keringat, biasanya tubuh jadi segar kembali. Begitupun jika senam dilakukan secara rutin, maka kebugaran tubuhmu selalu meningkat dan tidak cepat lelah. Selain itu, tubuh akan lebih lentur dan terhindar dari cedera.

Menghindari penyakit jantung
Pada umumnya, senam terbagi menjadi beberapa sesi, yaitu pemanasan, inti, serta pendinginan. Di mana setiap sesinya bermanfaat dalam mengimbangi tubuh di setiap gerakannya. Pada sesi inti, tempo yang digunakan lebih cepat sehingga membuat jantung untuk bekerja lebih keras. Gerakan tersebut pastinya sangat bermanfaat bagi paru-paru dan otot jantung yang semakin kuat. Ditambah lagi jika senam yang dilakukan sangat rutin, risiko terkena penyakit jantung akan kecil.

Baca juga  Olahraga Berselancar, Salah Satu Olahraga Pantai yang Wajib Dicoba

Menurunkan berat badan
Obesitas adalah hal yang membuat orang-orang tidak percaya diri akan penampilannya. Tidak hanya itu, penyakit-penyakit berbahaya kemungkinan besar akan muncul karena obesitas. Untuk mencegahnya, orang-orang melakukan senam agar berat badan mengalami penurunan. Hal ini dikarenakan, kalori pada tubuh akan terbakar dan zat-zat yang bahaya pun akan keluar melalui keringat.

Meningkatkan Kebugaran
Tentunya kita akan tetap sehat dan bugar karena gerakan dan latihan pada senam. Oleh karena itu,sebagai orang yang peduli akan kesehatan. Sudah seharusnya kita melatih badan dengan senam,bisa dilakukan setiap pagi. Atau mengikuti organisasi dan pelatihan senam,agar kita bisa bersama sama. Karena sejatinya definisi senam sendiri biasanya tak hanya sendirian. Dengan dibarengi irama,selain sehat tubuh kita juga tetap terjaga.

Demikianlah beberapa manfaat senam untuk kesehatan tubuh. Jangan lupa untuk olahraga secara rutin yah, agar kesehatan tubuhmu tetap terjaga. Senam juga termasuk olahraga yang simple,tak ada salahnya mencoba senam di rumah.

Tinggalkan komentar