2 Cara Melakukan Roll Depan

Tahukah anda jika roll depan atau gerakan guling depan adalah salah satu teknik dasar senam lantai? Teknik ini adalah menggulingkan badan ke depan secara teratur dimulai pada bagian tengkuk, dan diteruskan ke punggung, pinggang, lalu …

melakukan roll depan

Tahukah anda jika roll depan atau gerakan guling depan adalah salah satu teknik dasar senam lantai? Teknik ini adalah menggulingkan badan ke depan secara teratur dimulai pada bagian tengkuk, dan diteruskan ke punggung, pinggang, lalu bagian terakhir di panggul belakang secara teratur. Mungkin kita mengetahui cara melakukan roll depan saat pelajaran olahraga sebagai aktivitas fisik ringan.

Gerakan guling depan atau roll depan bisa dilakukan pada matras atau tanpa alas. Ada banyak manfaat dalam melakukan guling depan, yaitu melatih sentra tubuh, mempertahankan sikap seimbang, koordinasi tubuh, serta kebugaran jasmani dan kesehatan.

Sebelum anda melakukan roll depan, anda perlu mengetahui 2 cara yang tepat sehingga mengurangi resiko cedera dan bermanfaat bagi tubuh. Meskipun termasuk teknik dasar, tetapi masih banyak orang yang belum mengetahui tata cara guling depan dengan benar.

Berikut ini adalah dua cara melakukan guling depan, yaitu dengan awalan jongkok atau awalan berdiri.

Guling depan dengan awalan jongkok

Lakukan sikap jongkok dengan kaki dalam keadaan rapat. Posisi tangan diletakkan di depan ujung kaki, dan tempelkan lutut di dada.

Usahakan kedua tangan anda dalam posisi bengkok, dengan dagu anda menyentuh bagian dada.

Letakkan pundak anda ke matras, lalu berguling dengan teratur mulai tengkuk sampai ke panggul belakang. Usahakan posisi anda bisa kembali berdiri setelah melakukan gerakan guling depan.

Guling depan dengan awalan berdiri

melakukan roll depan

Sikap berdiri tegak dengan menghadap matras. Tangan lurus di samping badan seperti posisi siap saat berbaris.

Taruh kedua tangan anda di atas matras, lalu bungkukkan badan.

Baca juga  Sejarah Dan Manfaat Zumba Untuk Kesehatan Lengkap

Masukkan kepala anda diantara kedua tangan, lalu bungkukkan dada anda sampai menyentuh dada dan tengkuk menyentuh matras.

Lakukan proses berguling setelah bahu anda menyentuh matras.

Usahakan posisi anda kembali berdiri tegak.

Gerakan roll depan akan terlihat mudah jika anda hanya membaca tekniknya tanpa praktik. Tetapi masih banyak kemungkinan anda melakukan kesalahan umum dengan melakukan tumpuan tangan yang tidak tepat atau tidak seimbang. Berikut ini adalah beberapa kesalahan yang sering terjadi saat seseorang melakukan roll depan.

Kesalahan saat melakukan gerakan guling depan

Salah tumpuan tangan

Salah satu penyebab seseorang melakukan kesalahan di roll depan adalah posisi tumpuan yang tidak tempat sehingga tubuh akan roll dengan posisi miring atau bisa menyebabkan cedera di bagian lengan atau pergelangan tangan.

Tangan yang dijadikan tumpuan bisa terlalu dekat, jauh, lebar, atau sempit dengan kaki sehingga gerakan roll depan tidak akan sempurna. Usahakan tumpuan tangan berada selebar bau dengan jarak kurang lebih 50 cm dari kaki.

Sebelum menggulingkan badan, usahakan tangan anda di posisi lurus dan mencoba menekan secara bersamaan untuk memastikan tumpuan tangan sudah siap.

Tumpuan tangan yang lemah

Keseimbangan tubuh akan ditentukan dari tumpuan tangan yang kuat. Tangan anda akan menjadi penopang berat badan anda saat berguling. Jika anda tidak menumpu dengan cukup kuat, maka badan anda akan susah untuk berguling ke depan.

Bahu tidak menempel matras

Bahu harus menempel matras karena membutuhkan landasan untuk menggulingkan badan. Roll depan yang dilakukan dengan awalan jongkok harus menyentuhkan bagian bahu ke matras atau lantai saat tangan dibengkokkan dan badan mulai berguling.

Jika bahu tidak menyentuh matras saat anda melakukan tolakan, tubuh bisa tidak stabil dan posisi berguling anda langsung menyentuh bagian punggung atau pinggul belakang. Akan menjadi masalah besar saat anda melakukan guling depan tanpa matras.

Baca juga  Cara Menghindari Cedera Itu Simpel Loh, Simak!

Kaki tidak ditekuk dengan baik

Kaki harus menekuk saat anda akan melakukan gerakan guling depan. Posisi kaki menekuk akan memudahkan badan kita untuk berbentuk seperti bola. Jika kaki tetap lurus, maka gerakan guling badan ke depan juga tidak bisa sempurna.

Proses tumpuan tangan pun akan susah melakukan tolakan jika kaki anda lurus. Usahakan sebelum kedua tangan anda melakukan tolakan, kaki sudah ditekuk dengan baik.

Tangan tumpuan tidak melakukan tolakan

Kita perlu mendorong badan ke depan dengan melakukan tolakan pada bagian tangan dan badan bagian tengah. Jika kita hanya menggulingkan badan tetapi tidak melakukan tolakan, maka anda akan sulit untuk melakukan roll depan dengan benar. Usahakan proses tolakan tangan dengan mendorong badan dilakukan dengan bersamaan.

Jangan terburu-buru untuk melakukan tolakan, karena tolakan yang terlalu kencang juga bisa membuat roll depan semakin cepat dan anda akan mengakhiri posisi seperti tersungkur ke depan atau terjatuh dengan posisi yang salah.

Kesimpulan

Semoga informasi yang kami berikan bisa membantu anda dalam menyempurnakan gerakan roll depan anda. Cara melakukan roll depan tidaklah susah jika anda sudah terbiasa dan mengetahui beberapa tekniknya.

Tinggalkan komentar